Pendaftaran IAIN Pontianak 2024/2025

iainptk.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Pontianak, Pendaftaran Online IAIN Pontianak, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Pontianak, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Pontianak, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, KIP Kuliah, Jalur Seleksi Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Pontianak. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Pontianak 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di IAIN Pontianak. Pembahasan selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Pontianak adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Letnan Jend. Soeprapto, Benua Melayu Darat, Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Suatu kebanggaan jika bisa kuliah di IAIN Pontianak karena IAIN Pontianak merupakan Kampus Islam Negeri Pertama di Kalimantan Barat. 

IAIN Pontianak telah memiliki beberapa fakultas dan program studi seperti berikut ini:
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dengan Jurusan: Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA)
  • Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) dengan Jurusan: Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), Manajemen Dakwah (MD), Ilmu Alquran dan Tafsir (IQT), Perbandingan Agama (PA)
  • Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam dengan Jurusan:, Ekonomi Islam (EI), Muamalah, Perbankan Islam (PI), Akhwalus Syakhsiyah (AS)
  • Pasca Sarjana dengan Jurusan: Magister Pendidikan Agama Islam dengan konsentrasi: Guru Pendidikan Agama Islam, Pengawas Pendidikan Agama Islam

Itulah daftar program studi yang ada di IAIN Pontianak. Mungkin dari beberapa program studi yang ada tersebut salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Pontianak.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IAIN Pontianak, maka anda perlu mengetahui beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Pontianak yang dibuka pada tahun ini. Berikut informasinya untuk anda.

A. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi pertama yang dibuka oleh IAIN Pontianak untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

IAIN Pontianak buka sebagai penyelenggara jalur SPAN-PTKIN, tetapi sebagai PTKIN yang turut berpartisipasi dalam jalur SPAN-PTKIN yang diselenggarakan oleh panitia nasional.

Proses pendaftaran SPAN-PTKIN dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah itu, siswa melakukan login pendaftaran SPAN-PTKIN ke alamat span.ptkin.ac.id menggunakan username dan password dari Kepala Sekolah.

Informasi lebih lanjut mengenai SPAN-PTKIN telah dibahas paad artikel khusus yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN dan Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

B. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur UM-PTKIN

Jalur UM-PTKIN juga merupakan jalur seleks nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah. IAIN Pontianak juga turut berpartispasi dalam jalur seleksi UM-PTKIN ini.

Seleksi jalur UM-PTKIN didasarkan pada hasil ujian tertulis dari tiap peserta. Jadi, peserta yang memiliki skor ujian tertulis tinggi maka memiliki peluang yang besar untuk bisa lulus UM-PTKIN.

Alur pendaftaran UM-PTKIN dimulai dari calon peserta datang ke Bank untuk membayar biaya pendaftaran. Setelah membayar kemudian akan mendapatkan username dan password. Gunakan username dan password untuk login pendaftaran ke alamat um.ptkin.ac.id. Lakukan pengisian biodata lengkap hingga mencetak kartu peserta.

Informasi lebih lanjut mengenai UM-PTKIN dapat anda baca selengkapnya pada artikel berikut yaitu Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

C. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur SPMB Mandiri

SPMB Mandiri adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh IAIN Pontianak untuk menyeleksi calon mahasiswwa baru melalui ujian tertulis.

Salah satu diadakannya jalur mandiri ini yaitu untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di IAIN Pontianak. Mungkin saja calon mahasiswa tersebut sebelumnya telah mengikuti jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN, tetapi pada saat pengumuman kelulusan telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti jalur SPMB Mandiri ini.

Pendaftaran jalur SPMB Mandiri ini dilakukan secara langsung di Bagian Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Pontianak, pada alamat Jl. Letjen Soeprapto No. 19 Pontianak Telp/fax (0561) 7344170/740601 Pontianak 78121.

Calon peserta yang bisa mendaftar jalur SPMB Mandiri ini merupakan lulusan jenjang  SMA/MA/SMK yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk didalamnya untuk lulusan tahun ini.

Informasi lebih lanjut mengenai SPMB Mandiri IAIN Pontianak dapat anda baca secara langsung di website resmi IAIN Pontianak di alamat website : http://iainptk.ac.id

D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Pontianak

Calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan memiliki potensi akademik yang baik yang ingin kuliah di IAIN Pontianak dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan KIP Kuliah.

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Untuk informasi lebi lanjut, dapat anda baca di website resminya di alamat http://iainptk.ac.id

Baca Juga : Pendaftaran KIP Kuliah PTKIN

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Pontianak

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana, IAIN Pontianak juga melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana, maka IAIN Pontianak bisa menjadi alternatif pilihan anda.

Informasi pendaftaran dapat mengunjungi sekretariat lantai II gedung pascasarjana IAIN Pontianak Jl. Letjend Soeprapto No 19 Pontianak. Email:pascaiainpontianak@gmail.com, Hp 081253594710, fax 0561 734170 atau melalui alamat website http://iainptk.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Pontianak yang harus anda pahami. Silahkan anda ikuti jalur seleksi mana saja yang diperkirakan memberikan peluang besar untuk kelulusan anda.

Untuk informasi yang belum disampaikan disini maka silahkan anda lengkapi dengan mengunjungi website resmi IAIN Pontianak di alamat iainptk.ac.id. Apabila ada perbedaan atau perubahan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran IAIN Pontianak. Semoga apa yang telah admin sampaikan tersebut berguna untuk anda semua.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk bisa lulus seleksi masuk ke IAIN Pontianak melalui jalur yang anda ikuti dapat terwujudkan. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.