Pendaftaran UIN Mataram 2024/2025

www.uinmataram.ac.id 2024 -- Pendaftaran UIN Mataram, PMB Online UIN Mataram, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Mataram, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Mataram, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, KIP Kuliah, Jalur Seleksi Mandiri, PMB Pascasarjana UIN Mataram. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi yang berjudul Pendaftaran UIN Mataram 2024/2025. Dengan adanya informasi ini diharapkan bisa membantu memberikan gambaran bagi anda terutama yang ingin kuliah di UIN Mataram. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UIN Mataram adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia. UIN Mataram terletak di Jl. Pendidikan, Dasan Agung Baru, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Sebeleum menjadi UIN Mataram, status sebelumnya adalah IAIN Mataram. Perubahan status dari IAIN Mataram menjadi UIN Mataram didasarkan pada Perpres No. 34 / 2017.

Pada saat ini, UIN Mataram telah memiliki beberapa program studi seperti berikut ini :

Program Studi Jenjang S1 dan Diploma
  • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi), Pendidikan Matematika, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (Ekonomi), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Fisika, Tadris Kimia, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Mu'amalah, Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah, Ekonomi Syari'ah, Komunikasi Penyiaran Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Bimbingan Konseling Islam, Sosiologi Agama, Ilmu Falak, Perbankan Syari'ah, Ilmu Al Qur'an & Tafsir.
Program Studi Jenjang S2
  • S2 Ahwal Syakhsiyyah, S2 Manajemen Pendidikan Agama Islam, S2 Pendidikan Bahasa Arab, S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam, S2 Ekonomi Syariah, S3 Pendidikan Agama Islam (PAI) 

Dari sejumlah program studi yang ada di UIN Mataram tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UIN Mataram lalu pilih program studi tersebut.

Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UIN Mataram. Berikut informasinya untuk anda.

A. Pendaftaran UIN Mataram Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa-sisiwi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini dan berkeinginan untuk kuliah di PTKIN yang ada di Indonesia. Salah satunya yaitu UIN Mataram.

Proses pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa berprestasinya ke PDSS SPAN-PTKIN. Kemudian siswa melanjutkan proses pendaftaran dengan login SPAN-PTKIN ke span.ptkin.ac.id menggunakan username dan password dari Kepala Sekolah.

Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal, dan lain-lain dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

B. Pendaftaran UIN Mataram Jalur UM-PTKIN

Jalur berikutnya yang dibuka oleh UIN Mataram yaitu jalur UM-PTKIN. Jalur UM-PTKIN seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat um.ptkin.ac.id. Untuk bisa login, maka anda harus membayar biaya pendaftaran di Bank kemudian akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login ke alamat di atas untuk mengisi biodata pendaftaran.

Cara pendaftaran, biaya, jadwal, persyaratan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

C. Pendaftaran UIN Mataram Jalur Mandiri

Selain membuka jalur seleksi nasional (UM-PTKIN dan SPAN-PTKIN), UIN Mataram juga membuka jalur seleksi mandiri.

Jalur seleksi mandiri ini diselenggarakan secara langsung oleh panitia UIN Mataram untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui tes tertulis.

Syarat Pendaftaran
  1. Program S.1 (reguler) : Lulusan SMU/SMK/MA atau yang sederajat.
  2. Program S.1 (transfer) : Lulusan D.2 atau D.3 yang sederajat.
  3. Membayar biaya pendaftaran
  4. Mengisi Formulir Pendaftaran yang dilengkapi dengan : 
    • Fotokopi Ijazah dan Danum SMTA/Surat Keterangan Lulus dari Sekolah(SKL) yang telah dilegalisir (1 lembar). 
    • Pas Foto berwarna 3x3 (2 lembar). 
    • Fotokopi Ijazah dan transkrip D.2/D.3 (1 lembar) (bagi program S.1 Transfer). 
    • Bagi calon pendaftar yang tidak lulus UAN, dapat mendaftar jika sudah mempunyai ijazah Paket C

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi data pendaftaran di alamat http://siakad.iainmataram.ac.id/pmb . Pertama, buka alamat tersebut, lalu pilih menu "daftar PMB" , lalu isi biodata pendaftaran secara lengkap dan benar. Informasi lainnya dapat dibaca melalui lamat tersebut.

D. Pendaftaran KIP Kuliah UIN Mataram

Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secaraekonomi yang berkeinginan untuk kuliah di UIN Mataram, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut Bidikmisi.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

E. Pendaftaran Pascasarjana UIN Mataram

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana, maka UIN Mataram bisa menjadi salah satu alternatif pilihan anda. Informasi pendaftaran selengkapnya dapat anda baca melalui alamat uinmataram.ac.id


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke UIN Mataram yang dapat anda pilih. Silahkan anda pilih salah satu dari beberapa jalur seleksi yang ada tersebut.

Untuk informasi yang belum disampaikan disini maka dapat anda lihat langsung di website resmi UIN Mataram di alamat uinmataram.ac.id . Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di alamat web tersebut.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UIN Mataram yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat menambah referensi untuk anda semua. Semoga proses pendaftaran yang anda lakukan dapat berjalan lancar.