Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi SMMPTN Barat 2024/2025

pengumuman.smmptnbarat.id 2024 -- Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi SMMPTN Barat, Cara Cek / Melihat Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi SMMPTN Barat, Pengumuman Kelulusan Peserta SMMPTN Barat, Pengumuman Hasil Seleksi / Tes / Ujian SMMPTN Barat, Jadwal / Tanggal Pengumuman SMMPTN Barat, Tata Cara Melihat Pengumuman SMMPTN Barat. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi yang berjudul Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi SMMPTN Barat 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi peserta SMMPTN Barat yang beberapa waktu yang lalu telah mengikuti ujian seleksi. Untuk mengetahui seperti apa informasinya, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.


Informasi ini merupakan kelanjutan dari informasi sebelumnya yang berjudul Pendaftaran SMMPTN Barat. Pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, biaya pendaftaran, daftar PTN pada SMMPTN Barat, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya. Sebagai kelanjutan dari informasi tersebut, admin berikan informasi Pengumuman SMMPTN Barat.

Seperti yang dikutip dari situs resmi SMMPTN Barat bahwa SMMPTN Barat merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya mengadopsi pola yang dilakukan pada jalur SBMPTN yaitu berdasar hasil ujian tulis berbasis cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMMPTN Barat.

Bagi peserta SMMPTN Barat yang sebelumnya pernah mengikuti seleksi SBMPTN, tentu saja pada saat ujian tidak bingung dalam mengikutinya, soal-soal ujiannya juga kemungkinan ada yang mirip atau sama. Jadi, ada keuntungan tersendiri bagi yang pernah mengikuti SBMPTN.

Nah, setelah beberapa waktu yang lalu peserta SMMPTN Barat mengikuti ujian SMMPTN Barat, maka tak lama lagi akan segera diumumkan nama-nama peserta yang akan dinyatakan lulus ataupun yang tidak lulus.

Dalam menentukan kelulusan ini, tentunya panitia telah berpedoman pada suatu kriteria kelulusan SMMPTN Barat. Bagi peserta SMMPTN Barat yang bisa memenuhi kriteria tersebut, maka akan dinyatakan lulus seleksi.

Sebagai persiapan untuk bisa melihat sendiri kelulusan SMMPTN Barat, maka peserta harus menyiapkan laptop / notebook, modem / wifi, dan nomor peserta. Setelah ketiga hal tersebut disiapkan, selanjutnya siap untuk mengecek kelulusan SMMPTN Barat.

Perlu diketahui sedikit bahwa, terkadang pada saat pengumuman SMMPTN Barat tiba, situs resmi bisa saja menjadi error atau sulit dibuka. Jika hal itu terjadi, maka silahkan tunggu sampai situs resmi kembali normal, atau bisa juga melihat pengumuman di laman mirror yang telah ditunjuk oleh panitia.

Selain diumumkan melalui laman resmi di http://pengumuman.smmptnbarat.id , ada 6 laman mirror PTN yang akan turut membantu mengumumkan kelulusan hasil seleksi SMMPTN Barat, yaitu:
  1. http://smmptn.unand.ac.id
  2. http://smmptn.unila.ac.id
  3. http://smmptn.unja.ac.id
  4. http://smmptn.untirta.ac.id
  5. http://smmptn.upr.ac.id
  6. http://smmptn.unsyiah.ac.id

Peserta SMMPTN Barat cukup mengecek kelulusan hasil seleksi di salah satu situs saja karena hasilnya dipastikan sama. 

Pengecekan kelulusan hasil seleksi SMMPTN Barat dapat diakses melalui laman resmi dan laman mirror yang telah disebutkan di atas.

Bagi peserta SMMPTN Barat yang memerlukan sedikit panduan dapat melakukan pengecekan kelulusan hasil seleksi, maka silakan baca informasinya di bawah ini. 

Tata Cara Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi SMMPTN Barat :
  1. Buka laman resmi di pengumuman.smmptnbarat.id atau di laman mirror PTN seperti di atas
  2. Masukkan nomor peserta pada kolom yang tersedia
  3. Lalu cek kelulusan anda
  4. Baca keterangan yang muncul, apakah anda dinyatakan lulus atau tidak

Itulah tata cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kelulusan hasil seleksi SMMPTN Barat. Jika ada perbedaan dengan tata cara saat ini, maka ikuti yang ada sekarang. Tata cara di atas diambil dari tata cara tahun sebelumnya.

Admin mengucapkan selamat kepada para peserta SMMPTN Barat yang dinyatakan lulus seleksi. Perjuangan kaliaan telah membuahkan hasil yang memuaskan. Sekali lagi selamat da segera lakukan pendaftaran ulang di kampus.

Untuk para peserta yang dinyatakan tidak lulus seleksi, maka arus bersabar dan tetap semangat. Silakan ikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka, atau bisa juga mendaftar kuliah di PTS ternama. Baca informasi lebi lanjut di bawah ini :

Demikian penyampaian artikel tentang Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi SMMPTN Barat. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih tela meluang waktu membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses. Jadilah mahasiswa yang berprestasi.