Pendaftaran UMP 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

ppmb.ump.ac.id 2024 -- PMB UMP, Pendaftaran UMP, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UMP, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMP, Pendaftaran Kuliah di UMP, Jalur Pendaftaran UMP ; Jalur Umum, Jalur PMDK, Jalur Pindahan / Transfer, Jalur Pendaftaran PMB UMP, Pendaftaran Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran UMP 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.


Universitas Muhammadiyah Purwokerto atau UMP merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah bagian barat. UMP merupakan salah satu perguruan tinggi muhammadiyah yang ada di Indonesia yang berada di Jawa Tengah.

Banyak prestasi yang diraih oleh UMP, diantaranya yaitu menempati peringkat ke 2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah, dan peringkat ke 6 di Indonesia.

Melihat prestasi yang luar biasa tersebut, tentunya menjadi sebuah pertimbangan dan daya tarik yang luar biasa bagi kamu. Maka dari itu silahkan daftarkan dirimu di UMP pada saat pendaftaran dibuka. Adapun fakultas dan program studi UMP yang bisa dipilih, dapat dilihat di bawah ini.

Fakultas dan Program Studi di UMP :
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi Kedokteran
  • Fakultas Farmasi terdiri dari program studi Farmasi
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Program Studi Akuntansi (S1), Program Studi Akuntansi (D3), Program Studi Manajemen
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Pend. Geografi, Pend. Biologi, Pend. Matematika, Pend. Bahasa Inggris, Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, Pend. Sejarah, Pend. Kewarganegaraan, Pend. Anak Usia Dini, dan Pend. Guru Sekolah Dasar
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Psikologi  terdiri dari program studi Psikologi
  • Fakultas Agama Islam terdiri dari program studi Pend. Agama Islam, dan Hukum Ekonomi Syariah
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Agroteknologi, dan Agribisnis
  • Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari program studi Keperawatan (S1), Keperawatan (D3), dan Kebidanan (D3)
  • Fakultas Sastra terdiri dari program studi Sastra Inggris
  • Program Pascasarjana terdiri dari Program Studi Magister Pendidikan, Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan IPS, Magister Pendidikan Dasar, dan Magister Manajemen.

Itulah sekilas informasi mengenai kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Dilihat dari banyaknya program studi di UMP, mungkin salah satunya ada yang kamu minati. Untuk itu, silahkan daftarkan dirimu di UMP lalu pilih program studi tersebut tentunya yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakatmu.

Setelah mengetahui informasi tersebut, selanjutnya kamu perlu untuk mengetahui informasi inti dari pembahasan ini yaitu mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UMP beserta ketentuan dan hal terkait lainnya. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

A. Pendaftaran UMP Jalur Minat dan Prestasi (JMP)

Jalur Minat dan Prestasi adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke UMP yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi atau yang memiliki nilai raport sesuai persyaratan.

1. Persyaratan Umum
  1. Membayar biaya pendaftaran
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Menyerahkan fotocopy nilai raport kelas X - XII

2. Persyaratan Khusus
  1. Menyerahkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah (Khusus jalur Minat)
  2. Memiliki rata-rata nilai raport setiap semester > 7,0 atau 70,0 (sesuai dengan skala nilai tiap sekolah) ATAU memiliki prestasi (juara 1 - 3), lomba bidang ilmiah / non ilmiah (Khusus pendaftaran jalur prestasi)
  3. Untuk prodi pendidikan Biologi, Farmasi, Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika,  harus melengkapi surat keterangan bebas buta warna dari Dokter, khusus prodi Farmasi disertakan pula surat keterangan bebas NAPZA.
  4. Khusus prodi PGSD dan Farmasi S1 hanya diperkenankan mendaftar melalui jalur Prestasi

3. Cara Pendaftaran
  1. Semua berkas pendaftaran dimasukkan ke dalam stofmap warna merah dan pada bagian depan stofmap diberi identitas (nama lengkap, asal sekolah, dan program studi yang dipilih)
  2. Berkas pendaftaran diserahkan kepada panitia PMB UMP, secara individu atau kolektif melalui pihak sekolah, pada jam kerja

4. Alur Pendaftaran
  1. Membeli formulir pendaftaran
  2. Mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berkas
  3. Melengkapi berkas
  4. Melihat hasil seleksi

5. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran biasanya dibuka dari bulan Januari hingga Februari. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di web resmi PPMB UMP.

B. Pendaftaran UMP Jalur Reguler

Jalur reguler adalah jalur seleksi masuk ke UMP yang dibuka secara umum untuk siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang seleksinya dilakukan menggunakan komputer (CBT)

1. Alur Pendaftaran secara Umum
  1. Melakukan pendaftaran
  2. Mengisi data idensitas
  3. Mengikuti tes CBT
  4. Melihat hasil tes

2. Alur Pendaftaran secara Rinci
  1. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran di loket Bank Jateng atau Bank BRI UMP
  2. Dengan membawa kuitansi pembayaran, mahasiswa mendapatkan nomor pendaftaran yang akan digunakan dalam pengisian formulir pendaftaran yang terkomputerisasi di gedung BPMP UMP
  3. Pengisian formulir pendaftaran dilakukan oleh calon mahasiswa sendiri dengan didampingi oleh petugas BPMB
  4. Setelah semua data terisi, calon mahasiswa mendapat print out kartu tes dan menempel pas foto untuk dapat mengikuti CBT di lantai 2 gedung BPMB UMP
  5. Petugas memvalidasi calon mahasiswa sebelum mengikuti CBT
  6. Calon mahasiswa mengikuti ujian login ke sistem menggunakan nomor pendaftaran
  7. Langsung dapat melihat hasil ujian di website ppmb.ump.ac.id
  8. Melakukan registrasi ulang bagi yang lulus

3. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran biasanya dibuka sampai 3 batch yang dimulai dari bulan Ferbruari hingga September. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di web resmi PPMB UMP.

C. Pendaftaran UMP Jalur SMART

Jalur SMART merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UMP yang seleksinya dilakukan tanpa tes.

1. Alur Pendaftaran secara Umum
  1. Melakukan pendaftaran
  2. Mengisi data identitas
  3. Melihat hasil

2. Alur Pendaftaran secara Rinci
  1. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran di Bank BRI atau Bank Jateng untuk mendapatkan nomor pendaftaran
  2. Melakukan pendaftaran online melalui lamat web : smart.pmb.ump.ac.id
  3. Calon mahasiswa mengisi biodata secara mandiri dan melengkapi berkas pendaftaran dengan mengunggah scan dokumen yang disyaratkan dalam bentuk file .pdf
  4. Selain itu, calon mahasiswa juga harus mengirimkan dokumen ASLI ke UMP (Jln. Raya dukuh waluh, Kembara, Purwokerto, 53182) sesuai tanggal yang telah ditentukan
  5. Melihat pengumuman di alamat web di atas pada hari senin di minggu berikutnya
  6. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, selanjutnya melakukan registrasi di Bank BRI atau Bank Jateng dengan menunjukkan print out bukti penerimaan
  7. Mahasiswa yang telah melakukan regisrasi di Bank, selanjutnya mengisi data online di alamat registrasimhsbaru.ump.ac.id . Mahasiswa akan mendapatkan NIM. Selain itu, maka siswa juga harus megisi password untuk mengakses Sistem Informasi Akademik
  8. Setelah itu, mahasiswa akan diarahkan ke alamat sima.ump.ac.id
  9. Untuk mengetahui informasi terkait penerimaan mahasiswa baru, silahkan login menggunakan NIM dan password yang telah dibuat pada langkah ke-7

3. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran jalur SMART biasanya terbagi dalam 3 gelombang yang dimulai dari bulan Februari hingga September. Jadwal lengkap dapat dilihat di web resmi PPMB UMP.

D. Kontak Panitia PPMB UMP

Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202 Purwokerto 53182 Kembaran Banyumas Telp : (0281) 636751, 630463, 634424 Fax  : (0281) 637239


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UMP. Silahkan ikuti salah satu jalur yang diprediksikan dapat memberikan peluang kelulusan yang besar.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa lulus seleksi.!!!

Catatan!!!
  • Untuk informasi lain yang dibutuhkan silahkan baca di web PPMB UMP
  • Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di web PPMB UMP

Baca juga artikel terkait :
Demikian informasi dari admin tentang Pendaftaran UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat untuk kamu yang ingin kuliah di UMP.

Jangan lupa untuk selalu membaca artikel-artikel di blog ini, dan mengajak teman lainnya untuk berkunjung ke blog ini. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini dan admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di UMP. Cukup sekian dan salam sukses selalu.