Pendaftaran STAIN Bengkalis 2024/2025

staibengkalis.ac.id 2024 -- Pendaftaran STAIN Bengkalis, PMB STAIN Bengkalis, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Bengkalis, Pendaftaran Mahasiswa Baru STAIN Bengkalis, Pendaftaran Kuliah STAIN Bengkalis, Pendaftaran KIP kuliah, Jalur PBUD, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana STAIN Bengkalis. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran STAIN Bengkalis 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagau calon mahasiswa baru STAIN Bengkalis

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

STAIN Bengkalis merupakan salah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri yang ada di Indonesia dimana STAIN Bengkalis ini terletak di Jl. Lembaga, Desa Senggoro, Kec. Bengkalis, Riau, Indonesia.

Pada saat ini STAIN Bengkalis telah memiliki beberapa jurusan dan program studi seperti berikut:
  • Jurusan Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi Tarbiyah Bahasa Inggris (TBI), Prodi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA), dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  • Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam terdiri dari Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah), Prodi Ekonomi Syariah
  • Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam terdiri dari Prodi Manajemen Dakwah (MD)

Itulah beberapa Jurusan dan Program Studi yang ada di STAIN Bengkalis yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru STAIN Bengkalis.

Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh STAIN Bengkalis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. 

Langsung saja kita bahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru STAIN Bengkalis. Berikut informasinya untuk anda.

1. Pendaftaran STAIN Bengkalis Jalur PBUD

Jalur PBUD atau jalur Penjaringan Bibit Unggul Daerah adalah jalur seleksi untuk siswa-siswi yang berprestasi tau termasuk dalam Rangking 10 Besar Sekolah.

Jalur PBUD ini dibuka hampir bersamaan dengan jalur prestasi tanpa tes lainnya yaitu jalur SPAN-PTKIN. Silahkan anda ikuti jalur PBUD ini atau jalur SPAN-PTKIN. Jika dilihat dari segi persaingan, maka jalur SPAN-PTKIN lebih ketat pesaingannya karena dilaksanakan secara nasional.

Bagi yang ingin mendaftar Jalur PBUD, maka harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditetapkan oleh panitia seperti berikut ini

Syarat Pendaftaran Jalur PBUD
  1. Masuk pada kategori Rangking 10 Besar Sekolah
  2. Melampirkan surat rekomendasi sekolah
  3. Foto copy rapor kelas II dan III yang dilegasir
  4. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  5. Mengisi formulir yang dapat diambil dari web : www.staibengkalis.ac.id
  6. Photo 3x4 4 Lembar 2x3 2 Lembar
  7. Sertifikat / surat keterangan prestasi (Jika ada)
  8. Formulir dan lampiran dikirim secara kolektif oleh pihak sekolah dengan menggunakan surat pengantar dari kepala sekolah dan langsung diantar kepanitia penerimaan mahasiswa baru jalur PBUD Kampus STAIN Bengkalis Jl. Lembaga – Desa Senggoro Bengkalis

Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca si alamat website resmi STAIN Bengkalis di alamat : www.staibengkalis.ac.id

2. Pendaftaran STAIN Bengkalis Jalur SPAN-PTKIN

STAIN Bengkalis membuka jalur seleksi SPAN-PTKIN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur SPAN-PTKIN ini merupakan jalur seleksi yang dibuka hampir bersamaan dengan jalur PBUD yang juga sama-sama jalur undangan tanpa tes yang dibuka dan hanya diperuntukkan bagi siswa berprestasi.

Hanya saja jalur PBUD di atas dilaksanakan secara lokal oleh STAIN Bengkalis sebagai panitia, sedangkan SPAN-PTKIN dilaksanakan secara nasional oleh Pemerintah.

Bagi yang ingin mendaftar jalur SPAN-PTKIN, maka harus mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dri Kepala Sekolah. Kepala Sekolah merekomendasikan siswa-siswinya ke PDSS SPAN-PTKIN Sekolah. Setelah itu, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran dengan login SPAN-PTKIN ke span.ptkin.ac.id menggunkan username dan password yang telah diberikan oleh Kepala Sekolah.

Informasi lebih lanjut dapat anda baca secara lengkap pada artikel berikut : Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

3. Pendaftaran STAIN Bengkalis Jalur UM-PTKIN

STAIN Bengkalis juga membuka jalur UM-PTKIN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke STAIN Bengkalis

Jalur ini merupakan jalur tertulis nasional yang diselenggarakan secara nasional yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Untuk bisa mendaftar jalur UM-PTKIN, maka terlebih dahulu harus membayar biaya pendaftaran di BNI baru kemudian melakukan pendaftaran ke um.ptkin.ac.id dengan menggunakan userID dan password yang didapatkan dari Bank.

Informasi lebih lanjut dapat anda secara lengsung pada artikel berikut : Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online

4. Pendaftaran STAIN Bengkalis Jalur Mandiri

Selanjutnya STAIN Bengkalis jug membuka jalur seleksi mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis lokal. Jalur mandiri STAIN Bengkalis dikenal dengan sebutan Penerimaan Masuk Mandiri (PMM) STAIN Bengkalis.

Jalur PMM STAIN Bengkalis merupakan jalur terakhir yang dibuka oleh STAIN Bengkalis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Maka dari itu, anda harus bisa lulus seleksi untuk bisa masuk ke STAIN Bengkalis.

Salah satu cara untuk bisa lulus seleksi jalur mandiri yaitu belajar dengan sungguh-sungguh dengan mempelajari materi-materi pelajaran yang akan diujikan.

Bagi yang berminat mengikuti jalur mandiri, silahkan daftarkan diri anda dengan terlebih dahulu membaca informasinya di staibengkalis.ac.id

Setelah memahami informasi yang diberikan disana, selanjutnya melakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

5. Pendaftaran KIP Kuliah STAIN Bengkalis

STAIN Bengkalis juga turut memberikan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga mampu dimana bantuan tersebut dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Silahkan baca informasi lengkap mengenai KIP Kuliah pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Untuk informasi lebih lanjut yang anda butuhkan dapat anda baca secara lengkap pada alamat web : staibengkalis.ac.id



Demikian informasi tentang Pendaftaran STAIN Bengkalis. Mudah-mudahan setelah membaca informasi ini anda mendapatkan tambahan informasi yang anda butuhkan.

Mari bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Jangan lupa pula untuk like halaman web kami. Terima kasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa kembali.