Pendaftaran IAIN Salatiga 2024/2025

iainsalatiga.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Salatiga, Pendaftaran Online IAIN Salatiga, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Salatiga, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Salatiga, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Seleksi Mandiri, KIP Kuliah, Penerimaan Program Pascasarjana IAIN Salatiga. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Salatiga 2024/2025. Informasi ini utamaya disampaikan bagi anda yang berminat untuk kuliah di IAIN Salatiga. Informasi selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.infopmb.com/

IAIN Salatiga adalah salah satu IAIN yang ada di Indonesia. IAIN Salatiga terletak di Jl. Tentara Pelajar No. 2, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada saat ini, IAIN Salatiga telah memiliki beberapa fakultas dan program studi seperti berikut ini :

Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan
  • S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Pendidikan Bahasa Arab, S1 Tadris Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, S1 Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, S1 Tadris Matematika
Fakultas Syari`Ah
  • S1 Ahwal Al-Syakhsiyyah, S1 Hukum Ekonomi Syariah, S1 Hukum Tata Negara (Siyasah)
Fakultas Dakwah
  • S1 Komunikasi Dan Penyiaran Islam, S1 Manajemen Dakwah, S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Fakultas Ushuludin, Adab Dan Humaniora
  • S1 Ilmu Al Qur`An Dan Tafsir, S1 Sejarah Dan Kebudayaan Islam, S1 Bahasa Dan Sastra Arab, S1 Ilmu Hadits, S1 Filsafat Agama
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam
  • S1 Perbankan Syariah, S1 Ekonomi Syariah, D3 Perbankan Syariah

Itulah daftar program studi yang ada di IAIN Salatiga. mungkin dari program studi tersebut salah satunya ada yang ada minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Salatiga dan pilih program studi yang anda minati tersebut.

Selanjutnya anda perlu memahami tentang jalur-jalur seleksi masuk IAIN Salatiga yang nantinya dapat anda ikuti. Berikut informasinya untuk anda.

1. Pendaftaran IAIN Salatiga Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi yang pertama kali dibuka. Jalur SPAN-PTKIN hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya secara online ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah direkomendasikan, siswa dapat melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN ke alamat span.ptkin.ac.id

Tata cara pendaftaran, pengisian data di PDSS, jadwal pelaksanaan, mekanisme seleksi, daftar PTKIN lengkap, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

2.  Pendaftaran IAIN Salatiga Jalur UM-PTKIN

Jalur UM-PTKIN merupakan jalur kedua yang dibuka setelah SPAN-PTKIN. Jalur UM-PTKIN diperuntukkan bagi calon peserta yang ingin masuk ke PTKIN seperti UIN, IAIN, atau STAIN. Seleksi jalur UM-PTKIN dilakukan melalui ujian tertulis.

Cara pendaftaran UM-PTKIN dimulai dengan cara calon peserta datang ke Bank dengan menunjukkan identitas diri untuk membayar biaya pendaftaran UM-PTKIN. Setelah membayar biaya pendaftaran, kemudian calon peserta akan mendapatkan uername dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran UM-PTKIN.

Tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, daftar PTKIN, dan hal penting mengenai UM-PTKIN selengkapnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

3. Pendaftaran IAIN Salatiga Jalur Undangan

Selain jalur undangan nasional (SPAN-PTKIN), IAIN Salatiga juga membuka jalur undangan lokal untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berprestasi ketika ditingkat SLTA.

Persyaratan Pendaftaran :
  • Siswa memperoleh nilai Agama pada rapor 8 (Delapan) dan lulus tahun ini.
  • Sekolah / Madrasah memperoleh akreditasi minimal B.
  • Siswa memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah / Madrasah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di IAIN Salatiga.
  • Biaya Pendaftaran Gratis.

Tahapan Seleksi :
  • Pengiriman Undangan
  • Penyerahan Berkas
  • Proses Seleksi Berkas
  • Pengumuman Hasil Seleksi (Online)
  • Pendaftaran Ulang / Registrasi

4. Pendaftaran IAIN Salatiga Jalur Seleksi Mandiri

Jalur seleksi mandiri merupakan jalur terakhir yang dibuka oleh menerima mahasiswa baru jenjang Diploma atau Sarjana IAIN Salatiga.

Dengan demikian, maka calon peserta yang sebelumnya telah mengikuti jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti jalur seleksi mandiri.

Jalur seleksi mandiri IAIN Salatiga biasanya dibuka untuk 2 gelombang. Jadi, anda bisa mengikuti gelombang 1 atau gelombang 2 sesuai dengan kesempatan atau keadaan anda.

Persyaratan Calon Peserta Jalur Mandiri
  • Lulusan 5 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini, lulus dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI.
  • Bagi lulusan 4 tahun terakhir sebelum tahun ini, maka  harus sudah memiliki ijazah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN

Itulah persyaratan calon peserta jalur mandiri yang harus dipenuhi. Setelah dapat memenuhi persyaratan tersebut, maka selanjutnya dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat http://akademik.iainsalatiga.ac.id/pmb.php

Lakukan pendaftaran melalui alamat tersebut dengan klik tombol "registrasi baru" yang ada di sudut kanan atas. Ikuti proses pengisian data seperti formulir online yang tersedia. 

Isi data dengan lengkap dan catat password anda baik-baik! kemudian setelah isi data tersebut lalu klik simpan, kemudian anda mendapatkan no. registrasi. Catat no. registrasi anda dan catat password anda baik-baik! untuk digunakan sebagai login dan cetak formulir! 

Ingat! sebelum verifikasi pembayaran anda masih diberi kesempatan untuk mengupdate data dengan login no. registrasi yang didapat dan password yang anda buat)

Untuk informasi lain yang anda butuhkan dapat anda baca secara langsung di website resmi IAIN Salatiga di alamat http://iainsalatiga.ac.id atau http://akademik.iainsalatiga.ac.id/pmb.php

5. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Salatiga

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

6. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Salatiga

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana IAIN Salatiga, maka anda dapat melakukan pendaftaran secara online ke http://pps.iainsalatiga.ac.id lalu baca informasi tentang penerimaan Pascasarjana IAIN Salatiga.


Demikianlah informasi tentang Pendaftaran IAIN Salatiga. Dari informasi yang diberikan semoga bisa memberikan pencerahan untuk anda semua. Apabila ada perbedaan atau perubahan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Admin selaku pengurus web ini mengucapkan terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca informasi ini. Mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca disini. Sekian dan sampai jumpa kembali.