Materi Tes UTBK SNBT 2024/2025

Materi Tes UTBK SNBT 2024 -- Materi Tes UTBK, Materi Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), Jenis Ujian UTBK, Kelompok Ujian UTBK, Materi Ujian Keterampilan Bidang Seni dan Keolahragaan, Jenis Ujian SNBT, Jenis Tes SNBT, Materi Ujian SNBT (Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Penalaran Matematika), Materi Tes UTBK SNBT. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Materi Tes UTBK SNBT 2024/2025. Informasi ini sebagai pelengkap dari informasi sebelumnya tentang SNBT. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Salah satu jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang paling favorit adalah jalur SNBT.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur ujian tertulis nasional masuk ke Perguruan Tinggi di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis.

Ujian tulis yang dimaksud disini adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer atau disingkat UTBK. Hasil dari UTBK ini menjadi penentu kelulusan seleksi jalur SNBT.

Sebagai gambaran awal, kalian perlu mengetahui apa saja materi ujian dan kelompok ujian UTBK SNBT. Secara umum materi  ujian UTBK SNBT ada 3 yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Sedangkan kelompok ujian UTBK SNBT di tahun ini TIDAK dibeda-bedakan (tidak dikelompokkan) menjadi Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), dan Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), dan kelompok ujian campuran (saintek dan soshum) seperti tahun-tahun sebelumnya. Artinya, tidak ada kelompok ujian UTBK SNBT.

Nah, sebelum kalian mengikuti tes pada waktu yang telah ditentukan, sebaiknya mempelajari dulu materi apa yang akan diujikan agar apa yang kalian pelajari cocok dengan soal yang diujikan.

Hal ini cukup penting untuk kalian lakukan karena dengan mempelajari materi yang sesuai diharapkan akan muncul soal tes sesuai dengan materi tersebut sehingga materi yang telah kalian pelajari tidak sia-sia.

Berikut ini admin berikan informasi mengenai jenis ujian UTBK dan juga kelompok ujian UTBK. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Materi Tes UTBK SNBT

Materi ujian UTBK SNBT terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Berikut ini penjebarannya :

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

3. Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.


Itulah Jenis Ujian dan Kelompok Ujian UTBK SNBT yang dapat admin bagikan. Kalian dapat melihat bahwa materi-materi yang akan diujikan kebanyakan adalah materi-materi tingkat SLTA. Dengan demikian tentu ada sudah mempelajari materi tersebut di Sekolah. Kalian tinggal mengingatnya lagi agar lebih paham.

Untuk informasi lainnya seputar UTBK SNBT seperti persyaratan, biaya pendaftaran, cara pendaftaran, dan lain sebagainya silahkan baca pada artikel berikut :

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan tentang Materi Tes UTBK SNBT. Semoga informasi tersebut bisa memberikan sedikit pencerahan untuk kalian semua.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat.