Pendaftaran IAIN Ponorogo 2024/2025

iainponorogo.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Ponorogo, PMB IAIN Ponorogo, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Ponorogo, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Ponorogo, Pendaftaran Kuliah di IAIN Ponorogo, KIP Kuliah, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Ponorogo. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Ponorogo 2024/2025. Informasi ini disampaikan utamanya bagi calon mahasiswa yang berminat ingin mendafta di IAIN Ponorogo. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Ponorogo adalah salah satu IAIN yang ada di Indonesia yang beralamatkan di No.156 Kec. Siman, Jalan Pramuka, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.

Pada mula berdirinya merupakan Fakultas Syari'ah IAIN Sunan Ampel di Ponorogo, yang dialih statuskan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo. STAIN Ponorogo telah berdiri sejak tanggal 21 Maret 1997 M, yang bertepatan dengan tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H. Kemudian pada tahun 2016, berdasarkan Perpres 75 tahun 2016, STAIN Ponorogo resmi menjadi IAIN Ponorogo. 

Pada saat ini, IAIN Ponorogo telah memiliki beberapa jurusan yang terdiri dari program sudi seperti berikut ini :
  • Jurusan Syariah terdiri dari program studi : Ahwal Syakhshiyah, dan Muamalah
  • Jurusan Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari Program Studi PAI, Program Studi PBA, Program Studi PGMI, Program Studi TBI, Program Studi MPI, Program Studi PGRA, Program Studi Tadris IPA,  dan Program Studi Tadris IPS
  • Jurusan Ushuluddin, Adab dan Dakwah terdiri dari Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, dan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dari Prodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Manajemen Zakat dan Wakaf
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi : Ekonomi Syariah (ES), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Ahwal Syakhsiyyah (AS), Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Itulah daftar program studi yang ada di IAIN Ponorogo. Apabila ada salah satu program studi yang anda minati, maka silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Ponorogo.

Ketika anda berminat mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IAIN Ponorogo, maka anda perlu mengetahui dan memahami jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Ponorogo yang dibuka pada tahun ini.

1. Pendaftaran IAIN Ponorogo Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan untuk siswa-siswi berprestasi yang berminat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Salah satunya masuk ke IAIN Ponorogo.

Proses pendaftaran di awali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan Sekolahnya dan mendaftarkan siswa-siswi berprestasinya ke PDSS SPAN-PTKIN.

Setelah itu siswa-siswi melanjutkan pendaftaran mandiri dengan login SPAN-PTKIN ke span.ptkin.ac.id menggunakan username dan password dari Kepala Sekolah.

Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, mekanisme seleksi, persyaratan, daftar PTKIN, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

2. Pendaftaran IAIN Ponorogo Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia, salah satunya yaitu IAIN Ponorogo.

Proses pendaftaran UM-PTKIN diawali dengan cara calon peserta datang ke Bank BNI untuk membayar biaya pendaftaran. Setelah membayar akan mendpatkan userID dan PIN yang dapat digunakan untuk login pendaftaran ke alamat um.ptkin.ac.id

Untuk informasi berupa panduan pendaftaran, cara pengisian data, persyaratan, biaya pendaftaran, jadwal, daftar PTKIN, dan lain-lain dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online.

3. Pendaftaran IAIN Ponorogo Jalur Mandiri

Selain membuka jalur seleksi nasional (SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN), IAIN Ponorogo juga membuka jalur seleksi mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Penerimaan untuk jalur mandiri diperuntukkan bagi lulusan SMA, MA, SMA, MAK, dan Pesantren Mu'adalah untuk lulusan 5 tahun terakhir termasuk untuk lulusan tahun ini.

Jalur mandiri ini dikelola secara langsung oleh panitia dari IAIN Ponorogo. Jadi yang menentukan kelulusan untuk jalur mandiri adalah panitia IAIN Ponorogo dengan didasarkan pada hasil ujian tertulis peserta. Peserta yang memiliki nilai ujian tertulis tinggi maka memiliki peluang yang besar untuk bisa lulus seleksi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca di website resmi IAIN Ponorogo di alamat iainponorogo.ac.id

4. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Ponorogo

IAIN Ponorogo turut mambantu calon mahasiswa dari keluarga miskin untuk menempuh pendidikan dengan memberikan bantuan biaya pendidikan selama masa perkuliahan normal.

Mahasiswa akan diberi bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah dengan cara terlebih dahlu mendaftarkan diri pada panitia seleksi.

Informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Untuk informasi lebih lanjut maka dapat ditanyakan secara langsung pada panitia penyelenggara di kampus IAIN Ponorogo atau membaca di website resminya di alamat iainponorogo.ac.id


5. Pendaftaran Program Pascasarjana IAIN Ponorogo

Untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana, IAIN Ponorogo telah memiliki program studi jenjang Pascasarjana seperti yang telah disebutkan di atas yang dapat anda pilih ketika mendaftarkan diri.

Informasi pendaftaran selengkapnya dapat anda baca secara langsung di alamat website resmi Pascasarjana IAIN Ponorogo : pasca.iainponorogo.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Ponorogo yang dapat anda pilih ketika ingin mendaftarkan diri. Silahkan ikuti jalur seleksi sesuai keinginan dan kemampuan anda.

Demikian informasi mengenai Pendaftaran IAIN Ponorogo yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua. Silahkan share info ini pada teman anda lainnya. Cukup sekian dan terima kasih. Sampai jumpa kembali.