Pendaftaran UMSIDA 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

pmb.umsida.ac.id 2024 -- PMB UMSIDA Sidoarjo, Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Cara Pendaftaran Online UMSIDA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMSIDA, Pendaftaran Kuliah di UMSIDA, Jalur Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran UMSIDA 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Informasi ini ditujukan untuk siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat atau mahasiswa pindahan yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UMSIDA atau Universitas Muhammadiyah Sidoarjo adalah salah satu perguruan tinggi muhammadiyah yang berada di Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) telah didirikan sejak tahun 1984 yang memiliki lokasi kampus dibeberapa tempat, yaitu :
  • Kampus 1: Jl. Mojopahit 666 B Sidoarjo 
  • Kampus 2 : Jl. Raya Gelam 250 Candi Sidoarjo 
  • Kampus 3 : Perum IKIP V/I Gunung Anyar Surabaya 
  • Kampus 4 : Jl. Raya Rame Pilang No.04 Wonoayu Sidoarjo

Untuk siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang ingin menempuh pendidikan tinggi, maka UMSIDA adalah salah satu perguruan tinggi yang bisa kamu pilih.

Ada banyak pilihan program studi yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan, minati, atau bakatmu. Berikut daftar program studi selengkapnya.

Fakultas dan Program Studi di UMSIDA :
  • Fakultas Agama Islam terdiri dari program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Pend. Agama Islam, Pend. Bahasa Arab, Pend. Guru MI, Akhwal Al-Syakhsiyah, dan Perbankan Syariah
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari program studi Magister Manajemen, Manajemen, Akuntansi
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Hukum
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Pend. Guru PAUD, Pend. Guru SD, Pend. Bhs. Inggris, Pend. IPA, Pend. Teknologi Informasi,
  • Fakultas Psikologi terdiri dari program studi Psikologi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari program studi Ilmu Komunikasi, dan Admininstrasi Publik
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Informatika, Teknik Industri, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Agroteknologi, dan Teknologi Hasil Pertanian
  • Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari program studi Teknologi Laboratorium Medis (Analis Kesehatan), dan Kebidanan

Itulah sekilas informasi tentang Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Dilihat dari banyaknya pilihan program studi di kampus tersebut, mungkin salah satunya ada yang kamu minati, untuk itu silahkan daftarkan dirimu lalu pilih salah satu program studi yang kamu minati tersebut.

Setelah menetapkan satu pilihan program studi, dan siapkan juga pilihan program studi cadangan, sealnjutnya kamu pahami proses pendaftaran calon mahasiswa baru UMSIDA.

UMSIDA membuka pendaftaran mahasiswa baru di setiap tahun ajaran baru. Cukup banyak jalur seleksi yang dibuka, yaitu jalur undangan, jalur reguler, jalur transfer dan pindahan, dan jalur bidikmisi.

Silahkan ikuti jalur seleksi yang sesuai dengan kemampuanmu atau jalur seleksi yang kamu inginkan.

Seperti apa syarat dan ketentuan dari jalur seleksi yang dimaksud?, langsung saja simak di bawah ini.

Pendaftaran Mahasiswa Baru UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

I. Jalur-jalur Pendaftaran

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dilakukan secara online yang terbagi dalam 4 (empat) jalur masuk, yaitu:

A. Pendaftaran Online Jalur Undangan
  1. Pendaftaran online jalur undangan disediakan untuk peserta didik SMA / SMK / MA / Sederajat lulusan tahun ini (fresh graduated) yang mempunyai prestasi unggul di sekolahnya;
  2. Prestasi unggul di sekolah di dasarkan pada rata-rata nilai raport semester 1 s.d. 5 minimal 80 dan prestasi lomba kejuaraan / olimpiade akademik dan non akademik dalam waktu 3 tahun terakhir;
  3. Berkas nilai raport dan sertifikat prestasi lomba dilegalisir kepala sekolah;
  4. Calon mahasiswa baru non Fakultas Ilmu Kesehatan yang memenuhi kriteria pada angka 1 huruf b dan c akan diseleksi tanpa mengikuti tes TPA.
  5. Calon mahasiswa baru yang memilih Prodi di Fakultas Ilmu Kesehatan seleksinya menggunakan nilai rapor, prestasi akademik, tes wawancara, dan tes kesehatan;
  6. Calon mahasiswa baru jalur undangan yang dinyatakan diterima wajib melakukan herregistrasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan;
  7. Calon mahasiswa baru yang tidak lulus dalam jalur undangan bisa mengikuti seleksi jalur reguler, tanpa ada biaya pendaftaran;

B. Pendaftaran Online Jalur Reguler
  1. Pendaftaran online jalur reguler disediakan untuk calon mahasiswa baru lulusan SMA / SMK / MA / Sederajat;
  2. Calon mahasiswa baru yang memilih program studi di luar Fakultas Ilmu Kesehatan dan memenuhi kriteria wajib mengikuti tes TPA secara online;
  3. Calon mahasiswa baru yang memilih program studi Kebidanan atau Teknologi Laboratorium Medis dan memenuhi kriteria wajib mengikuti tes TPA secara online, tes wawancara, dan tes kesehatan;
  4. Calon mahasiswa baru jalur reguler yang dinyatakan diterima wajib melakukan herregistrasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan;
  5. Calon mahasiswa baru yang tidak lulus dalam seleksi jalur reguler bisa mengikuti tes ulang dengan membayar 50% biaya pendaftaran.

C. Pendaftaran Online Jalur Bidikmisi
  1. Pendaftaran online jalur bidikmisi disediakan untuk calon mahasiswa baru lulusan SMA / SMK / MA / Sederajat tahun ini (fresh graduated) dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.
  2. Ada dua jenis bidikmisi yang disediakan, yaitu:
    1. Bidikmisi Pemerintah: disediakan untuk calon mahasiswa baru dari keluarga kurang mampu, dengan  ketentuan sebagai berikut:
      • Persyaratan dan prosesnya mengikuti ketentuan pemerintah.
      • Calon mahasiswa baru boleh memilih 2 program studi dari program studi yang tersedia sesuai dengan ketentuan pemerintah.
    2. Bidikmisi UMSIDA: disediakan untuk calon mahasiswa baru dari keluarga kurang mampu, dengan ketentuan sebagai berikut:
      • Program studi yang disediakan: Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Akhwalussakhsiyah, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan IPA, Agroteknologi, dan Teknologi Hasil Pertanian.
      • Mendapat rekomendasi dari Pimpinan Cabang / Daerah / Wilayah Muhammadiyah di Jawa Timur.
      • Calon mahasiswa baru boleh memilih 2 program studi dari program studi yang disebutkan pada bagian atas
    3. Pendaftaran jalur bidikmisi dari Pemerintah mengikuti jadwal yang ditentukan oleh Pemerintah.
    4. Calon mahasiswa baru jalur bidikmisi yang memilih program studi di luar Fakultas Ilmu Kesehatan dan memenuhi ketentuan pada huruf a dan b wajib mengikuti tes TPA secara online.
    5. Calon mahasiswa baru jalur bidikmisi pemerintah yang memilih program studi Kebidanan atau Analis Kesehatan dan memenuhi kriteria wajib mengikuti tes TPA secara online, tes wawancara, dan tes kesehatan.
    6. Calon mahasiswa baru jalur bidikmisi yang dinyatakan diterima wajib melakukan herregistrasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
    7. Calon mahasiswa baru yang tidak diterima jalur bidik misi, tetapi nilainya memenuhi standar jalur reguler, maka diterima sebagai mahasiswa baru jalur reguler.
    8. Calon mahasiswa baru yang tidak diterima jalur bidikmisi dan nilainya tidak memenuhi standar jalur reguler bisa mengikuti tes dengan membayar 50% biaya pendaftaran.

D. Jalur Transfer dan Pindahan
  1. Jalur transfer adalah jalur masuk mahasiswa baru yang memiliki ijasah D3 dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S-1.
  2. Jalur pindahan adalah jalur masuk mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain.
  3. Jalur transfer dan pindahan ini dapat dilakukan apabila akreditasi program studi perguruan tinggi asal minimal setara dengan akreditasi program studi di UMSIDA dan maksimal semester 5 di Perguruan Tinggi asal.

II. Alur Pendaftaran
  1. Calon mahasiswa baru melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran online :
    • Mengisi formulir pendaftaran online di website pmb.umsida.ac.id
    • Selanjutnya klik menu pendaftaran online
    • Klik buat akun, simpan dan cetak nomor pembayaran dan password yang tertera. (nomor pembayaran digunakan untuk seterusnya).
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran untuk mengaktifkan akun (username dan password). Pembayaran dapat dilakukan di:
    • Teller Bank Mandiri Syariah dan BNI;
    • ATM Bersama / Prima (kecuali ATM BCA);
    • Net Banking.
  3. Membuka kembali web pmb.umsida.ac.id, klik menu pendaftaran online, login dengan username dan password yang didapat pada saat membuat akun, isi formulir pendaftaran.
  4. Mencetak formulir pendaftaran dan kartu tes.
  5. Calon mahasiswa baru mengikuti Tes TPA secara online. (jadwal tes dapat dilihat di web pmb.umsida.ac.id). Khusus pendaftar FIKES, selain Tes TPA, mengikuti tes kesehatan dan wawancara.

III. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran calon mahasiswa baru UMSIDA dilakukan pada jadwal berikut ini :
  • Pendaftaran online jalur undangan hanya dibuka pada gelombang 1
  • Pendaftaran online jalur reguler dibuka pada gelombang 1, 2, dan 3
  • Pendaftaran jalur bidikmisi UMSIDA dibuka pada gelombang 1 dan 2
* Jadwal mungkin saja bisa berubah, jika ada perubahan, ikuti jadwal di web resmi.
* Jadwal lengkap dapat di lihat di web resmi


Itulah informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru UMSIDA beserta uraian syarat dan ketentuannya. Silahkan daftarkan dirimu dan persiapkanlah segala sesuatunya yang berkaitan dengan pendaftaran ini. Semoga dengan persiapan tersebut, kamu bisa mendapatkan hasil sesuai harapan.

Catatan penting : 
Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti saja yang ada di website resmi UMSIDA

Mari baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga semoga sukses dalam kuliah dan karir.