Pendaftaran IAIN Purwokerto 2024/2025

www.iainpurwokerto.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Purwokerto, Pendaftaran Online IAIN Purwokerto, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Purwokerto, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Purwokerto, KIP Kuliah, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Seleksi Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Purwokerto. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Purwokerto 2024/2025. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru IAIN Purwokerto.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Purwokerto adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang terletak di Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 40A, Purwokerto, Jawa Tengah, Bendera Indonesia Indonesia.

IAIN Purwokerto telah didirikan pada 12 Dzulqaidah 1417 H / 21 Maret 1997 M (SK Presiden RI No. 11, tahun 1997).

Pada saat ini, IAIN Purwokerto telah memiliki beberapa fakultas dan program studi seperti berikut ini :

Fakultas Tarbiyah terdiri dari program studi :
  • Pendidikan Agama Islam S.1, Pendidikan Bahasa Arab S.1, Manajemen Pendikan Islam S.1, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah S.1, Pendidikan Guru Raudlatul Athfal S.1, Tadris Matematika S.1, Tadris Bahasa Inggris S.1
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam terdiri dari program studi :
  • Ekonomi Syariah S.1, Perbankan Syariah S.1, DIII Manajemen Perbankan Syari’ah (MPS)
Fakultas Syariah terdiri dari program studi :
  • Hukum keluarga Islam S.1, Hukum Ekonomi Syariah S.1, Hukum Tata Negara (Siyasah) S.1, Zakat dan Wakaf S.1, Perbandingan Madzhab S.1
Fakultas Ushulidin, Adab dan Humaniora terdiri dari program studi :
  • Ilmu Al quran dan Tafsir S.1, Perbandingan Agama S.1, Sejarah Kebudayaan Islam S.1
Fakultas Dakwah terdiri dari program studi :
  • Bimbingan dan konseling Islam S.1, Komunikasi dan penyiaran Islam S.1, Manajemen Dakwah S.1, Pengembangan Masyarakat Islam S.1
Program Strata Dua (S-2)  IAIN Purwokerto memiliki beberapa konsentrasi :
  • Hukum Ekonomi Syari’ah (HES), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Ilmu Pendidikan Dasar Islam (IPDI), Ekonomi Syari’ah (ES), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

Itulah daftar program studi yang ada di IAIN Purwokerto. Silahkan anda pilih salah satu program studi yang ada tersebut. 

Bagi anda yang berminat untuk kuliah di IAIN Purwokerto, maka anda perlu memahami beberapa jalur seleksi masuk yang dibuka oleh IAIN Purwokerto. Berikut informasinya.

A. Pendaftaran IAIN Purwokerto Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN. Salah satunya masuk ke IAIN Purwokerto.

Jalur SPAN-PTKIN hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Seleksi jalur SPAN-PTKIN didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki siswa tersebut terutama dilihat dari nilai rapor.

Proses pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya ke PDSS SPAN-PTKIN. Selanjutnya siswa melakukan verifikasi data dan juga melengkapi data pendaftaran dengan login ke span.ptkin.ac.id

Informasi penting mengenai SPAN-PTKIN selengkapnya dapat anda baca pada artikel tersendiri yaitu Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

B. Pendaftaran IAIN Purwokerto Jalur UM-PTKIN

Jalur berikutnya yang dibuka setelah SPAN-PTKIN adalah jalur UM-PTKIN. Calon peserta yang ingin mendaftar jalur UM-PTKIN tidak harus memiliki prestasi yang unggul.

Mengapa demikian?, karena prestasi tidak menjadi dasar penentuan kelulusan pada jalur UM-PTKIN ini, tetapi hasil ujian tertulislah yang menjadi dasar utama kelulusan calon UM-PTKIN.

Untuk proses pendaftaran dimulai oleh calon peserta yang datang ke Bank dengan menunjukkan identitas diri untuk membayar biaya pendaftaran UM-PTKIN. Setelah membayar maka akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran ke um.ptkin.ac.id kemudian melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi selengkapnya mengenai UM-PTKIN silahkan anda baca pada artikel berikut : Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

C. Pendaftaran IAIN Purwokerto Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi yang dibuka oleh IAIN Purwokerto untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur mandiri IAIN Purwokerto dibedakan menjadi jalur mandiri prestasi dan jalur mandiri tertulis.
  • Jalur mandiri prestasi diperuntukkan bagi calon peserta yang telah memiliki prestasi pada jenjang pendidikan sebelumnya dan seleksi didasarkan pada prestasi yang dimiliki.
  • Jalur mandiri tertulis diperuntukkan bagi calon peserta yang tidak harus berprestasi dimana ujiannya dilakukan melalui ujian tertulis.
Alur Pendaftaran
  1. Calon peserta membayar biaya pendaftaran ke Bank Mandiri Syariah
  2. Memperoleh Usename dan password dari Bank
  3. Login ke sisca.iainpurwokerto.ac.id untuk melakukan pengisian data pendaftaran
  4. Isi data pribadi, memilih fakultas dan program studi
  5. Cetak kartu ujian, jadwal ujian, dan ruang ujian
  6. Mengikuti ujain tertulis dengan membawa kartu pesert dan identitas (KTP / SIM / Kartu Osis)
Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca di sisca.iainpurwokerto.ac.id

D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Purwokerto

Bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki potensi akademik yang baik dan berkeinginan untuk kuliah di IAIN Purwokerto, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Selengkapnya mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Informasi penting lainnya dapat anda baca langsung di website resmi IAIN Purwokerto di alamat www.iainpurwokerto.ac.id

Baca : Pendaftaran KIP Kuliah PTKIN

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Purwokerto

IAIN Purwokerto kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda dengan melengkap data pendaftaran. Informasi lebih lanjut dapat anda baca melalui alamat www.iainpurwokerto.ac.id

Itulah informasi tentang jalur-jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru IAIN Purwokerto. Silahkan anda ikuti salah satu jalur tersebut. Untuk informasi yang belum disampaikan disini maka dapat dilihat secara langsung di website resmi IAIN Purwokerto di alamat www.iainpurwokerto.ac.id


Demikianlah informasi tentang Pendaftaran IAIN Purwokerto. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut berguna untuk menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya.

Terima kasih admin ucapkan kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi disini. Mari ajak teman-teman lain untuk membaca disini.