Pendaftaran UMMAT 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Mataram)

www.ummat.ac.id 2024 -- PMB UMMAT, Pendaftaran UMMAT / UM Mataram, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UMMAT, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMMAT, Pendaftaran Kuliah di UMMAT, Jalur Pendaftaran UMMAT ; Jalur Bidikmisi, Prestasi,  Kerjasama, Umum, Pindahan / Tranfer, Pendaftaran Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Mataram, 2026. 2027.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran UMMAT 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Mataram). Informasi ini ditujukan untuk kamu yang ingin kuliah di UMMAT. Sebelum membahas mengenai pendaftaran, terlebih dahulu membahas tentang kampus UMMAT.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Universitas Muhammadiyah Mataram atau disingkat UMMAT atau UM Mataram adalah sebuah Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang berada di Mataram, tepatnya di Jln. KH Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan, Mataram,  Nusa Tenggara Barat.

Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) didirikan pada tanggal 25 Juli 1980 sebagai amal usaha Muhammadiyah di bidang Pendidikan.

Bagi kamu yang ingin kuliah di kampus ini, maka silahkan melakukan pendaftaran pada saat pendaftaran mahasiswa baru dibuka. Untuk program studi yang bisa dipilih, dapat dilihat di bawah ini

Fakultas dan Program Studi di UMMAT :
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Pertanian, dan Teknik Hasil Pertanian
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Pertambangan, Teknik Sipil, & Perencanaan Wilayah Kota
  • Fakultas Agama Islam terdiri dari program studi Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Komunikasi Penyiaran Islam
  • Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari program studi Kebidanan, dan Farmasi
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari program studi Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Niaga, dan D3 Perpustakaan
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila dan Kewarga Negaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Itulah informasi mengenai kampus Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT). Dari beberapa pilihan program studi yang ada tersebut, mungkin ada salah satu yang kamu minat, maka untuk itu silahkan daftarkan dirimu di kampus ini.

Selanjutnya kamu perlu untuk mengetahui informasi seputar penerimaan mahasiswa baru UMMAT yang telah admin rangkum di bawah ini. Silahkan dibaca dan pahami.

I. Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru UMMAT

Jalur pendaftaran mahasiswa baru UMMAT terdiri dari jalur Bidikmisi, jalur Prestasi, jalur Kerjasama, jalur Umum, dan jalur Mahasiswa Pindahan / Transfer. Informasiny dijelaskan berikut ini.

A. Jalur Bidikmisi

Jalur Bidikmisi merupakan jalur peneriamaan mahasiswa baru UMMAT yang ditujukan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik

Persyaratan Pendaftaran Jalur Bidikmisi :
  1. Siswa SMA / SMK / MAN atau yang sederajat yang akan lulus sekolah pada tahun ini
  2. Lulus sekolah tahun kemaren yang bukan penerima Bidikmisi
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria :
    • Siswa penerima Beasiswa Miskin (BSM) atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya, atau
    • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami / istri) maksimal sebesar Rp. 3.000.000,- per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orang tua / wali dibagi jumlah anggota keluarganya maksimal Rp. 750.000,- setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (strata Satu) atau Diploma
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari kepala sekolah.

B. Jalur Prestasi

Jalur prestasi merupakan jalur seleksi masuk ke UMMAT yang ditujukan untuk siswa-siswi yang memiliki prestasi di bidang akademik ataupun non akademik.

Persyaratan Jalur Prestasi Akademik :
  1. Menyerahkan 3 Lembar pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4
  2. Menyerahkan 1 Lembar copy rapor kelas XI semester 1 dan 2, Kleas XII semester 1
  3. Membawa piagam asli / fotocopy sebagai juara olimpiade mata pelajaran
  4. Menyerahkan 1 lembar Surat Keterangan Tidak Buta Warna (bagi yang memilih D3 Pertambangan, S1 Perencanaan Wilayah Kota dan D3 Farmasi
Mengikuti ujian khusus bagi yang memilih prodi D3 Kebidanan dan D3 Farmasi

Persyaratan Jalur Prestasi Non Akademik :
  1. Menyerahkan 3 Lembar pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4
  2. Menyerahkan 1 Lembar copy rapor kelas XI semester 1 dan 2, Kelas XII semester 1
  3. Menyerahkan 1 lembar Surat Keterangan Tidak Buta Warna (bagi yang memilih D3 Pertambangan, S1 Perencanaan Wilayah Kota dan D3 Farmasi
Mengikuti ujian khusus bagi yang memilih prodi D3 Kebidanan dan D3 Farmasi

C. Jalur Kerjasama

Jalur kerjasama terdiri dari dua model yaitu : Kerjasama dengan pengelola pendidikan internal muhammadiyah yaitu SMA / SMK Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Jalur ini diberikan hanya  kepada siswa alumni  SMA / SMK Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Diterima Berdasarkan :
  1. Nilai Rapor kelas XI semester I dan II, kelas XII semester I, nilai SKHU dan ijazah SMA sederajat.
  2. Daya tamping Prodi / Program yang dipilih.
  3. Penentuan penerimaan mahasiswa sepenuhnya merupakan hak panitia PMB universitas Muhammaduyah Mataram yang tidak dapat diganggu gugat.

Persyaratan Jalur Kerjasama :
  1. Menyerahkan 3 lembar fas photo berwarna terbaru ukuran 3 X 4
  2. Menyerahkan 1 lembar fotocopy rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1 atau fotocopy ajazah SMA sederajat.
  3. Menyerahkan 1 surat keterangan tidak buta warna (bagi yang memilih prodi D3 Pertambangan, Planologi dan Farmasi)
Mengikuti ujian khusus bagi yang memilih prodi D3 Kebidanan dan Farmasi.

D. Jalur Umum

Jalur umum merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang ditujukan bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di UMMAT.

Persyaratan Pendaftaran :
  1. Calon Mahasiswa yang berasal dari lulusan SMA sederajat
  2. Seluruh calon mahasiswa yang berasal dari SMA / SMK / MAN diseluruh Indonesia dan luar negeri, yang sedang duduk dikelas XII dan atau telah lulus SMA / SMK / MA, yaitu melampirkan :
    • Nilai Rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1 SMA / SMK / MAN sederajat, dan atau surat surat hasil keterangan ujian (SKHU), dan atau Ijazah SMA / SMK / MAN.

E. Jalur Pindahan dan Melanjutkan

Jalur ini diperuntukkan bagi mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain atau untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (misal dari D2 ke D3, D3 ke D4/S1).

Persyaratan pendaftaran :
  1. Menyerahkan Surat pindah dari Perguruan Tinggi asal dan Transkip Nilai dengan IPK minimal 2,75
  2. Menyerahkan 2 lembar fotocopy ijazah SMA / SMK / MA (status mahasiswa pindahan)
  3. Menyerahkan 2 lembar fotocopy ijazah D.2, D.3 dan Sarjana Muda (status mahasiswa melanjutkan)
  4. Menyerahkan 1 lembar fotcopy Kartu Keluarga / KK
  5. Menyerahkan 1 lembar fotocopy Akta Kelahiran
  6. Menyerahkan 1 lembar materai 6000

II. Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UMMAT

Pendaftaran calon mahasiswa baru UMMAT dilakukan secara langsung di loket panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) atau melalui pihak sekolah masing-masing (bagi sekolah yang memfasilitasi pendaftaran calon mahasiswa baru untuk siswa-siswinya)

III. Jadwal dan Waktu Pendaftaran

Pendaftaran calon mahasiswa baru UMMAT biasanya dibuka dari bulan Maret hingga September. Jadwal lengkap dapat dilihat di website resmi UMMAT. 

Layanan pendaftaran dibuka pada :
  • Pagi Pk. 08.00 – 12.30 Wita
  • Sore Pk. 13.00 – 18.00 Wita
Sedangkan Tes dilaksanakan Setiap Hari Rabu dan Sabtu Pukul 09.00 dan 11.00 WITA

IV. Kontak PMB
Penerimaan Mahasiswa Baru
Universitas Muhammadiyah Mataram
Jl. Kh Ahmad Dahlan No.1 Pagesangan Mataram
Phone :  0370 633 723
Facebook : Universitas Muhammadiyah Mataram
SMS Center : SMS / WA : 081 805 274 324
Itulah informasi seputar penerimaan mahasiswa baru UMMAT. Silahkan ikuti jalur seleksi yang kamu minati yang diprediksikan dapat memberikan kelulusan untuk kamu.

Untuk informasi lain yang kamu butuhkan, maka dapat di baca langsung di web resmi UMMAT. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di web resmi.

Baca juga artikel terkait :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UMMAT (Universitas Muhammadiyah Mataram). Mudah-mudahan apa yang telah admin bagikan dapat memberikan manfaat untuk kamu semua.

Jangan lupa untuk terus membaca artikel di blog ini, dan jangan lupa pula untuk mengajak teman lainnya untuk berkunjung ke blog ini. Terima kasih atas waktumu dan salam sukses selalu.