Pendaftaran UNEJ 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unej.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNEJ Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNEJ Online, Pendaftaran Online UNEJ, PMB UNEJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNEJ, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNEJ, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNEJ, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNEJ, Universitas Jember. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNEJ 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam proses pendaftaran mahasiswa baru UNEJ. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UNEJ atau Universitas Jember adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di kota Jember, Jawa Timur, Indonesia. Universitas Jember (UNEJ) telah didirikan pada tanggal 10 November 1957. Moto dari Universitas Jember (UNEJ) adalah "A Step Ahead to an Outstanding University".

Pada saat ini telah banyak program studi yang diselenggarakan di UNEJ, baik jenjang Diploma, Sarjana, maupun Pascasarjana.

Program Studi yang telah diselenggarakan untuk Program Diploma UNEJ, yaitu :

Program Studi Diploma Soshum
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Diploma III Manajemen Perusahaan, Diploma III Administrasi Keuangan, Diploma III Kesekretariatan, Diploma III Akuntansi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Diploma III Perpajakan, dan Diploma III Usaha Perjalanan Wisata
Program Studi Diploma Saintek
  • Fakultas Teknik terdiri dari Diploma III Teknik Elektro, Diploma III Teknik Mesin, dan Diploma III Teknik Sipil

Program Studi yang telah diselenggarakan untuk Program Sarjana UNEJ, yaitu :

Program Studi Kelompok Saintek (S1)
  • Ilmu Keperawatan, Pendidikan Fisika, Fisika, Kimia, Matematika, Teknik Pertanian, Agroteknologi / Agroekoteknologi, Pendidikan Matematika, Sistem Informasi, Pendidikan Biologi, Agribisnis, Biologi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pertanian, Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi 
Program Studi Kelompok Soshum (S1)
  • Ilmu Hukum, PG PAUD, Pendidikan Luar Sekolah, Sastra Inggris, Ilmu Sejarah, Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Inggris, Hubungan Internasional, Sastra Indonesia, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sosiologi, Pendidikan Bhs. & Sastra Indonesia, Akuntansi, Televisi & Film, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Administrasi Bisnis

Program Studi yang telah diselenggarakan untuk Program Pascasarjana UNEJ, yaitu :
    Program Studi Multidisiplin
    • Magister Bioteknologi dan Magister Ilmu Kesehatan
    Program Studi Monodisiplin
    • Magister Agronomi, Magister Ilmu Administrasi, Agribisnis, Magister Ilmu Hukum, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Matematika, Magister Biologi, Magister Ilmu Linguistik, Magister Teknologi Agroindustri, Magister Akuntansi, Magister Pend. IPA, Magister Pend. IPS, Magister Pend. Matematika, dan Magister Kenotariatan
    • Doktor Ilmu Administrasi, Doktor Ilmu Hukum, Doktor Ilmu Ekonomi, Manajemen, Doktor, dan Doktor Ilmu Pertanian

    Dari sejumlah program studi yang ada di UNEJ, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNEJ pada tahun ini.

    Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNEJ, maka anda harus mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNEJ.

    Pada tahun ini UNEJ membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri. Pembahasan untuk kedua jalur tersebut diberikan berikut ini.

    A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNEJ Jalur Nasional

    Jalur nasional adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk menerima mahasiswa baru. Jalur nasional tersebut terdiri dari jalur SNBP dan SNBT.

    SNBP dikenal dengan sebutan jalur undangan, sedangkan jalur SNBT dikenal dengan sebutan jalur ujian tulis. Mengenai biaya seleksi bahwa biaya SNBP gratis sedangkan biaya SNBT ditanggung oleh peserta.

    1. Pendaftaran UNEJ Jalur SNBP

    SNBP adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Siswa tersebut berprestasi unggul di sekolah dan secara konsisten menunjukan prestasinya di setiap semester.

    Seleksi SNBP didasarkan pada prestasi-prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport dan portofolio akademik siswa serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh PTN.

    Pendaftaran SNBP diawali dari rekomendasi kepala sekolah dengan mengisi data di PDSS. Siswa yang telah direkomendasikan dapat login ke laman resmi dan melengkapi data pendaftaran.

    Keterangan lainnya seperti syarat pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

    2. Pendaftaran UNEJ Jalur SNBT

    SNBT adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan melalui  tes berbasis komputer (UTBK).

    Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK / sederajat yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir. Bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang mungkin tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT.

    Pendaftaran SNBT secara online yang dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi untuk mengisi data pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

    Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, jadwal seleksi, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

    3. Pendaftaran KIP Kuliah UNEJ

    Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi.

    Bidikmisi kini telah diubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-Kuliah.

    KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada siswa SLTA sederajat yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tetapi terkendala masalah ekonomi namun calon peserta memiliki potensi akademik baik semasa di SMA.

    Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

    Penjelasan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti cakupan KIP Kuliah, keunggulan KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah.

    B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNEJ Jalur Mandiri

    Selain melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNEJ juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. berikut beberapa jalur mandiri yang dibuka UNEJ.

    1. Pendaftaran SMBPTBR

    SMBPTBR atau Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi se-Besuki Raya merupakan jalur seleksi ujian tertulis yang diadakan berkat kerja sama UNEJ dengan beberapa PTS se-Besuki Raya.

    Calon mahasiswa bisa mengikuti seleksi jalur SMBPTBR untuk masuk ke UNEJ sebagai jalur alternatif jika sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi tidak lulus maka bisa mengikuti jalur ini.

    Calon peserta yang ingin mendaftar terlebih dahulu harus membayar biaya pendaftaran di Bank untuk mendapatkan Nomor Registrasi dan PIN. Selanjutnya dapat melakukan pendaftaran ke alamat https://sister.unej.ac.id/um

    Baca informasi selengkapnya : Pendaftaran SBMPTBR

    2. Pendaftaran UM UNEJ

    UM UNEJ merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi lulusan SMA / SMK / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma atau Sarjana. Seleksi dilakukan melalui tes tertulis.

    3. Pendaftaran Alih Program

    Alih Program merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi lulusan Diploma III yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana untuk bidang yang relevan. Pendaftaran dilakukan secara langsung di kampus UNEJ.

    4. Pendaftaran Program Pascasarjana UNEJ

    Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UNEJ maka dapat mengikuti seleksi jalur reguler atau jalur internasional.

    a. Jalur Reguler

    Jalur reguler diperuntukkan bagi :
    • Calon pelamar dengan biaya sendiri
    • Calon pelamar dengan biaya dari instansi tempatnya bekerja
    • Calon pelamar dari masyarakat umum yang sedang mengajukan beasiswa dari berbagai Kementerian di Republik Indonesia. 

    b. Jalur Internasional

    Jalur internasional diperuntukkan bagi mahasiswa dari luar negeri atau Warga Negara Asing (WNA).

    Penting!!!
    Informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri UNEJ unttuk jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana yang belum disampaikan disini maka dapat anda lihat di alamat website UNEJ pada laman sister.unej.ac.id atau website utamanya www.unej.ac.id dan web Pasca yaitu pasca.unej.ac.id

    Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

    Baca juga :

    Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNEJ Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda semua terutama yang ingin kuliah di UNEJ.

    Admin selaku pengurus web turut mendoakan semoga anda bisa diterima di UNEJ melalui jalur masuk yang anda ikuti. Tidak lupa admin mengucapkan terima kasih banyak kepada para pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung.

    Sekian info dari admin dan salam sukses. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.