Pendaftaran PPDB Kota Tarakan 2024/2025

tarakan.siap-ppdb.com 2024 -- Pendaftaran PPDB Kota Tarakan Online, Pendaftaran Siswa Baru Kota Tarakan, Pendaftaran PPDB Online SD, SMP, SMA, SMK Kota Tarakan, Pendaftaran PPDB Kota Tarakan, Penerimaan Peserta Didik Baru Online Kota Tarakan. SIAP-PPDB.com, 2026. 2027.

Informasi yang akan admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran PPDB Kota Tarakan 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk calon siswa-siswi baru yang akan mendaftar sekolah pada tahun ini. Langsung saja kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Kota Tarakan adalah salah satu kota besar yang ada di Provinsi Kalimantan Utara. Perbatasan kota tarakan yaitu : sebelah utara berbatasan dengan pesisir pantai kecamatan pulau Bunyu, sebelah timur berbatasan dengan kecamatan pulau Bunyu dan laut sulawesi, sebelah selatan berbatasan dengan pesisir pantai kecamatan tanjung palas, dan sebelah barat berbatasan dengan pesisir pantai kecamatan sesayap.

Sebagai salah satu kota besar yang telah maju di Provinsi Kalimantan Utara. Kota Tarakan turut serta menjadi peserta SIAP-PPDB Online dalam proses penerimaan peserta didik baru.

SIAP-PPDB Online adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru (PSB), mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime).

Di dalam porta SIAP-PPDB Online, terdapat nama-nama kota / kabupaten yang terdaftar sebagai peserta SIAP PPDB Online. Salah satu kota yang terdaftar dalam SIAP-PPDB Online adalah Kota Tarakan yang sedang kita bahas ini.

tarakan.siap-ppdb.com adalah subdomain dari siap-ppdb.com. tarakan.siap-ppdb.com merupakan situs PPDB Kota Tarakan yang telah dirancang sedemikian rupa sebagai pengganti pusat informasi dan pengolahan seleksi data siswa peserta PPDB Kota Tarakan secara online real time process.

Calon siswa baru, orang tua, atau masyarakat yang ingin mengetahui informasi mengenai penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah yang ada di kota Tarakan, maka informasinya dapat diakses melalui alamat situs PPDB Kota Tarakan di alamat tarakan.siap-ppdb.com.

Seperti yang tertera pada situs tersebut, bahwa informasi yang bisa diperoleh yaitu Sekilas, Aturan, Jadwal, Lokasi, Alur, Daftar, Seleksi, Statistik, dan Pagu.

Disini admin tidak memberikan semua informasi tersebut, tetapi hanya bagian yang penting saja dan disertai dengan informasi penjelasan yang dibutuhkan.

Nah, langsung saja kita simak bersama informasi seputar Pendaftaran PPDB Kota Tarakan.

Sekilas Proses Pendaftaran PPDB Kota Tarakan Semua Jenjang
  1. Calon Peserta, Mendaftarkan Diri sebagai peserta & mencetak bukti pra-pendaftaran
  2. Calon Peserta, Menyerahkan Bukti Pendaftaran ke Loket terdekat
  3. Peserta, Pilih Sekolah yang diinginkan & mencetak bukti pendaftaran
  4. Peserta, Menyerahkan Data Tambahan ke Loket terdekat (jika diperlukan)
  5. Peserta, Memantau Hasil Seleksi secara online di situs PPDB Kota Tarakan

A. PPDB Kota Tarakan Tingkat SD

a. Jalur-jalur Pendaftaran PPDB SD

Ada beberapa jalur yang bisa dipilih oleh calon siswa baru. Silahkan pilih sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berikut jalur seleksinya:
  • Jalur Reguler Umum
  • Jalur Gakin
  • Jalur Luar Kota
  • Jalur Rayonisasi

b. Alur Pendaftaran SIAP PSB Online Tingkat SD
  1. Calon siswa mengambil formulir di meja panitia
  2. Calon siswa mengisi formulir pendaftaran
  3. Setelah itu menyerahkan formulir pendaftaran pada panitia
  4. Panitia menginput data calon siswa ke komputer dan mengumpulkan tanda bukti pendaftaran
  5. Panitia menyerahkan tanda bukti pendaftaran kepada calon siswa
  6. Calon siswa melihat hasil seleksi

c. Jadwal Pendaftaran
  • Jadwal pendaftaran dapat dilihat langsung di situs resmi PPDB Kota Tarakan

B. PPDB Kota Tarakan Tingkat SMP

a. Jalur-jalur Pendaftaran PPDB SMP

Ada beberapa jalur seleksi penerimaan peserta didik baru di Kota Tarakan untuk tingkat SMP, silahkan pilih salah satu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Jalur Reguler Umum
  • Jalur Gakin
  • Jalur Luar Kota
  • Jalur Rayonisasi
  • Jalur Prestasi

b. Alur Pendaftaran Langsung di Sekolah / Operator
  1. Calon siswa mengambil dan mengisi formulir pendaftaran
  2. Calon siswa menyerahkan berkas pendaftaran lalu operator menginput data tersebut.
  3. Calon siswa menerima tanda bukti pendaftaran
  4. Calon siswa melihat pengumuman hasil seleksi

c. Alur Pendaftaran Online
  1. Calon siswa mendaftar secara online dan mencetak tanda bukti pendaftaran. Pendaftaran online dimulai dengan membuka alamat tarakan.siap-ppdb.com --> memiliki jenjang pendidikan --> memilih jalur seleksi --> mengisi data pendaftaran di menu daftar --> mencetak bukti pendaftaran
  2. Menyerahkan tanda bukti pendaftaran ke operator, lalu operatod menginput data siswa
  3. Operator mencetak bukti pendaftaran dan menyerahkan kepada calon siswa
  4. Calon siswa memantau hasil seleksi

d. Jadwal Pendaftaran
  • Jadwal pendaftaran dapat dilihat langsung di situs resmi PPDB Kota Tarakan

Itulah sedikit informasi tentang Pendaftaran PPDB Kota Tarakan. Untuk informasi lain yang anda butuhkan akan diupdate kemudian atau bisa langsung baca di situs resmi PPDB Kota Tarakan. 

Catatan : Apabila ada perbedaan atau perubahan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi PPDB Kota Tarakan.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran PPDB Kota Tarakan. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat untuk pembaca semua khususnya calon siswa baru.

Silahkan berbagi informasi ini pada teman-teman lainnya yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.