Pendaftaran IAIN Kudus 2024/2025

pmb.iainkudus.ac.id 2024 -- PMB IAIN Kudus, Pendaftaran IAIN Kudus, Pendaftaran Online IAIN Kudus, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Kudus, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kudus, Jalur SPAN-PTKIN, KIP Kuliah, Jalur UM-PTKIN, Jalur Ujian Mandiri, PMB Program Pascasarjana. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran IAIN Kudus 2024/2025. Informasi ini disampaikan untuk anda yang berkeinginan untuk kuliah di IAIN Kudus. Mari simak informasinya berikut ini.


IAIN Kudus merupakan salah satu Institut Agama Islam Negeri yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Conge Ngembal Rejo No.51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia.

Awal berdirinya berstatus sebagai STAIN Kudus atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. STAIN Kudus didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H. Kemudian pada 5 Mei 2018, STAIN Kudus berubah status menjadi IAIN Kudus atau Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Pada saat ini, IAIN Kudus telah memiliki beberapa fakultas dan program studi seperti berikut ini.

Fakultas Tarbiyah terdiri dari program studi :
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Tadris Bahasa Inggris (BI), Tadris IPS (IPA), Tadris IPS (IPS), Tadris Matematika (TM) Tadris Biologi (TB), Bimbingan & Konseling Islam (BKI)

Fakultas Syariah & Ekonomi Islam terdiri dari program studi :
  • Ekonomi Syariah (ES), Manajemen Bisnis Syariah (MBS), Akhwalusy Syakhsiyah (AS), Zakat Dan Wakaf (ZW)

Fakultas Ushuluddin terdiri dari program studi :
  • Ilmu Quran Tafsir (IQT), Akidah Dan Filsafat Islam (AFI), Tasawuf & Psikoterapi, Ilmu Hadits (IH)

Fakultas Dakwah & Komunikasi terdiri dari program studi :
  • Bimbingan Konseling Islam (BKI), Komunikasi Dan Penyiaran Islam (KPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Manajemen Dakwah (MD)

Program Magister terdiri dari program studi :
  • Magister Manajemen Pendidikan Islam, Magister Ekonomi Syari'ah, Magister Ilmu Syariah

Itulah daftar jurusan dan program studi yang ada di IAIN Kudus yang nantinya dapat anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru.

Berikutnya anda harus membaca dan memahami jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Kudus. Simak informasinya berikut ini.

A. Pendaftaran IAIN Kudus Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN dikenal sebagai jalur seleksi undangan masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Salah satunya IAIN Kudus.

Jalur SPAN-PTKIN ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini dan berkeinginan untuk kuliah di UIN, IAIN, atau STAIN.

Proses pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang merekomendasikan siswa-sisiwi terbaiknya ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah direkomendasikan maka siswa-siswi tersebut akan diberi username dan password  untuk login pendaftaran ke span.ptkin.ac.id untuk memverifikasi dan melengkapi data pendataran.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftara, jadwal, mekanisme seleksi, jumlah pilihan prodi dan PTKIN, serta informasi penting lainnya dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

B. Pendaftaran IAIN Kudus Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN dikenal dengan sebutan jalur seleksi ujian tertulis nasional karena jalur tertulis UM-PTKIN dilakukan serentak oleh semua PTKIN di Indonesia.

Proses pendaftaran UM-PTKIN dimulai oleh calon peserta yang membayar biaya pendaftaran di Bank untuk mendapatkan username dan password. Kemudian menggunakan username dan password tersebut untuk login pendaftaran UM-PTKIN ke alamat um.ptkin.ac.id

Panduan pendaftaran, persyaratan, biaya, jadwal, daftar PTKIN, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

C. Pendaftaran IAIN Kudus Jalur Ujian Mandiri

Ujian Mandiri merupakan jalur seleksi mandiri yang diadakan oleh IAIN Kudus untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website. Persiapkan terlebih dahulu berkas-berkas pendaftaran anda lalu ikuti petunjuk yang diberikan.

1. Syarat Pendaftaran S1 :
  1. Foto Copy Legalisir :
    1. Ijasah / STTB / SKHUN / Surat Keterangan Lulus SLTA
    2. Ijasah / STTB MA Diniyah Ulya hanya untuk Jurusan Ushuluddin
  2. Pas Foto Berwarna terbaru 3x4 sebanyak 3 lembar
  3. Semua persyaratan dimasukkan dalam stopmap warna :
    • Hijau (Jurusan Tarbiyah)
    • Merah (Jurusan Syari'ah & Ekonomi Islam)
    • Biru (Jurusan Ushuluddin)
    • Kuning (Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam)

2. Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru S1 atau S2 melalui jalur mandiri yaitu :
  1. Buka alamat pmb.stainkudus.ac.id
  2. Klik tombol DAFTAR
  3. Isilah data anda pada form registrasi pendaftaran calon mahasiswa baru online, upload file yang diperlukan.
  4. Setelah menyimpan dan memfinalisasi pendaftaran, anda akan mendapatkan No. Pembayaran berupa BRIVA (BRI Virtual Account) yang digunakan untuk melakukan pembayaran Uang Pendaftaran melalui Bank BRI (ATM, Teller, EDC, e-Banking, m-Banking, Agen, dll)
  5. Membayar uang pendaftaran sesuai ketentuan
  6. Setelah membayar, lakukan konfirmasi pembayaran dengan mengupload bukti pembayaran (bisa difoto dengan menggunakan HP Android) atau memasukkan Kode Aktivasi yang tercetak pada bukti pembayaran
  7. Tunggu hasil validasi dari Bagian Pendaftaran. Jika pembayaran sudah dinyatakan valid, Bagian pendaftaran akan mengirimkan notifikasi dan Calon Mahasiswa akan mendapatkan informasi mengenai Jadwal Pelaksanaan Tes
  8. Cetak form registrasi tersebut sebagai Kartu Tes PMB
  9. Tes seleksi akan dilakukan dengan Computer Based Test (CBT) di Laboratorium Komputer . Peserta tes wajib datang dengan menyerahkan form registrasi bersama berkas pendaftaran (Lihat di Brosur), masukkan kedalam Map sesuai warna yang telah ditentukan sebelum mengikuti tes CBT. Peserta tes tidak perlu membawa alat tulis apapun.

Bagi yang sudah teregistrasi dapat melihat informasi PMB dengan melakukan Login terlebih dahulu melalui Form Login

Informasi lebih lanjut dapat anda lihat langsung di website resmi IAIN Kudus pada alamat pmb.stainkudus.ac.id atau dapat anda tanyakan langsung ketika datang ke kampus.

D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Kudus

Bagi calon mahasiswa dari keluarga yang berlatar belakang ekonomi rendah dan berkeinginan untuk kuliah di IAIN Kudus, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut KIP Kuliah.

Informasi lebih lanjut tentang KIP Kuliah dapat anda baca pada alamat iainkudus.ac.id lalu cari informasinya di alamat tersebut atau bisa membaca pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah.

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Kudus

IAIN Kudus selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasajana, maka IAIN Kudus bisa menjadi alternatif pilihan anda.

Syarat Pendaftaran S2 (Pascasarjana) :
  1. Foto Copy Legalisir Ijasah / Surat Keterangan Lulus dan Transkrip Nilai S1
  2. Indeks Prestasi Kumulatif IPK Minimal 3,0 bagi yang belum bekerja dan 2,5 bagi yang sudah bekerja
  3. Pas Foto Berwarna terbaru 3x4 sebanyak 3 lembar
  4. Menyerahkan rencana Proposal Penelitian Rangkap 2
  5. Surat Ijin atasan bagi yang sudah bekerja
  6. Semua persyaratan dimasukkan dalam stopmap warna :
    • Hijau (Manajemen Pendidikan Islam)
    • Merah (Ekonomi Syari'ah)
    • Kuning (Ilmu Syari'ah)

Prosedur Pendaftaran sama seperti pada jalur mandiri jenjang S1. Silahkan lihat kembali ke atas.

Informasi lebih lanjut tentang PMB Pascasarjana IAIN Kudus dapat anda baca melalui alamat link iainkudus.ac.id lalu cari infonya di alamat tersebut.

Itulah informasi tentang jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Kudus. Untuk informasi yang belum lengkap maka dapat anda lengkapi dengan membaca secara langsung di website resmi IAIN Kudus.

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran IAIN Kudus. Semoga informasi tersebut berguna untuk para pembaca semuanya. Cukup sekian yang dapat admin sampaikan. Jangan lupa untuk terus kunjungi web ini setiap hari.