Pendaftaran IAIN Bone 2024/2025

iain-bone.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Bone, PMB IAIN Bone, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Bone, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Bone, Pendaftaran Kuliah IAIN Bone, Pendaftaran KIP Kuliah, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Bone. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran IAIN Bone 2024/2025. Informasi ini disampaikan terutama bagi anda yang bercita-cita untuk kuliah di IAIN Bone. Mari ikuti pembahasan selengkap berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Bone adalah salah satu IAIN yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Hos Cokroaminoto, Watampone, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Diawali dari sebuah Universitas Islam Raya Bone pada tahun 1964. Pada tahun 1967 berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alaudin Makasar di Watampone sebagai kelas filial dari Fakultas Syariah IAIN Alaudin Makasar.

Dari Fakultas Syariah Cabang IAIN Alauddin Ujung Pandang berubah secara kelembagaan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1997, tertanggal 21 Maret 1997.

Berdasarkan Peraturan Presiden No 23 Tahun 2018 tanggal 5 April 2018 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo STAIN Watampone beralih bentuk menjadi Institut Agama Islam Negeri Bone (IAIN Bone).

Pada saat ini, IAIN Bone telah memiliki Jurusan dan Program studi yaitu : 
  • Jurusan Syariah terdiri dari program studi : Ahwal Al-Syakhsiyyah, Muamalah, Ekonomi Syariah, Hukum Tata Negara, Perbankan Syariah
  • Jurusan Tarbiyah terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
  • Jurusan Dakwah, Komunikasi, dan Ushuluddin terdiri dari program studi : Ilmu al-Quran dan Tafsir, Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi : Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam (Ahwa Al-syakhshiyyah), Hukum Tata Negara (Siyasah), Pendidikan Agama Islam

Itulah beberapa Jurusan dan Program Studi yang ada di IAIN Bone. Silahkan anda pilih salah satu program studi tersebut saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru IAIN Bone.

Selanjutnya anda perlu mengetahui dan memahami jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Bone. Berikut informasinya untuk anda.

1. Pendaftaran IAIN Bone Jalur SPAN-PTKIN

IAIN Bone adalah salah satu IAIN yang turut membuka jalur seleksi SPAN-PTKIN. Telah kita ketahui bahwa jalur SPAN-PTKIN ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi.

Pengajuan pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya ke PDSS SPAN-PTKIN Sekolah. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran dengan login SPAN-PTKIN ke span.ptkin.ac.id menggunakan username dan password yang telah diberikan oleh Kepala Sekolah. Setelah login, selanjutnya isi biodata pendaftaran secara lengkap hingga mencetak kartu peserta.

Informasi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal, mekanisme seleksi, daftar PTKIN, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

2. Pendaftaran IAIN Bone Jalur UM-PTKIN

IAIN Bone juga membuka jalur UM-PTKIN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Pengajuan pendaftaran diawali oleh calon peserta yang datang ke BNI untuk membayar biaya pendaftaran. Setelah membayar biaya pendaftaran, maka akan mendapatkan userID dan password untuk login ke um.ptkin.ac.id. Setelah login, silahkan isi biodata pendaftaran anda.

Selengkapnya baca : Cara Pendaftaran UM-PTKIN

Untuk panduan pendaftaran, biaya, persyaratan, jadwal, daftar Prodi dan PTKIN se-Indonesia, dan informasi penting lainnya dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

3. Pendaftaran IAIN Bone Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung olehIAIN Bone yang seleksinya dilakukan melalui tes tertulis.

Jalur mandiri ini merupakan jalur terakhir yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Maka dari itu, bagi yang berminat dan berkeinginan untuk lulus jalur mandiri, harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Untuk informasi pendaftaran lebih lanjut silahkan lihat di website resmi IAIN Bone di alamat iain-bone.ac.id

4. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Bone

IAIN Bone turut membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana, maka bisa memilih IAIN Bone. Untuk informasi pendaftaran, silahkan baca di alamat berikut : pascasarjana.iain-bone.ac.id

Mari Baca : Pendaftaran Bidikmisi , Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP Kuliah ; Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta memiliki prestasi baik.


Demikian informasi tentang Pendaftaran IAIN Bone. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus dan diterima menjadi mahasiswa baru IAIN Bone. Mari turut berbagi informasi ini pada teman lain yang membutuhkan dan jangan lupa untuk like halaman web kami. Sekian dan terima kasih.