Pendaftaran UTUL UGM 2024/2025 - Ujian Tulis Jenjang D3, D4, dan S1

um.ugm.ac.id 2024 -- Pendaftaran UTUL UGM 2024 -- Pendaftaran UM UGM, Pendaftaran Jalur Ujian Tulis UGM, Pendaftaran Jalur Mandiri UGM, Jalur UTUL Sarjana (S1) - Vokasi / Diploma (D3 / D4), Persyaratan Pendaftaran, Prosedur Pendaftaran, Dokumen Pendaftaran, Jadwal Pendaftaran, Biaya Pendaftaran, Cara Pendaftaran, Pilihan Prodi, Lokasi Ujian, dan Pengumuman. 2026. 2027.

Kali ini admin akan menyampaikan informasi mengenai Pendaftaran UTUL UGM 2024/2025 - Ujian Tulis Jenjang D3, D4, dan S1. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri masuk kuliah di UGM melalui jalur mandiri (UTUL). Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.


Universitas Gadjah Mada atau dikenal dengan nama UGM adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terfavorit di Indonesia. Lokasi UGM yang berada di Yogyakarta cukup terjangkau dari berbagai daerah di Indonesia.

Di setiap tahun ajaran barunya, sangat banyak sekali para lulusan SMA / MA / SMK yang berkeingianan melanjutkan pendidikan di UGM. Namun dalam penerimaan mahasiswa baru, tidak semua peserta yang mendaftarkan diri bisa langsung diterima. Peserta harus di seleksi sesuai dengan jalur seleksi yang diikutinya.

Calon peserta yang berprestasi selama di sekolah, maka bisa mengikuti jalur SNBP atau jalur tanpa tes lainnya yang dibuka oleh UGM, sedangkan calon peserta yang kemampuannya sedang-sedang saja, maka dapat megikuti seleksi jalur lainnya seperti SNBT.

Namun saat itu jalur SNBP dan SNBT telah berakhir. Kedua jalur telah usai dilaksanakan. Bagi peserta yang lulus melalui salah satu jalur tersebut, tentunya tinggal mendaftar ulang dan membayar biaya kuliah saja, tetapi untuk peserta yang dinyatakan tidak lulus melalui jalur di atas, maka perlu untuk mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka oleh UGM.

Sebagao solusi bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke UGM, maka dibukalah jalur mandiri UGM yang dikenal dengan nama jalur ujian tulis UGM atau UTUL UGM.

UTUL UGM merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh UGM untuk menyeleksi calon mahasiswa baru jenjang Diploma / Vokasi dan Sarjana, melalui ujian tertulis.

Calon mahasiswa jenjang Diploma / Sarjana harus bersunggung-sunggu dalam mengikuti seleksi jalur UTUL ini karena jalur ini merupakan jalur terakhir yang dibuka oleh UGM untuk menerima mahasiswa baru. Untuk itu, persiapkan diri sebaik mungkin ya.

Nah, untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri pada jalur UTUL UGM, maka bacalah informasi di bawah ini dengan baik.

Pendaftaran UTUL UGM Jenjang Diploma (D3, D4) dan Sarjana (S1)

A. Jalur UTUL

Jalur UTUL merupakan jalur seleksi masuk ke UGM yang ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma atau Sarjana di UGM. Pola seleksi yang digunakan adalah ujian tertulis.

Pada jalur ini, calon peserta dapat memilih 3 (tiga) program studi yang ada di Program Sarjana dan / atau Program Diploma.

Untuk bisa lulus, maka peserta harus mengikuti ujian, dan nilai ujian yang memenuhi kriteria kelulusan akan mengantarkan peserta lulus dan diterima menjadi mahasiswa baru UGM. 

1. Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pendaftar adalah lulusan SMA / SMK / MA, atau sederajat, atau paket C yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir. Hitung mundur 3 tahun kebelakang.
  3. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Persyaratan Khusus :

  1. Lulusan SMA / SMK / MA atau sederajat atau Paket C lulusan tahun kemaren dan kemarennya harus memiliki ijazah.
  2. Lulusan SMA / SMK / MA atau sederajat atau Paket C tahun ini minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap / stempel yang sah. Pada proses pendaftaran online, SKL belum diperlukan; tetapi pada saat mengikuti ujian tulis, peserta wajib membawa SKL.

2. Dokumen yang Diunggah
  1. Scan Ijazah (untuk lulusan kemaren dan kemarennya) atau Surat Keterangan Lulus / SKL (untuk lulusan tahun ini)
  2. Scan KTP / Kartu Keluarga
Catatan
  • Dokumen yang diunggal berformat .pdf
  • Dokumen yang diunggah berukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas.

3. Kelompok Ujian

Kelompok ujian jalur UTUL UGM terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:
  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran.

4. Lokasi Ujian

Lokasi Ujian Tulis (UTUL) UGM dilaksanakan di kota-kota berikut:
  • Jakarta, Pekanbaru, Medan, dan Yogyakarta
Khusus peserta yang memilih lokasi ujian di luar Yogyakarta, dikenakan biaya tambahan.

5. Prosedur Pendaftaran
  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur ujian tulis berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, dan Bank Syariah Mandiri (BSM).
  4. Mencetak Bukti Pendaftaran Online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
  5. Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing

Selain jalur UTUL ini, penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma UGM juga dibuka melalui jalur  PBUTM SV, jalur PBUK SV, jalur PBUSMAK SV, dan jalur PBUB SV yang kini telah ditutup. Informasinya telah disajikan pada artikel sebelumnya.

Sedangkan penerimaan mahasiswa baru pada jenjang Sarjana, selain jalur UTUL ini ada juga jalur SNMPTN dan SBMPTN, serta jalur Prestasi yang kini telah ditutup pendaftarannya. Informasinya juga telah disampaikan pada artikel sebelumnya.

B. Jalur Nilai UTUL

Jalur Nilai UTUL merupakan seleksi masuk ke Program Diploma / Sekolah Vokasi UGM dengan menggunakan pola pengolahan hasil Ujian Tulis (UTUL) UGM. Jalur ini ditujukan khusus bagi yang telah mengikuti UTUL UGM. Setiap calon peserta dapat memilih 2 (dua) program studi pada Program Diploma yang ada di UGM.

1. Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Pendaftar adalah lulusan SMA / SMK / MA, atau sederajat, atau paket C yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir. Hitung mundur 3 tahun kebelakang dari tahun ini.
  3. Peserta mengikuti Ujian Tulis UGM tahun ini kelompok ujian Saintek atau Soshum atau Campuran sampai tuntas.
  4. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Persyaratan Khusus : 
  1. Lulusan SMA / SMK / MA atau sederajat atau Paket C lulusan tahun ini minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap / stempel sekolah / penyelenggara yang sah
  2. Lulusan tahun kemaren dan sebelumnya, sudah harus memiliki ijazah

2. Prosedur Pendaftaran
  1. Calon peserta Login ke laman http://um.ugm.ac.id/admisi dengan menggunakan akun pendaftaran yang sama yang dipergunakan pada saat mendaftar UTUL
  2. Kemudian memilih intake / jalur SV gelombang 2 untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur nilai ujian tulis UGM berhak untuk memilih  2 (dua) program studi pada Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas
  3. Pilihan program studi harus sesuai kelompok seleksi, tetapi Program Studi tidak harus sama dengan pilihan program studi pada UTUL UGM
  4. Peserta memilih Program Studi sesuai pada kelompok UTUL UGM yang diikuti.
  5. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, dan Bank Syariah Mandiri (BSM)
  6. Mencetak Bukti Pendaftaran Online, melalui akun pendaftaran masing-masing
  7. Mencetak Kartu Peserta

3. Dokumen yang Diunggah
  • Kartu peserta UTUL UGM berformat .pdf

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UGM jalur UTUL untuk jenjang Diploma dan Sarjana. Untuk informasi lain yang diperlukan, maka dapat dilihat di website resmi UGM. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi. Informasi ini bersumber dari http://um.ugm.ac.id

Selanjutnya, kembali ke artikel sebelumnya (Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM) atau baca artikel terkait lainnya di blog ini.

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran UTUL UGM - Ujian Tulis Jenjang D3, D4, dan S1. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk calon mahasiswa UGM yang ingin mengikuti seleksi melalui jalur UTUL. Jangan lupa belajar agar bisa lulus seleksi. Cukup sekian dan semoga sukses.