Pendaftaran IAIN Bengkulu 2024/2025

iainbengkulu.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Bengkulu, PMB Online IAIN Bengkulu, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Bengkulu, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Bengkulu, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, KIP Kuliah, Jalur Seleksi Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Bengkulu. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan menyampaikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Bengkulu 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi anda yang berkeinginan untuk kuliah di IAIN Bengkulu. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Bengkulu merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia yang terletak di Bengkulu tepatnya beralamatkan di Jalan Raden Patah, Kelurahan Pagar Dewa, Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia.

IAIN Bengkulu telah memiliki beberapa fakultas, jurusan dan program studi seperti berikut ini:

Fakultas Tarbiyah 
  • Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI), dan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Iftidaiyah (PGMI).
Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam
  • Jurusan Syariah terdiri dari Prodi Peradilan Agama (Ahwal Syakhshiyyah), Prodi Hukum Bisnis (Muamalah), Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah), dan Prodi Zakat dan wakaf
  • Jurusan Ekonomi Islam terdiri dari Prodi Ekonomi Islam, Prodi Perbankan syariah
Fakultas Ushuluddin, Dakwah, dan Adab
  • Jurusan Dakwah terdiri dari Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Prodi Manajemen dakwah, Prodi Bimbingan Konseling
  • Jurusan Ushuludin terdiri dari Tafsir Hadist

Itulah daftar fakultas, jurusan dan program studi yang ada di IAIN Bengkulu. Dari sejumlah jurusan/program studi tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Bengkulu.

Ketika anda berkeinginan untuk mendaftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Bengkulu. Maka anda perlu mengetahui jalur-jalur seleksi apa saja yang dibuka oleh IAIN Bengkulu untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Berikut ini admin berikan informasinya untuk anda yang harus anda baca dengan baik.

1. Pendaftaran IAIN Bengkulu Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan nasional yang seleksinya dilakukan tanpa melalui ujian tertulis namun didasarkan pada prestasi yang dimiliki siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-sisiwi berprestasi yang berkeinginan untuk kuliah di PTKIN di Indonesia. Salah satunya kuliah di IAIN Bengkulu.

Proses pendafaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya di PDSS SPAN-PTKIN. Kemudian pendaftaran dilanjutkan oleh siswa dengan login pendaftaran SPAN-PTKIN ke alamat span.ptkin.ac.id

Tata cara pengisian data, persyaratan, jadwal, mekanisme seleksi, daftar PTKIN dan prodi, serta informasi lainnya yang anda butuhkan dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran IAIN Bengkulu Jalur UM-PTKIN

Jalur kedua yang dibuka setelah SPAN-PTKIN yaitu UM-PTKIN. UM-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional masuk ke PTKIN yang seleksinya dilakukan melalui tes tertulis.

Cara pendaftaran UM-PTKIN dimulai dengan cara calon peserta datang ke Bank untuk membayar biaya pendaftaran dan setelah itu akan mendapatkan username dan password. Gunakan username dan password untuk login pendaftaran UM-PTKIN ke alamat um.ptkin.ac.id

Informasi penting lainnya seperti biaya pendaftaran, persyaratan, jadwal, cara pengisian data, daftar prodi, dan informasi seputar jalur UM-PTKIN dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran IAIN Bengkulu Jalur Mandiri

Jalur seleksi mandiri merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan secara langsung oleh IAIN Bengkulu untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Jalur ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang berkeinginan kuat kuliah di IAIN Bengkulu. Mungkin saja anda sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN, tetapi pada saat pengumuman kelulusan dinyatakan tidak lulus, maka jalur mandiri bisa menjadi solusinya.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus dari satuan pendidikan SMA / MA / SMK / MAK / Ponpes sederajat
  2. Membawa biodata lengkap berupa : Biodata Diri, Biodata Orangtua, dan KK.
  3. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepala Sekolah/Kepolisian.
  4. Membawa Fotocopy Ijazah legalisir sebanyak 2 lembar untuk lulusan tahun sebelumnya
  5. Untuk lulusan tahun ini boleh menggunakan surat keterangan lulus atau SKHU sementara.
  6. Pas Foto Berwarna 3×4 sebanyak 3 lembar.

Untuk proses pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online. Calon peserta membuka alamat situs pendaftaran online kemudian mengisi biodata pendaftaran secara lengkap dan benar hingga mencetak kartu peserta. Alamat pendaftaran online jalur mandiri yaitu http://siakad.iainbengkulu.ac.id/pmb

4. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Bengkulu

Bagi anda yang ingin kuliah di IAIN Bengkulu, namun terkendala masalah biaya pendidikan, maka anda dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

5. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Bengkulu

IAIN Bengkulu juga telah memiliki program studi jenjang Pascasarjana. Dengan demikian, IAIN Bengkulu juga kembali melakukan penerimaan calon mahasiswa baru untuk program studi jenjang Pascasarjana tersebut.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda. Informasi pendaftaran dapat anda baca pada alamat web : pascasarjanaiainbengkulu.ac.id atau pps.iainbengkulu.ac.id

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Bengkulu. Silahkan anda pilih salah satu jalur seleksi yang ada tersebut.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran IAIN Bengkulu. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa untuk mengajak teman-teman anda untuk membaca informasi di web ini. Terima kasih.