Pendaftaran UIN Sumatera Utara 2024/2025 - UINSU

pmb.uinsu.ac.id 2024 -- PMB UIN Sumatera Utara, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Sumatera Utara, Pendaftaran UIN Sumatera Utara Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sumatera Utara, Panduan Pendaftaran UIN Sumatera Utara, KIP Kuliah, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PPs UIN Sumatera Utara, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran UIN Sumatera Utara 2024/2025 - UINSU. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran online mahasiswa baru UIN Sumatera Utara.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Kota Medan adalah salah sau kota besar yang ada di Indonesia. Di kota Medan terdapat banyak perguruan tinggi seperti POLMED, Poltekkes Medan, UNIMED, USU, UIN Sumatera Utara dan lainnya.

UIN Sumatera Utara atau disingkat UINSU adalah salah satu PTKIN yang ada di Indonesia yang berada di Kota Medan, tepatnya terletak di Jalan Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate, Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Fakultas dan program studi di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), yaitu :

Program Studi Program Dilpoma III
  • Manajemen Perbankan dan Keuangan Syari’ah
Program Studi Program Sarjana UIN Sumatera Utara
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Manajemen Dakwah, Al-Ahwal Al-Syakhsiyah (Hukum Perdata Keluarga), Perbandingan Hukum dan Mazhab, Jinayah Siyasah (Hukum Publik & Ketatanegaraan), Muamalat, Ekonomi Perbankan Syari’ah, Ekonomi Akuntansi Syari’ah, Ekonomi Manajemen Syari’ah, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Bimbingan Konseling Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Manajemen Pendidikan Islam, Aqidah Filsafat, Perbandingan Agama, Tafsir Hadits, dan Filsafat Politik Islam
Program Studi Progam Magister (S2)
  • Program Studi Strata 2 Kelas reguler terdiri atas program studi : Pemikiran Islam (PEMI), Pendidikan Islam (PEDI), Hukum Islam (HUKI), Komunikasi Islam (KOMI), Ekonomi Islam (EKNI), dan Islam dan Modernitas (IM).
  • Program Studi Strata 2 Kelas Khusus, terdiri atas Program Studi : Pengkajian Islam (PEKI), Pendidikan Islam Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam, dan Komunikasi Islam (KOMI).
Program Studi Program Doktor (S3)
  • Hukum Islam (HUKI), Pendidikan Islam (PEDI), Agama dan Filsafat Islam (AFI), Komunikasi Islam (KOMI).

Itulah sejumlah program studi yang ada di UIN Sumatera Utara. Jika salah satu dari beberapa program studi tersebut ada yang anda minati, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UIN Sumatera Utara dengan mengikuti salah satu jalur seleksi berikut ini.

A. Pendaftaran UIN Sumatera Utara Jalur SNBP

UIN Sumatera Utara juga merupakan salah satu perguruan tinggi yang tergabung dalam jalur seleksi SNBP. Bagi kalian yang ingin masuk ke kampus ini, maka bisa memilih jalur SNBP untuk yang akan memilih program studi bidang umum.

Seperti yang kita ketahui bahwa jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dan akan lulus di tahun ini.

Untuk informasi lnformasi lebih lanjut silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran SNBP Undangan.

B. Pendaftaran UIN Sumatera Utara Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi undangan nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Proses pendaftaran di awali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswinya dengan mengisi data di laman PDSS SPAN-PTKIN. Setelah itu siswa dapat melakukan pendaftaran menggunakan password dan ID pendaftaran dari Kepala Sekolah.

Program studi yang dapat dipilih melalui jalur SPAN-PTKIN ini adalah program studi bidang keagamaan islam.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, dan keterangan lainnya yang dibutuhkan dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN PTKIN Online.

C. Pendaftaran UIN Sumatera Utara Jalur SNBT

Selain jalur nasional SPAN-PTKIN dan SNBP, UIN Sumatera Utara juga tergabung dalam jalur seleksi nasional lainnya yaitu SNBT.

Jalur SNBT menawarkan program studi bidang umum untuk calon pesertanya yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online melalui laman resminya.

Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, biaya pendaftaran, jadwal, jumlah pilihan PTN dan Prodi, kriteria penerimaan, daftar PTN lengkap, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran SNBT Online.

D. Pendaftaran UIN Sumatera Utara Jalur UM-PTKIN

Jalur berikutnya setelah jalur-jalur di atas yaitu jalur UM-PTKIN yang juga merupakan jalur seleksi masuk ke UIN, IAIN, dan STAIN di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui tes.

UM-PTKIN diperuntukkan bagi siswa yang lulus sekolah 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini yang tidak harus memiliki kemampuan akademik yang unggul, siswa yang memiliki kemampuan biasa-biasa saja juga dapat mendaftar UM-PTKIN.

Proses pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui di laman resminya.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca artikel Pendaftaran UM PTKIN atau Pendaftaran UM PTKIN Online

E. Pendaftaran UIN Sumatera Utara Jalur Mandiri

Selain membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UIN Sumatera Utara juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur ini menjadi alternatif terakhir untuk bisa masuk ke UIN Sumatera Utara. Maka dari itu, anda harus mempersiapkan diri lebih baik dari persiapan sebelumnya.

Proses pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui alamat pmb.uinsu.ac.id . Informasi lain yang anda butuhkan dapat anda baca melalui lamat tersebut.

F. Pendaftaran KIP Kuliah UIN Sumatera Utara

Bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi yang ingin kuliah di UIN Sumatera Utara, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah. Baca informasi lebih lanjut : Pendaftaran KIP Kuliah.

Informasi lebih lanjut dapat anda peroleh dengan membaca di website resmi UIN Sumatera Utara di alamat pmb.uinsu.ac.id . 

G. Pendaftaran Program Pascasarjana UIN Sumatera Utara

UIN Sumatera Utara kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana, maka UIN Sumatera Utama bisa menjadi pilihan anda.

Proses pendaftaran dilakukan secara online dan informasi pendaftaran lengkap dapat dibaca melalui alamat pps.uinsu.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Itulah informasi mengeai jalur-jalur seleksi masuk ke UIN Sumatera Utara. Untuk informasi labih lanjut maka dapat dilihat di website resmi UIN Sumatera Utara.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UIN Sumatera Utara. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua. Cukup sekian info dari admin, terima kasih dan salam sukses selalu. Ayo bagikan artikel ini pada teman-teman lainnya. Sukai juga halaman web ini.