Pendaftaran IAIN Palangkaraya 2024/2025

www.iain-palangkaraya.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Palangkaraya, PMB Online IAIN Palangkaraya, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Palangkaraya, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Palangkaraya, KIP Kuliah, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SPMB Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran IAIN Palangkaraya 2024/2025. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru IAIN Palangkaraya. Mari simak informasinya.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Palangkaraya merupakan salah satu IAIN yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. G. Obos Kompleks Islamic Centre Palangka Raya.

IAIN Palangkaraya telah didirikan pada tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H / 21 Maret 1997 M yang didasarkan pada SK Presiden RI No. 11, tahun 1997.

Pada saat ini IAIN Palangkaraya telah memiliki beberapa Fakultas yang terdiri dari beberapa Jurusan dan Program Studi seperti berikut ini.

Fakultas Usluhudin, Adab dan Dakwah
  • Jurusan Ushluhudin terdiri dari Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
  • Jurusan Adab terdiri dari Prodi Bahasa dan Sastra Arab, dan Prodi Sejarah Kebudayaan Islam
  • Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam terdiri dari Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, dan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Syariah
  • Jurusan Syariah terdiri dari Prodi Al-Akhwal Asy-Syakhsiyyah, Prodi Hukum Ekonomi Syariah, dan Prodi Zakat dan Wakaf
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • Jurusan Tarbiyah terdiri dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Guru MI, Prodi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
  • Jurusan Pendidikan Bahasa terdiri dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab
  • Jurusan Pendidikan IPA terdiri dari Prodi Pendidikan Fisika, dan Prodi Pendidikan Biologi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Jurusan Ekonomi Islam terdiri dari Prodi Ekonomi Syariah, dan Prodi Perbankan Syariah
Program Pascasarjana
  • Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Magister Ekonomi Syari'ah, dan Magister Hukum Keluarga

Dari sejumlah program studi yang ada di IAIN Palangkaraya, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Palangkaraya lalu pilih program studi yang anda minati tersebut.

Admin ingatkan bahwa ketika anda ingin menentukan pilihan program studi, maka anda harus memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakat yang anda miliki. Anda dapat menelusuri ha tersebut dalam diri anda sendiri. Mungkin anda dapat melihat prestasi-prestasi yang pernah anda raih sebelumnya.

Langsung admin akan memberikan jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Palangkaraya. Simak ulasannya berikut ini.

1. Pendaftaran IAIN Palangkaraya Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke PTKIN seperti UIN, IAIN, atau STAIN di Indonesia.

Proses pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah itu siswa dapat melakukan login pendaftaran SPAN-PTKIN ke span.ptkin.ac.id menggunakan password dan username dari Kepala Sekolah.

Informasi lainnya yang anda butuhkan seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal, mekanisme seleksi, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran IAIN Palangkaraya Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur ujian tertulis nasional masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN.

Cara pendaftaran dimulai dengan cara calon peserta datang langsung ke Bank untuk membayar biaya pendaftaran. Setelah membayar kemudian akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran UM-PTKIN ke um.ptkin.ac.id

Untuk informasi penting lainnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran IAIN Palangkaraya Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan langsung oleh IAIN Palangkaraya. Jalur ini dibuka setelah jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN berakhir. Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca secara langsung di website resmi IAIN Palangkaraya yaitu www.iain-palangkaraya.ac.id

4. Pendaftaran Bidikmisi IAIN Palangkaraya

Calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berkeinginan kuat untuk masuk ke IAIN Palangkaraya, maka dapat mengajukan diri untuk mendapat Bidikmisi.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Siswa lulusan dari SMA / SMK / MA / MAK atau sederajat lainnya yang sederajat lulus tahun lalu dan tahun ini dan memiliki prestasi akademik (Peringkat 1 s.d 3 Jurusan IPA, Peringkat 1 s.d 5 untuk Jurusan IPS, Jurusan Bahasa dan Jurusan Kejuruan).
  2. Berusia maksimal 20 tahun.
  3. Kurang mampu secara ekonomi dengan rincian:
    • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar besarnya Rp.3.000.000,- setiap bulan.
    • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp.750.000,- setiap bulannya.
  4. Pekerjaan orang tua/ wali yang PNS palin tinggi golongan III/b.
  5. Pendidikan orang tua/ wali setinggi tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4. 
  6. Pertimbangan Khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 sd. 3 serta memiliki prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke 10 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif seperti menjadi ketua/pengurus OSIS/ PMR/ UKS/PMI/ PRAMUKA/ DRUMBAND dan sejenisnya.
  7. Memiliki potensi akademik dan prestasi di sekolah yang dinyatakan melalui surat rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  8. Mengisi surat pernyataan siap mengembalikan beasiswa bidikmisi jika mahasiswa berhenti sebelum masa menerima beasiswa bearkhir (dengan alasan yang tidak dapat diterima).

Untuk pendaftaran dilakukan secara langsung di kampus IAIN Palangkaraya. Calon peserta datang ke kampus dengan membawa persyaratan dan mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditentukan.

Baca Juga : Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online dan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

5. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Palangkaraya

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, maka IAIN Palangkaraya dapat menjadi pilihan anda. Anda bisa kuliah di IAIN Palangkaraya.

Untuk informasi pendaftaran dapat anda baca secara langsung di website resmi IAIN Palangkaraya di alamat www.iain-palangkaraya.ac.id atau pasca.iain-palangkaraya.ac.id

Itulah daftar program studi yang ada di IAIN Palangkaraya yang dapat anda pilih ketika melakukan pendaftaran. Untuk informasi yang belum disampaikan disini silahkan anda baca langsung di situs resmi IAIN Palangkaraya.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran IAIN Palangkaraya. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat untuk anda.

Mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca informasi yang ada di web ini. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.