Pendaftaran IAIN Curup 2024/2025

iaincurup 2024 -- Pendaftaran IAIN Curup, PMB IAIN Curup, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Curup, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Curup, Pendaftaran Kuliah IAIN Curup, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Curup. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Curup 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke IAIN Curup. Mari ikuti pembahasan informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Curup adalah salah satu IAIN yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Dr. AK Gani No. 01, Curup, Bengkulu, Indonesia.

Sebelum berstatus sebagai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, status sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup. Perubahan status dari STAIN Curup ke IAIN Curup didasarkan pada Peraturan Presiden Republik Indonesia yang ditandatangai oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, Nomor 24 Tahun 2018 tentang “Institut Agama Islam Negeri Curup” pada 5 April 2018. Dengan demikian, STAIN Curup telah resmi menjadi IAIN Curup.

Saat ini IAIN Curup telah memiliki beberapa progam studi seperti berikut ini :
  • Pendidikan Agama Islam
  • Tadris Bahasa Inggris
  • Pendidiikan Bahasa Arab
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Komunikasi Penyiaran Islam
  • Ahwal al-Syakhsiyyah
  • Perbankan Syariah
  • Manajemen Pendidikan Islam
  • Hukum Tata Negara Islam
  • Ilmu Al-Quran dan Tafsir
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • Bimbingan Penyuluhan Islam
  • Tadris Matematika
  • Tadris Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • Ekonomi Syariah
  • Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

Dari sejumlah program studi yang ada di IAIN Curup tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di IAIN Curup.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IAIN Curup, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibukanya.

Pada tahun ini, IAIN Curup telah membuka beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yaitu jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, dan jalur Bidikmisi. Berikut penjelasan dari masing-masing jalur tersebut.

1. Pendaftaran IAIN Curup Jalur SPAN-PTKIN

IAIN Curup merupakan IAIN yang turut membuka jalur SPAN-PTKIN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Perlu diketahui bahwa jalur SPAN-PTKIN ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi saja. Jadi tidak semua siswa lulusan sekolah tahun ini dapat mendaftar SPAN-PTKIN.

Untuk bisa mendaftar SPAN-PTKIN, maka siswa harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolahnya. Kepala Sekolah mendaftarkan siswa-siswinya ke PDSS SPAN-PTKIN, dan setelah didaftarkan masing-masing siswa akan mendapatkan username dan password untuk login pendaftaran SPAN-PTKIN ke span.ptkin.ac.id

Panduan pengisian data pendaftaran, jadwal pelaksanaan, mekanisme seleksi, daftar PTKIN, dan lain sebagainya dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran IAIN Curup Jalur UM-PTKIN

IAIN Curup juga turut berpartisipasi dalam jalur seleksi UM-PTKIN yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Dalam artian bahwa IAIN Curup membuka jalur UM-PTKIN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Calon mahasiwa yang ingin mendaftar UM-PTKIN terlebih dahulu harus membayar biaya pendaftaran di BNI. Setelah membayar, selanjutnya akan mendapatkan userID dan password untuk login pendaftaran ke um.ptkin.ac.id

Selanjutnya baca : Cara Pendaftaran UM-PTKIN

Informasi lebih lanjut mengenai biaya pendaftaran, cara pengisian data, persyaratan, jadwal, daftar PTKIN, dan informasi penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran IAIN Curup Jalur Mandiri

Selain membuka jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru, IAIN Curup juga membuka jalur seleksi mandiri.

Jalur seleksi mandiri ini diselenggarakan secara langsung oleh IAIN Curup untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin masuk ke IAIN Curup yang nama seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Menyerahkan 2 lembar foto copy STTB SLTA dan NEM yang telah di legalisir
  2. Foto copy Ijazah, D2 dan D3 yang dilegalisir (Khusus yang mengikuti program Konversi D2 dan D3 ke S1)
  3. Pas foto warna terbaru (3×4 dan 2×3 masing-masing satu lembar) dan file foto ukuran maksimal 2 Mb
  4. Map Snelhecter Plastik (satu buah)

Teknis Pendaftaran
  1. Pendaftar membayar biaya pendaftaran ke bank BRI terdekat, atau datang ke kampus IAIN Curup dan membayar uang pendaftaran ke kantor kas BRI IAIN Curup
  2. Membawa bukti setor bank ke panitia penerimaan untuk mengambil token (user dan password) untuk login ke spmb.iaincurup.ac.id
  3. Mengisi biodata dan upload pas foto terbaru di spmb.iaincurup.ac.id dan mencetak kartu ujian.

Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca secara langsung di alamat web resmi IAIN Curup di spmb.iaincurup.ac.id

4. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Curup

Bagi kalian yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di IAIN Curup, maka dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti prosedur dan jadwal yang telah ditetapkan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca di website resmi di alamat http://www.iaincurup.ac.id/tag/pascasarjana/

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran IAIN Curup yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat untuk anda semua.

Jangan lupa untuk like halaman web kami dan berbagi informasi ini pada teman-teman lainnya. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses untuk semua.