Pendaftaran IAIN Samarinda 2024/2025

www.iain-samarinda.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Samarinda, PMB Online IAIN Samarinda, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Samarinda, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Samarinda, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, KIP Kuliah, PMB Pascasarjana IAIN Samarinda. 2026. 2027.

Admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Samarinda 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi anda calon mahasiswa yang ingin mendaftar di IAIN Samarinda. Mari simak informasi selengkapya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Samarinda merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang terletak di Jl. H.A.M Rifaddin, Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia.

Pada saat ini, IAIN Samarinda telah memeliki beberapa program studi seperti berikut ini :

Program Studi Jenjang Sarjana
Pendidikan Agama Islam, Tafsir Hadits, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru RA, Bimbingan dan Konseling Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Hukum Keluarga (Ahwal asy-Syakhsiyah), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Aqidah Filsafat, Manajemen Syari'ah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Akuntansi Syari'ah, Perbankan Syari'ah, Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, Hukum Pidana Islam (Jinayah), Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam.
Program Studi Jenjang Pascasarjana
Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Anak Usia Dini Islam (PAUDI), Ekonomi Syariah (ES), Hukum Islam (HI), Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
Untuk jalur-jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Samarinda tediri dari jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri. Berikut informasinya.

1. Pendaftaran IAIN Samarinda Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik yang dimiliki terutama dilihat dari nilai raport.

Calon peserta yang boleh mendaftar hanya siswa-siswi berprestasi di Sekolah. Calon peserta mendaftar ke span.ptkin.ac.id atas rekomendasi Kepala Sekolah.

Informasi lainnya seperti cara memberikan rekomendasi, peryaratan pendaftaran, cara login siswa, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTKIN, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

2. Pendaftaran IAIN Samarinda Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan pola penyelaksian calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil ujian tertulis. Calon mahasiswa yang ingin lulus jalur UM-PTKIN harus memiliki skor hasil tes UM-PTKIN yang tinggi.

Calon peserta yang ingin mendaftar jalur UM-PTKIN tidak harus memiliki prestasi yang unggul, calon peserta yang memiliki kemampuan biasa-biasa saja juga bisa mendaftar jalur UM-PTKIN.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat um.ptkin.ac.id . Informasi selengkapnya seperti tata cara pendaftaran, biaya, jadwal, daftar PTKIN, dan hal penting lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran UM-PTKIN Online.

3. Pendaftaran IAIN Samarinda Jalur UMAN PTKIN

UMAN PTKIN merupakan jalur seleksi mandiri masuk ke IAIN Samarinda. Calon mahasiswa yang telah mengikuti jalur seleksi di atas tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti jalur UMAN PTKIN ini.

Informasi mengenai jalur UMAN PTKIN dapat anda baca langsung di website resmi IAIN Samarinda di alamat www.iain-samarinda.ac.id

4. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Samarinda

IAIN Samarinda memberikan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga tidak mampu. Biaya bantuan yang diberikan disebut dengan KIP Kuliah.

Dengan pemberian bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban kuliah mahasiswa yang berangkutan terutama berkaitan dengan biaya hidup dan pembayaran biaya kuliah.

Informasi lebih lanjut dapat anda temukan di alamat website resmi IAIN Samarinda yaitu www.iain-samarinda.ac.id dan pada artikel berjudul Pendaftaran KIP Kuliah.
5. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Samarinda

IAIN kembali melakukan penerimaan calon mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana, maka IAIN Samarinda bisa menjadi alternatif pilihan anda. Untuk informasi pendaftaran dapat anda lihat langsung di alamat www.iain-samarinda.ac.id


Itulah jalur-jalur seleksi yang dapat anda ikuti untuk masuk ke IAIN Samarinda. Untuk informasi lyang belum disampaikan disini silahkan lihat langsung di website resminya. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.


Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran IAIN Samarinda. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya.

Mari bagikan informasi ini kepada teman-teman lain yang membutuhkan dan ajak mereka untuk membaca disini. Jangan lupa untuk like halaman web ini dibagian kanan dan terus kunjungi web ini setiap hari. Terima kasih untuk semuanya.