Alur dan Tata Cara Pendaftaran UTBK - SNBT 2024/2025 Terbaru

Alur dan Tata Cara Pendaftaran SNBT 2024 -- Alur Pendaftaran SNBT, Prosedur Pendaftaran SNBT, Tata Cara Pendaftaran SNBT, Langkah-langkah Pendaftaran SNBT, Proses Pendaftaran SNBT, Petunjuk dan Panduan Pendaftaran SNBT, Alur Pendaftaran Calon Peserta SNBT. Urutan Kegiatan Pendaftaran SNBT untuk Calon Peserta. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Alur dan Tata Cara Pendaftaran UTBK - SNBT 2024/2025 Terbaru. Informasi ini ditujukan bagi peserta SNBT yang akan segera melakukan proses pendaftaran SNBT. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.


Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau yang kita kenal dengan nama SNBT adalah salah satu jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Dalam rangkaian proses pendaftaran SNBT yang akan dilakukan peserta, Alur dan Tata Cara Pendaftaran SNBT adalah salah satu hal yang harus diketahui dan dipahami agar proses pendaftaran SNBT dapat berjalan sesuai prosedur.

Semua peserta yang akan melakukan proses pendaftaran SNBT perlu untuk memahami terlebih dahulu seperti apa alur pendaftaran SNBT yang akan dilalui. Disini admin akan membantu calon peserta SNBT dalam melakukan proses pendaftaran SNBT.

Alur dan Tata Cara Pendaftaran SNBT yang harus diketahui dan dipahami oleh setiap calon peserta SNBT ada beberapa macam / tipe. Calon peserta harus mengetahui dan memahami alur tersebut agar tidak salah dalam memilih alur yang akan diikuti.

Berikut ini Alur dan Tata Cara Pendaftaran UTBK - SNBT Terbaru :

Secara umum tahapan pendaftaran UTBK-SNBT dirangkum sebagai berikut:

1. Registrasi Akun SNPMB

Registrasi akin SNPMB Wajib dilakukan oleh semua calon pendaftar UTBK-SNBT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id


2. Login Portal SNPMB dan Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT

Masuk ke Portal SNPMB menggunakan akun SNPMB

3. Melengkapi Biodata

Mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tunanetra dan/atau hambatan visual

4. Memilih Program Studi dan Mengunggah Portofolio

Mengunggah portofolio wajib bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan/atau Olahraga

5. Memilih Pusat UTBK

Memperoleh slip pembayaran biaya UTBK bagi peserta non pelamar KIP Kuliah

6. Melakukan Pembayaran

Lembaga dan mekanisme pembayaran akan diinformasikan lebih lanjut

7. Mengunduh Kartu Peserta UTBK-SNBT

Masuk ke Portal SNPMB dan memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT untuk unduh kartu peserta UTBK-SNBT


Penjelasan rinci mengenai hal-hal di atas setelah memiliki akun SNPMB dan sudah login akan diuraikan di bawah ini.

1. Melengkapi Biodata

Perhatikan petunjuk pengisian dalam melengkapi biodata, alur melengkapi biodata, dan alur bagi pendaftar UTBK-SNBT berkebutuhan khusus!

1.1. Petunjuk Pengisian Melengkapi Biodata

Perhatikan petunjuk pengisian dalam tahap melengkapi biodata, yaitu sebagai berikut :
  • Perhatikan dengan seksama data pribadi yang ada di borang ini dan pastikan data tersebut adalah benar.
  • Isikan formulir dengan data yang benar.
  • Tekan tombol Simpan dan Lanjutkan untuk menyimpan perubahan dan berpindah ke halaman selanjutnya.

1.2. Alur Melengkapi Biodata

1. Anda dapat melihat data pribadi yang telah Anda isikan. Mohon pastikan bahwa data pribadi Anda sudah benar.

Apabila Anda pemegang KIP Kuliah nonbayar biaya UTBK, maka Anda dapat melihat Nomor KIP Kuliah Anda dengan kotak bertulisan Terdaftar (Gratis biaya UTBK).

Apabila Anda pemegang KIP Kuliah bayar biaya UTBK, maka Anda dapat melihat Nomor KIP Kuliah Anda dengan kotak bertulisan Terdaftar (Bayar biaya UTBK).

Apabila Anda bukan pemegang KIP Kuliah, maka akan muncul kotak dengan tulisan Tidak terdaftar.

2. Selanjutnya, jika masih ada data yang kosong Anda harus melengkapinya, seperti data orang tua/wali.

3. Bagi pendaftar UTBK-SNBT yang tidak mempunyai kebutuhan khusus, seperti tuna netra/buta maupun tuna daksa/lumpuh, dapat mengosongkan form Kebutuhan Khusus dan jangan mencentang kedua pilihan tersebut.

4. Pastikan bahwa Anda telah mengisi seluruh data yang kosong, lalu klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

1.3. Alur Bagi Pendaftar UTBK-SNBT Kebutuhan Khusus

1. Bagi pendaftar UTBK-SNBT yang berkebutuhan khusus, seperti tuna netra/buta dan atau tuna daksa / lumpuh, harap memberi tanda centang (√) pada kotak yang tersedia.

Peringatan :
  • Bagi yang mempunyai disabilitas tuna netra/buta, pastikan Anda mencentang pilihan di bawah ini. Jika tidak mencentang, maka Anda akan ditempatkan di ruang ujian yang tidak ada fasilitas untuk disabilitas netra.
  • Bagi yang tidak memiliki tuna netra/buta, jangan mencentang pilihan di bawah ini. Jika Anda terbukti tidak memiliki tuna netra/buta, maka Anda tidak diperbolehkan mengikuti UTBK-SNBT

2. Setelah anda memberi tanda centang pada pilihan Tunanetra/buta maka selanjutnya akan muncul tampilan kotak konfirmasi untuk memastikan bahwa Anda adalah penyandang disabilitas tuna netra.

3. Bagi pendaftar UTBK-SNBT disabilitas netra/buta maka wajib mengunggah formulir SURAT KETERANGAN TUNA NETRA / BUTA sebagai bukti bahwa Anda penyandang disabilitas netra / buta.

4. Formulir SURAT KETERANGAN TUNANETRA/BUTA dapat didapatkan dengan menekan tombol Unggah Bukti Tunanetra kemudian menekan tombol Unduh formulir
  • Cetak formulir dan isikan dengan lengkap sesuai petunjuk di dalam formulir
  • Scan formulir yang telah diisi dan ditandangani oleh Kepala / Wakil Kepala Sekolah dan simpan berkas dengan format PDF dengan ukuran tidak lebih dari 300 KB.

5. Anda dapat mengunggah file PDF SURAT KETERANGAN TUNANETRA/BUTA yang telah diisi dan ditandangani oleh Kepala/Wakil Kepala Sekolah sesuai dengan poin nomor 4.

6. Apabila Anda ingin mengganti atau mengubah berkas, maka Anda dapat menekan tombol Ganti Bukti Tunanetra! dan Anda dapat mengunggah kembali file PDF yang benar.

7. Selanjutnya Anda dapat menekan tombol Simpan dan Lanjutkan untuk lanjut ke tahap berikutnya.

1.4. Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata

Perhatikan petunjuk pengisian konfirmasi akhir pengisian biodata dan alur konfirmasi akhir pengisian biodata!

a. Petunjuk Pengisian Konfirmasi Akhir Biodata

PERHATIAN!

Langkah ini merupakan konfirmasi akhir pengisian biodata pendaftar UTBK-SNBT yang telah diisi pada langkah sebelumnya. Pastikan bahwa seluruh data Anda, seperti data diri, data orang tua/wali, jumlah tanggungan, dan status disabilitas netra telah diisikan dengan benar karena data akan disimpan PERMANEN. Anda tidak dapat mengubah data yang telah disimpan permanen.

b. Alur Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata

1. Anda akan ditampilkan seluruh biodata yang telah terisi, seperti data diri, data orang tua/wali, jumlah tanggungan, dan status disabilitas netra. Mohon pastikan bahwa seluruh data yang Anda isi sudah benar.

2. Jika masih ada isian yang menurut Anda belum atau tidak sesuai, Anda dapat kembali ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol Kembali pada bagian bawah halaman ini untuk mengubah isian.

3. Jika Anda sudah yakin bahwa seluruh isian biodata pendaftar UTBK-SNBT benar, maka Centang Pernyataan pada bagian Simpan Permanen Biodata.

4. Tekan tombol Simpan Permanen Biodata, maka Anda akan mendapat tampilan kotak konfirmasi seperti pada gambar berikut sebagai Pengecekan Akhir untuk memastikan bahwa pengisian biodata telah diperiksa dengan benar dan selanjutnya tidak dapat diubah lagi.

5. Tekan tombol Ya, Simpan Permanen! maka seluruh isian dan biodata Anda sebagai pendaftar UTBK-SNBT tersimpan secara permanen

2. Memilih Program Studi

Perhatikan petunjuk pengisian dalam memilih program studi dan alur memilih program studi!

2.1. Petunjuk Pengisian Memilih Program Studi
  1. Anda dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  2. Pastikan Anda memeriksa persyaratan program studi yang Anda tuju dengan mengunjungi tautan yang tersedia setelah memilih PTN.
  3. Centang pernyataan kesanggupan untuk memenuhi kebutuhan Biaya Pendidikan (UKT).
  4. Jika Anda sudah yakin dengan pilihan Anda, tekan tombol Simpan.
  5. Tekan tombol Selanjutnya untuk berpindah ke halaman selanjutnya.

Perhatian!
  • Bagi pendaftar UTBK-SNBT pemegang KIP Kuliah, Anda tidak dapat memilih PTN maupun program studi yang berada di PTN dibawah Kementerian Agama (PTKIN).
  • Jika anda masih ingin memilih perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama (PTKIN), maka harus membatalkan kepesertaan KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

2.2. Alur Memilih Program Studi

1. Pilihlah PTN maupun Program Studi untuk Pilihan 1 yang telah tersedia dalam daftar pilihan. Pastikan bahwa Anda telah memilih Program Studi maupun PTN sesuai dengan ketentuan yang ada.

2. Pilihlah PTN maupun Program Studi untuk Pilihan 2 yang telah tersedia dalam daftar pilihan. Pastikan bahwa Anda telah memilih Program Studi maupun PTN sesuai dengan ketentuan yang ada.

3. Setelah Anda memilih PTN maupun Program Studi dari Pilihan 1 dan Pilihan 2, maka perhatikan apakah Program Studi yang Anda pilih mensyaratkan Anda untuk melengkapi portofolio atau tidak!
  • Bagi pendaftar UTBK-SNBT yang mendapatkan persyaratan untuk melengkapi portofolio dapat mengunggah portofolio Anda.
4. Centang Pernyataan ketersediaan Anda untuk memenuhi ketentuan Biaya Pendidikan (Uang Kuliah Tunggal) program studi yang ditetapkan oleh PTN pilihan Anda dan memastikan bahwa data yang Anda isikan sudah benar.

5. Jika Anda sudah yakin dengan PTN maupun program studi pilihan Anda, tekan tombol Simpan dan Lanjutkan.

3. Mengunggah Portofolio

Perhatikan petunjuk pengisian dalam mengunggah portofolio bagi pendaftar UTBK-SNBT yang memilih program studi dengan persyaratan portofolio.

3.1. Petunjuk Pengisian Mengunggah Portofolio

Perhatian !
  • Jika Anda memilih program studi yang mensyaratkan unggah portofolio, maka Anda dapat melihat alur bagi pendaftar UTBK-SNBT dengan Portofolio
  • Jika Anda memilih program studi yang tidak memerlukan syarat untuk mengunggah portofolio, maka Anda dapat melihat alur bagi pendaftar UTBK-SNBT non-Portofolio

3.2. Alur Bagi Pendaftar UTBK-SNBT dengan Portofolio

Pada langkah ini, Anda WAJIB untuk mengunggah portofolio sesuai dengan ketentuan dari masing-masing program studi dan PTN yang Anda pilih. Pilihlah portofolio yang akan Anda gunakan dengan memilih portofolio SNBP (bagi pendaftar UTBK-SNBT yang terdeteksi sebagai peserta SNBP) maupun portofolio dari SNBT.

Portofolio dari SNBP :
  1. Apabila Anda memilih untuk menggunakan portofolio yang pernah diunggah saat pendaftaran SNBP, maka Anda dapat menggunakan portofolio pada saat mendaftar SNBP sehingga tidak perlu mengunggah kembali portofolio Anda.
  2. Tekan tombol Lanjutkan apabila Anda sudah yakin untuk menggunakan portofolio dari SNBP.

Portofolio dari SNBT :
  1. Pilih Saya memilih portofolio SNBT lalu tekan tombol Pilih
  2. Setelah Anda memilih portofolio SNBT, maka Anda akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah dan Anda harus mengunggah portofolio dari komputer Anda.
  3. Klik tombol ↑ Unggah Berkas yang terletak di setiap jenis dokumen untuk mengunggah portofolio Anda, maka muncul kotak untuk mengunggah dokumen portofolio.
    • Anda dapat melihat Dokumen yang harus diunggah, Jenis berkas, dan ukuran berkas maksimum yang harus diunggah. Pastikan Anda telah membaca dengan seksama petunjuk yang ada!
  4. Tekan tulisan Klik untuk mengunggah atau seret dan lepas (drag and drop) berkas untuk mengunggah berkas portofolio Anda sesuai dengan petunjuk yang ada, lalu beri nama berkas Anda pada isian Judul dan klik tombol Simpan.
  5. Anda akan mendapatkan kotak berisikan pesan bahwa portofolio Anda telah berhasil diunggah
  6. Anda dapat melihat berkas portofolio yang telah diunggah, lalu klik tombol Pilih Pusat UTBK untuk lanjut ke langkah berikutnya, yaitu Memilih Pusat UTBK.

3.3. Alur Bagi Pendaftar UTBK-SNBT non-Portofolio

1. Bagi pendaftar UTBK-SNBT yang memilih program studi tanpa persyaratan untuk mengunggah portofolio

2. Anda dapat langsung menekan tombol Pilih Pusat UTBK untuk lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu Memilih Pusat UTBK

4. Memilih Pusat UTBK

Perhatikan petunjuk pengisian dalam memilih pusat UTBK dan alur memilih pusat UTBK!

4.1. Alur Memilih Pusat UTBK

1. Anda dapat melihat data diri Anda berupa Nama, Tempat & Tanggal Lahir, NISN, NPSN,Sekolah, Nomor KIP Kuliah, dan Status Kebutuhan Khusus.

2. Pada bagian bawah halaman Memilih Pusat UTBK, Anda dapat memilih Pusat UTBK melalui daftar pilihan yang tersedia.

3. Apabila pilihan lokasi Pusat UTBK Anda sudah sesuai dan benar, maka tekan tombol Simpan dan Lanjutkan.

4.2. Konfirmasi Akhir Pendaftaran UTBK

Perhatikan petunjuk pengisian konfirmasi akhir pendaftaran UTBK dan alur konfirmasi akhir pendaftaran UTBK!

4.3. Petunjuk Pengisian Konfirmasi Akhir Pendaftaran UTBK

PERHATIAN!
Langkah ini merupakan konfirmasi akhir pendaftaran UTBK-SNBT. Pastikan bahwa Pusat UTBK yang telah Anda pilih sudah benar karena data akan disimpan PERMANEN. Anda tidak dapat mengubah data yang telah disimpan permanen.

4.4. Alur Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata

1. Pada Konfirmasi Pusat UTBK, Anda dapat melihat informasi yang telah Anda isikan sebelumnya, yaitu Nama, Tempat & Tanggal Lahir, NISN, NPSN, Sekolah, Nomor KIP Kuliah (Bagi pendaftar pemegang KIP Kuliah), Status Kebutuhan Khusus, dan Pusat UTBK.

2. Apabila Pusat UTBK yang Anda inginkan masih belum sesuai, maka Anda dapat menekan tombol Ganti Pusat UTBK.

3. Apabila Pusat UTBK yang Anda pilih sudah sesuai dan benar, maka Anda dapat menekan tombol Simpan Permanen Pusat UTBK.

4. Anda akan mendapat tampilan kotak Konfirmasi Akhir untuk memastikan bahwa data yang telah Anda isikan sudah benar dan menginformasikan bahwa data pilihan prodi, portofolio, dan pusat UTBK tidak dapat diubah lagi untuk alasan apapun setelah Anda menekan tombol Ya, simpan permanen!.

5. Tekan tombol Ya, simpan permanen!, maka data pendaftaran Anda selaku pendaftar UTBK-SNBT akan tersimpan permanen.

6. Apabila pendaftaran UTBK-SNBT Anda berhasil, maka Anda akan mendapat tampilan keberhasilan.

4.5. Pembayaran Pendaftaran UTBK-SNBT

Perhatikan alur pembayaran dari pendaftaran UTBK-SNBT

# Pendaftar UTBK-SNBT KIP Kuliah

Bagi pendaftar UTBK-SNBT pemegang KIP Kuliah nonbayar TIDAK perlu membayar biaya pendaftaran UTBK-SNBT, sehingga Anda dapat langsung menekan tombol Ambil Kartu Peserta

# Pendaftar UTBK-SNBT Non-KIP Kuliah
  1. Tekan tombol Unduh Slip Bayar untuk mengunduh slip bayar untuk membayar biaya pendaftaran UTBK-SNBT
  2. Setelah Anda mengunduh slip bayar, maka Anda akan mendapat slip bayar seperti pada gambar berikut. Anda dimohon untuk segera membayarkan biaya pendaftaran UTBK-SNBT dalam jangka waktu yang telah ditentukan menggunakan kode pembayaran yang ada.

5. Unduh Kartu Tanda Peserta

Baik bagi pendaftar UTBK-SNBT pemegang KIP Kuliah maupun bukan pemegang KIP Kuliah, ikuti langkah berikut untuk unduh Kartu Tanda Peserta UTBK-SNBT :
  1. Anda dapat melihat pilihan program studi dan portofolio yang telah disimpan permanen sebelumnya tetapi Anda tidak dapat memilih kembali program studi.
  2. Anda dapat menyimpan kartu UTBK-SNBT untuk dibawa saat pelaksanaan ujian berlangsung dan daftar ulang SNBT.
  3. Pastikan bahwa Anda telah membaca dan memahami dengan seksama seluruh petunjuk yang tertera di kartu UTBK-SNBT

Itulah Alur dan Tata Cara Pendaftaran SNBT. Silahkan pahami alur dan tata cara pendaftaran tersebut.

Untuk mengetahui proses pendaftaran dari awal, kemudian proses seleksi, hingga pengumuman kelulusan, maka dapat ditemukan pada artikel berikut :

Untuk informasi lainnya yang anda butuhkan seputar SNBT dan KIP Kuliah dapat dibaca langsung pada artikel berikut :


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Alur dan Tata Cara Pendaftaran SNBT. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua terutama calon peserta SNBT.

Admin turut mendoakan semoga proses pendaftaran yang anda lakukan dapat berjalan lancar sesuai prosedur yang ada. Terima kasih telah membaca artikel ini, cukup sekian dan salam sukses selalu.

Mari turut berbagi atau share informasi ini pada teman-teman lainnya yang membutuhkan