Pendaftaran Polsuska 2024 - 2025 (Polisi Khusus Kereta Api) - recruitment.kai.id

recruitment.kai.id 2024 -- Pendaftaran Polsuska, Rekrutmen Polsuska PT KAI, Penerimaan Polisi Khusus Kereta Api, Lowongan Kerja Polsuska untuk Lulusan SLTA, Recruitment Polsuska PT KAI, Pendaftaran Calon Pelamar Polsuska, Info Pendaftaran Polsuska Terbaru, Lowongan Kerja BUMN PT KAI Formasi Polsuska, Lowongan Kerja Lulusan SMA / MA / SMK / MAK di PT KAI. 2026.

Informasi yang admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran Polsuska 2024 - 2025 (Polisi Khusus Kereta Api) - recruitment.kai.id. Informasi ini ditujukan khususnya bagi para lulusan SLTA sederajat yang ingin bekerja di PT KAI dengan mengikuti seleksi Polsuska. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau yang biasa disebut dengan PT KAI adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang transportasi, baik transportasi penumpang ataupun barang (hantaran paket, batu-bara, pertamina, pasir, air mineral, baja coil, semen, dll), restorasi, parking, wisata, perhotelan, property, jasa, dan lain-lain.

Dalam memberikan pelayanan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berpedoman pada standar mutu yang memuaskan dan sesuai harapan atau melebihi harapan pelanggan dengan memenuhi 6A unsur pokok, yaitu:
  • Ability (Kemampuan), Attitude (Sikap), Appearance (Penampilan), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), dan Accountability (Tanggung jawab)

Untuk menjalankan pelayanan terbaik, tentunya PT KAI harus memiliki sumber daya manusia yang baik pula agar standar mutu yang telah ditetapkan dapat dijalankan sesuai harapan.

Salah satu pelayanan yang diberikan PT KAI pada para penumpangnya adalah adanya pihak pengaman yang akan mengawal perjalanan dari awal hingga akhir tujuan.

Siapakah pengaman tersebut? Pengaman tersebut adalah POLSUSKA.

Polsuska atau Polisi Khusus Kereta Api adalah profesi kepolisian yang bertugas melayani, melindungi, dan menertibkan masyarakat pengguna jasa angkutan kereta api, serta mengamankan aset-aset kereta api (Wikipedia).

Nah, bagi kalian siswa lulusan SMA / MA / SMK / MAK yang tertarik untuk menjadi Polsuska, ayo daftarkan diri atau lakukan pelamaran kerja pada saat PT KAI membuka rekrutmen Polsuska. Biasanya Rekrutmen Polsuska dibuka setahun sekali. Namun untuk kepastiannya, cek-cek terus saja website resmi Rekrutmen PT KAI.

Untuk kalian yang ingin mengikuti rekrutmen Polsuska PT KAI, maka perlu mempersiapkan syarat-syarat pendaftaran / rekrutmen, serta mengikuti semua ketentuan yang telah ditetapkan oleh PT KAI. Ikutilah semua proses pendaftaran dari awal hingga akhir dengan sebaik-baiknya.

Seperti yang dikutip dari laman resmi Rekrutmen PT KAI bahwa calon pelamar yang ingin menjadi Polsuska harus memenuhi persyaratan dan mengikuti ketentuan berikut ini.

A. Kriteria Umum Pelamar :
  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Jenis Kelamin Pria;
  3. Memiliki ijazah setingkat SLTA (SMA / MA / SMK / MAK) seluruh jurusan dan nilai NEM / UAN rata-rata minimal 6,0 (enam koma nol);
  4. Usia pelamar serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 25 (dua puluh lima) tahun;
  5. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm;
  6. Sehat jasmani / rohani;
  7. Berkelakuan baik;
  8. Tidak terlibat narkoba atau psikotropika;
  9. Tidak bertato dan tidak bertindik;
  10. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
  11. Tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin;
  12. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero);
  13. Bersedia mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi lainnya apabila telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus seleksi;
  14. Lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia recruitment PT Kereta Api Indonesia (Persero) tahun ini.

B. Persyaratan Dokumen Lamaran :
  1. Ijazah SLTA asli atau fotocopy legalisir;
  2. Transkip nilai UN / UAN asli atau fotocopy legalisir;
  3. Kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku;
  4. Pas foto berwarna terbaru.

Keterangan :

Dokumen persyaratan lamaran poin 1 s.d 3 memakai format pdf dengan ukuran maksimal 2 mb; Pas Foto terbaru, menggunakan format jpg/jpeg dengan ukuran maksimal 2 mb. Untuk nama file-file yang diupload disesuaikan namanya sebagai berikut :
  • Berkas Ijazah nama file dokumen = ijazah-slta.pdf
  • Berkas Nilai UAN nama file dokumen = nilai-slta.pdf
  • Berkas KTP nama file dokumen = ktp.pdf
  • Berkas Foto nama file dokumen = foto.jpg atau foto.jpeg

C. Tahapan Seleksi :
  1. Tahap 1 : Seleksi Administrasi
  2. Tahap 2 : Seleksi Kesehatan Awal
  3. Tahap 3 : Seleksi Psikologi
  4. Tahap 4 : Seleksi Wawancara
  5. Tahap 5 : Seleksi Kesehatan Akhir

D. Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen :
  1. Calon pelamar yang belum memiliki akun, terlebih dahulu melakukan registrasi dan upload dokumen sesuai persyaratan umum lamaran.
  2. Calon pelamar wajib memastikan bahwa email yang digunakan pada saat registrasi adalah email aktif dan data yang diinput harus sesuai identitas diri seperti KTP, Ijazah, dll serta tidak melakukan perubahan data / dokumen setelah melakukan apply sampai proses rekrutmen selesai.
  3. Calon pelamar yang sudah memiliki akun di website https://recruitment.kai.id/ harus memastikan bahwa dokumen persyaratan umum lamaran sudah diupload di akun pelamar yang ada di website.
  4. Bagi calon pelamar yang berminat mengikuti rekrut sesuai formasi yang ditawarkan, wajib melakukan proses apply pada akun masing-masing sesuai jadwal rekrutmen dan hanya bisa mengikuti 1 (satu) event rekrut saja.
  5. Bagi calon pelamar yang sudah melakukan upload dan melengkapi data, tetapi tidak melakukan proses apply di akunnya sesuai jadwal, maka dianggap tidak mengikuti kegiatan rekrut ini.
  6. Lokasi Seleksi berdasarkan pemilihan lokasi daerah (Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya, Jember, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Palembang dan Tanjungkarang) oleh pelamar pada saat melakukan APPLY (Pendaftaran) dan kebijakan Panitia Recruitment.
  7. Pelamar yang lulus seleksi tahap I (Seleksi Administrasi) berhak mengikuti seleksi tahap II (Seleksi Kesehatan Awal) yang akan diumumkan melalui website https://recruitment.kai.id/
  8. Rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan recruitment dan dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.
  9. Seleksi penerimaan pekerja menggunakan sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

E. Panduan Registrasi dan Apply Lowongan Kerja
  • Baca seluruh panduan yang ada dengan seksama.
  • Calon pelamar dapat melakukan registrasi rekrutmen KAI kapanpun secara online melalui alamat website resmi rekrutmen KAI: https://recruitment.kai.id/
  • Pastikan sebelum anda melakukan registrasi, anda sudah memiliki akun email yang aktif.
  • Klik "Registrasi" untuk membuat akun pengguna (username) dan kata sandi (password)
  • Konfirmasi akan dikirimkan langsung ke e-mail anda, harap ikuti langkah-langkah pada e-mail anda untuk secara otomatis akan dialihkan ke halaman rekrutmen
  • Jika anda tidak dialihkan secara otomatis dari link e-mail anda, klik https://recruitment.kai.id sekali lagi lalu login sesuai nama pengguna dan kata sandi Anda
  • Harap pastikan bahwa anda mengisi semua informasi pribadi yang diperlukan
  • Meng-upload semua file
  • Periksa email Anda untuk konfirmasi aplikasi, dan tunggu untuk langkah berikutnya

Itulah syarat-syarat dan ketentuan rekrutmen Polsuska PT KAI. Persiapkanlah syarat-syaratnya dan ikuti ketentuan yang berlaku agar keinginan kalian untuk bisa menjadi seorang Polsuska dapat terwujudkan. Aamiin.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi karena cukup banyak seleksi yang harus dilalui dan juga pesaingnya cukup banyak. Jadi harus benar-benar siap.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.


Demikian informasi dari admin mengenai Pendaftaran Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) - recruitment.kai.id. Semoga informasi tersebut bisa memberikan gambaran bagi kalian yang ingin menjadi Polsuska. Terima kasih dan ayo bagikan informasi ini pada teman kalian.