Pendaftaran IAIN Pekalongan 2024/2025

pmb.iainpekalongan.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Pekalongan, PMB Online IAIN Pekalongan, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Pekalongan, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Pekalongan, KIP Kuliah, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Pekalongan. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Pekalongan 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang berkeinginan untuk kuliah di IAIN Pekalongan. Informasi selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Pekalongan adalah salah satu IAIN yang ada di Indonesia dimana IAIN Pekalongan ini terletak di Jl. Kusuma Bangsa No.9, Panjang Baru, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.

Sebelum menjadi IAIN Pekalongan, status belumnya adalah STAIN Pekalongan. Perubahan status STAIN Pekalongan menjadi IAIN Pekalongan didasarkan pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 tanggal 1 Agustus 2016.

Pada saat ini, IAIN Pekalongan telah memiliki beberapa jurusan dan program studi seperti berikut ini.
Fakultas Syariah terdiri dari program studi :
  • Hukum Keluarga Islam (Akhwal Syakhsiyyah)
  • Hukum Ekonomi Syari'ah (Mu'amalah)
  • Hukum Tata Negara Islam (Siyasah Syar'iyyah)

Fakultas Tarsibah dan Keguruan terdiri dari program studi :
  • Pendidikan Agama Islam
  • Pendidikan Bahasa Arab
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • Tadris Bahasa Inggris
  • Tadris Matematika

Fakultas Ushuluddin, Adab & Dakwah terdiri dari program studi :
  • Ilmu Hadis
  • Ilmu Al Qur'an & Tafsir
  • Tasawuf & Psikoterapi
  • Bimbingan Penyuluhan Islam
  • Komunikasi Penyiaran Islam
  • Manajemen Dakwah

Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam terdiri dari program studi :
  • Ekonomi Syari'ah
  • Perbankan Syari'ah (S1)
  • Perbankan Syari'ah (D3)
  • Akuntansi Syari'ah

Program Pascasarjana terdiri dari program studi : 
  • Pendidikan Agama Islam
  • Hukum Keluarga Islam (Akhwal Syakhsiyyah)

Itulah daftar program studi dan jurusan yang ada di IAIN Pekalongan. Setelah mengetahui informasi tersebut, mungkin saja ada salah satu program studi yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda untuk kuliah di IAIN Pekalongan.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IAIN Pekalongan, maka anda perlu mengetahui beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka pada tahun ini.

A. Pendaftaran IAIN Pekalongan Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seperti UIN, IAIN, atau STAIN.

Proses pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasinya dengan mengisi data Sekolah dan data siswa di PDSS SPAN-PTKIN. Setelah itu, siswa dapat melakukan login pendaftaran SPAN-PTKIN ke alamat span.ptkin.ac.id

Panduan pendaftaran, persyaratan, jadwal, kriteria penerimaan, daftar PTKIN dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN.

B. Pendaftaran IAIN Pekalongan Jalur UM-PTKIN

Jalur UM-PTKIN merupakan jalur seleksi masuk ke PTKIN yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Untuk proses pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi di alamat um.ptkin.ac.id

Informasi seperti tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTKIN, dan informasi penting lainnya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN.

C. Pendaftaran IAIN Pekalongan Jalur Ujian Mandiri

Jalur Ujian Mandiri adalah jalur seleksi yang diselengarakan dan dikelola langsung oleh panitia dari IAIN Pekalongan.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan SMA / MA / SMK / MAK / Pesantren Mu'adalah atau yang setara tahun ini dan tahun sebelumnya. Bagi lulusan tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah / Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah / madrasah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di IAIN Pekalongan.
  3. Khusus bagi yang berminat melalui Jalur Minat Bakat harus melampirkan Syahadah/ Piagam minimal Juara 1 Tingkat Kabupaten/ Kota atau bagi tahfidz minimal 5 juz.

Pendaftaran jalur ujian mandiri dilakukan online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman pmb.iainpekalongan.ac.id

D. Pendaftaran IAIN Pekalongan Jalur Penelusuran Bakat dan Minat

Jalur Penelusuran Bakat dan Minat merupakan jalur masuk ke IAIN Pekalongan yang diperuntukkan bagi calon peserta yang memiliki prestasi.

Calon peserta yang dapat mendaftar jalur ini harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran seperti jalur ujian mandiri di atas dan ditambah dengan persyaratan berikut : "melampirkan Syahadah/ Piagam minimal Juara 1 Tingkat Kabupaten/ Kota atau bagi tahfidz minimal 5 juz".

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pmb.iainpekalongan.ac.id dan untuk informasi lainnya dapat dilihat pada alamat tersebut.

E. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Pekalongan

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan untuk calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Calon peserta yang ingin mendaftar dapat melakukannya dengan cara datang langsung ke kampus IAIN Pekalongan. Calon peserta datang dengan membawa persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan. Informasi lainnya dapat anda tanyakan langsung pada panitia atau membaca informasinya di alamat iainpekalongan.ac.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.


F. Pendaftaran IAIN Pekalongan Program Pascasarjana

IAIN Pekalongan merupakan salah satu IAIN yang memiliki pendidikan jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana IAIN Pekalongan, maka silahkan daftarkan diri anda.

1. Persyaratan Pendaftaran
  1. Membayar biaya pendaftaran     
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran
  3. Menyerahkan fotocopy ijazah S.1 dan transkrip nilai (IPK minimal 2,5) yang telah dilegalisir 2 rangkap,
  4. Pas Photo berwarna ukuran 3x4  dan 3x3 masing-masing 4 lembar,
  5. Menyerahkan rencana proposal tesis dengan tema sesuai program studi yang dipilih 1 rangkap,
  6. Semua persyaratan dimasukan ke dalam stopmap berwarna kuning

2. Tempat dan Waktu Pendaftaran
  • Kantor Sekretariat Pascasarjana IAIN Pekalongan Jl. Kusumabangsa No. 9 Pekalongan
  • Pendaftaran bisa dilakukan setiap hari kerja

Untuk informasi penting lainnya silahkan anda baca langsung melalui alamat pps.iainpekalongan.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Pekalongan. Silahkan anda ikuti jalur seleksi yang anda minati.

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran IAIN Pekalongan. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua.

Terima kasih admin sampaikan kepada anda yang telah membaca informasi ini. Mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca disini. Jangan lupa untuk like dan share artikel ini.