Pendaftaran IAIN Lhokseumawe 2024/2025

iainlhokseumawe.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Lhokseumawe Aceh, Pendaftaran Jalur SPAN PTKIN UM PTKIN Mandiri IAIN Lhokseumawe, PMB IAIN Lhokseumawe, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Lhokseumawe, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Lhokseumawe, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Lhokseumawe. 2026. 2027.

Informasi kali ini yang akan admin sampaikan berjudul Pendaftaran IAIN Lhokseumawe 2024/2025. Informasi ini terutama ditujukan bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di IAIN Lhokseumawe. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Lhokseumawe adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang terletak di Jl. Cempaka No. 1, Lancang Garam, Aceh, Indonesia.

Sejarah singkat berdirinya IAIN Lhokseumawe yaitu : 
STAIN Malikusaleh Lhokseumawe merupakan yayasan Pemerintah Daerah (PEMDA) yang didirikan pada tanggal 12 Juni 1969 dengan nama Akademi Ilmu Agama (AIA), kemudian berubah status menjadi Perguruan Tinggi Islam Malikussaleh (PERTIM), kemudian mengalami perubahan nama lembaga menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Malikussaleh (STAIM), dan akhirnya berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe. Pada tahun 2018, STAIN Malikussaleh berubah menjadi IAIN Malikussaleh Lhokseumawe.

Pada saat ini, IAIN Lhokseumawe telah memiliki fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, fakultas syariah, fakultas ushuluddin, adab, dan dakwah, dan fakultas ekonomi dan bisnis islam. Adapun program studinya yaitu : 
  • Tadris Matematika
  • Tadris Bahasa Inggris
  • Pendidikan Agama Islam
  • Ahwal Al Syakhsiyyah (Hukum Keluarga Islam)
  • Ekonomi Syariah (ES)
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • Pendidikan Bahasa Arab
  • Hukum Ekonomi Syariah
  • Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Manajemen Pendidikan Islam
  • Tadris Bahasa Indonesia
  • Hukum Tata Negara (Siyasah)
  • Astronomi Islam ( Ilmu Falak )
  • Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
  • Perbankan Syariah
  • Akuntansi Syariah


Untuk program Pascasarjana terdiri dari program studi : Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, dan Hukum Keluarga Islam.


Itulah daftar jurusan dan program studi di IAIN Lhokseumawe. Silahkan piliah salah satu program studi yang ada tersebut saat anda melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru di IAIN Lhokseumawe, maka anda perlu mengetahui beberapa jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Lhokseumawe.

Langsung saja admin akan memberikan informasi tentang jalur-jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Lhokseumawe pada tahun ini. Simak informasi dengan baik.

1. Pendaftaran IAIN Lhokseumawe Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan masuk ke PTKIN yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus Sekolah pada tahun ini.

Calon peserta yang ingin mendaftar terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi sejumlah data di PDSS SPAN-PTKIN. Setelah mendapatkan rekomendasi, siswa-siswi dapat melakukan login pendaftaran SPAN-PTKIN ke span.ptkin.ac.id

Untuk informasi berupa panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jumlah PTKIN pilihan dan prodinya, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran IAIN Lhokseumawe Jalur UM-PTKIN

Jalur UM-PTKIN adalah jalur seleksi masuk ke PTKIN di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Proses pendaftaran UM-PTKIN diawal oleh calon peserta yang datang ke bank BNI untuk melakukan pembayaran biaya pendaftran yang kemudian akan mendapatkan userID dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran ke um.ptkin.ac.id. Lakukan pengisian data secara lengkap dan benar hungga mencetak kartu tanda peserta UM-PTKIN.

Informasi seperti tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanan, jumlah pilihan prodi dan PTKIN, serta informasi penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran IAIN Lhokseumawe Jalur Mandiri

Selain menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur nasional (SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN), IAIN Lhokseumawe menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Silahkan ikuti seleksi jalur mandiri bagi yang mungkin sebelumnya telah mengikuti jalur nasional tetapi tidak lulus, maka jalur mandiri bisa menjadi alternatif pilihan anda.

Seleksi jalur mandiri ini dilakukan melaliu ujian tertulis. Maka dari itu persiapkanlah diri anda lebih baik dari sebelumnya agar bisa lulus seleksi. Dengan persiapakan yang maksimal semoga harapan anda untuk lulus dapat terkabulkan.

Untuk informasi pendaftaran jalur mandiri lebih lanjut dapat anda baca di website resmi IAIN Lhokseumawe di alamat spmb.iainlhokseumawe.ac.id

4. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

IAIN Lhokseumawe juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana, silahkan mendaftar saja di IAIN Lhokseumawe.

Syarat Pendaftaran :
  1. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai dilegalisir masing-masing 2 lembar;
  2. Pasfoto  warna latar merah ukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing 5 lembar;
  3. Fotokopi KTP 2 lembar;
  4. Surat izin atasan bagi PNS;
  5. Proposal tesis 2 eksamplar (min 12, mak. 15 hal. kertas A4, 1,5 spasi, kutipan model footnote);
  6. Semua persyaratan dimasukkan kedalam map warna (Merah KPI, Biru PAI, Hijau MPI, Kuning HKI);
  7. Rekomendasi dari dua orang dengan kualifikasi Guru Besar atau Doktor (terlampir dalam formulir);
  8. Surat Pernyataan (terlampir dalam formulir)

                Alur Pendaftaran :
                1. Membayar uang pendaftaran ke Bank Aceh Syariah Cab. Lhokseumawe sesuai ketentuan
                2. Mengambil formulir dan menyerahkan slip bukti setoran ke Sekretariat.
                3. Mengisi formulir dan melengkapi berkas.
                4. Mengikuti test.
                5. Pengumuman hasil test.
                6. Registrasi ulang dan dan membayar SPP bagi yang lulus.
                7. Mengikuti perkuliahan.

                Untuk informasi pendaftaran lebih lanjut dapat anda baca selengkapnya di alamat pasca.iainlhokseumawe.ac.id


                Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran IAIN Lhokseumawe yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda semua.

                Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti dan nantinya diterima di IAIN  Lhokseumawe. Aamiin Ya Robbal 'Alamin.