Pendaftaran IAIN Kerinci 2024/2025

www.iainkerinci.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Kerinci, PMB IAIN Kerinci, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kerinci, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Kerinci, Pendaftaran Kuliah IAIN Kerinci, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Kerinci. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Kerinci 2024/2025. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru di IAIN Kerinci. Mari ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Kerinci adalah salah satu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang ada di Jambi yang terletak di Jl. Pelita IV, Sungai Penuh, Kerinci, Kota Jambi, Prov. Jambi, Indonesia.

IAIN Kerinci telah didirikan dengan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 yang bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H.

Sebelum berstatus sebagai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, sebelumnya berstatus sebagai Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kerinci. Perubahan dari STAIN Kerinci menjadi IAIN kerinci dilakukan pada tahun 2018

Pada saat ini, IAIN Kerinci telah memiliki banyak program studi seperti berikut ini :
  • Tadris Matematika
  • Tadris Biologi
  • Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
  • Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
  • Pendidikan Agama Islam
  • Manajemen Pendidikan Islam
  • Pendidikan Bahasa Arab
  • Perbankan Syariah
  • Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
  • Ilmu al-Quran dan Tafsir
  • Ekonomi Syariah
  • Manajemen Dakwah
  • Tadris Bahasa Inggris

Dari sejumlah program studi yang ada di IAIN Kerinci tersebut, mungkin saja ada salah satu program studi yang telah lama anda inginkan. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru  IAIN Kerinci dan pilih program studi tersebut.

Pada saat anda ingin melakukan pendaftaran di IAIN Kerinci, maka sebelum itu anda perlu mengetahui dan memahami beberapa jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Kerinci pada tahun ini.

Langsung saja admin akan sampaikan informasi penting tersebut untuk anda. Perhatikanlah dengan baik infomasinya berikut ini.

1. Pendaftaran IAIN Kerinci Jalur SPAN-PTKIN

IAIN Kerinci merupakan salah satu PTKIN yang turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan jalur seleksi SPAN-PTKIN.

Kita ketahui bahwa jalur SPAN-PTKIN ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi. Maka dari itu, untuk siswa-siswi berprestasi yang ingin kuliah di PTKIN, silahkan mengikuti jalur SPAN-PTKIN.

Pengajuan pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah dengan mengisi data pendaftaran di PDSS SPAN-PTKIN. Selanjutnya siswa-siswi akan mendapatkan username dan password untuk login pendaftaran SPAN-PTKIN ke alamat span.ptkin.ac.id

Panduan pendaftaran, persyaratan, jadwal, mekanisme seleksi, daftar PTKIN dan prodi, serta keterangan penting lainnya dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

2. Pendaftaran IAIN Kerinci Jalur UM-PTKIN

Jalur berikutnya setelah SPAN-PTKIN yang diikuti oleh IAIN Kerinci yaitu jalur UM-PTKIN. Jalur UM-PTKIN merupakan jalur seleksi ujian tertulis untuk masuk ke PTKIN di Indonesia. Salah satunya IAIN Kerinci.

Pengajuan pendaftaran UM-PTKIN dimulai oleh calon peserta yang datang ke Bank BNI untuk membayar biaya pendaftaran. Setelah membayar akan mendapatkan UserID dan password untuk login pendaftaran ke um.ptkin.ac.id

Tata cara pengisian data, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTKIN dan prodi, persyaratan pendaftaran, dan lain-lain dapat anda baca secara lengkap dengan membaca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

3. Pendaftaran IAIN Kerinci Jalur Mandiri

Selain turut serta dalam jalur seleksi nasional di atas, IAIN Kerinci juga membuka jalur terakhir untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana, yaitu jalur seleksi mandiri.

Tidak seperti jalur nasional yang dikelola oleh panitia pusat, jalur mandiri ini dikelola secara langsung oleh panitia PMB dari IAIN Kerinci.

Berikut adalah alur pendaftaran jalur mandiri IAIN Kerinci :
  1. Calon peserta membayar biaya pendaftaran di BRI
  2. Calon peserta menyerahkan bukti pembayaran ke kampus lalu mendapatkan nomor pendaftaran
  3. Login ke alamat iainkerinci.ac.id menggunakan nomor pendaftaran dengan klik menu "pendaftaran"
  4. Mengisi biodata pribadi, pilihan prodi, lokasi ujian, dan data lain yang diperlukan.
  5. Cetak kartu pendaftaran
  6. Validasi kartu pendaftaran melalui bagian Akademik.
  7. Mengikuti ujian tertulis dan lisan sesuai jadwal
  8. Melihat pengumuman di website iainkerinci.ac.id
  9. Bagi yang lulus :
    • Membayar biaya UKT di BRI
    • Pemberkasan, melengkap persyaratan, dan diserahkan ke panitia PMB
Untuk informasi lainnya yang anda butuhkan dapat anda baca secara langsung melalui alamat iainkerinci.ac.id

4. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Kerinci

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana, IAIN Kerinci telah memiliki jenjang Pascasarjana. Jika anda berminat, silahkan daftarkan diri anda.

Pendaftaran Pascasarjana IAIN Kerinci dilakukan dengan alur yang sama dengan alur pendaftaran jalur mandiri S1 IAIN Kerinci. Untuk itu, silahkan lihat kembali di atas untuk alur pendaftarannya. Informasi lainnya dapat anda baca di alamat iainkerinci.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Kerinci. Silahkan anda ikuti jalur seleksi yang anda inginkan dengan mengutamakan peluang kelulusan terbesar.


Demikian info tentang Pendaftaran IAIN Kerinci. Mudah-mudahan apa yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda yang membutuhkan.

Mari ajak teman-teman anda atau kerabat anda untuk membaca informasi di web ini. Jangan lupa untuk like halaman web kami. Terima kasih dan silahkan lanjutkan membaca kembali.