Pendaftaran IAIN Palopo 2024/2025

www.iainpalopo.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Palopo, PMB IAIN Palopo, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Palopo, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Palopo, Pendaftaran Kuliah di IAIN Palopo, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Palopo. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran IAIN Palopo 2024/2025. Informasi ini utamanya ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri ke kampus IAIN Palopo. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Palopo merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Sulawesi Selatan, tepatnya terletak di Balandai, Bara, Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Pendirian IAIN Palopo didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 yang bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H. 

Sebelum menjadi IAIN Palopo, sebelumnya adalah STAIN Palopo yang perubahan statusnya menjadi IAIN terjadi pada 14 Oktober 2014 dan diresmikan pada 23 Mei 2015.

Pada saat ini IAIN Palopo telah memiliki Fakultas yang terdiri dari banyak program studi, yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Ushuluddin dan Dakwah terdiri dari Program Studi : Ilmu Alquran dan Tafsir, Sosial Agama, Bimbingan dan Konseling Islam, dan Komunikasi Penyiaran Islam.
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terdiri dari Program Studi : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudatul Athfal, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Ingris, Tadris Matematika, dan Manajemen Pendidikan Islam.
  • Fakultas Syariah terdiri dari Program Studi : Hukum Keluarga (Akhwal Syaksiyyah), Hukum Tata Negara, dan Hukum Ekonomi Syariah.
  • Fakultas Ekonomi Bisnis Islam terdiri dari Program Studi : Ekonomi Syariah, dan Perbankan Syariah.

Dari beberapa program studi yang ada di IAIN Palopo, mungkin salah satunya ada yang anda minati sejak dulu. Maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Palopo pada tahun ini.

Pada saat anda berkeinginan kuliah di IAIN Palopo, maka anda harus mengetahui beberapa hal berikut sebelum melakukan pendaftaran, yaitu menentukan pilihan program studi, memilih jalur seleksi, dan lain sebagainya.

Disini admin akan memberikan informasi mengenai daftar program studi dan jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Palopo. Untuk daftar program studi telah diberikan di atas, selanjutnya akan disampaikan informasi tentang jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Palopo. Simaklah informasinya berikut ini.

1. Pendaftaran IAIN Palopo Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN dikenal dengan sebutan jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini dan berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia.

Bagi yang berminat mendaftar SPAN-PTKIN, maka harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi data pendaftaran di PDSS SPAN-PTKIN.

Setelah direkomendasikan, peserta dapat melanjutkan pendaftaran menggunakan username dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran SPAN-PTKIN ke span.ptkin.ac.id. Lengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk panduan pendaftaran, persyaratan, jadwal, kriteria penerimaan, mekanisme seleksi, daftar PTKIN se-Indonesia, dan hal penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran IAIN Palopo Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN dikenal dengan sebutan jalur ujian tertulis nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia.

Alur UM-PTKIN : Bagi yang ingin mendaftar jalur UM-PTKIN, maka diawali dengan membayar biaya pendaftaran di BNI untuk mendapatkan UserID dan password yang dapat digunakan untuk login ke um.ptkin.ac.id. Setelah login, lengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta UM-PTKIN.

Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanan, persyaratan pendaftaran, daftar PTKIN, dan informasi penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN.

3. Pendaftaran IAIN Palopo Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi ujian tertulis yang diselenggarakan oleh IAIN Palopo untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Bagi yang sebelumnya telah mengikuti jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti jalur mandiri ini. Persiapkan diri anda lebih baik dari sebelumnya agar bisa lulus seleksi jalur mandiri.

Informasi lebih lanjut tentang jalur mandiri dapat anda baca melalui alamat web : www.iainpalopo.ac.id


4. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Palopo

IAIN Palopo juga melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat untuk mendaftar, silahkan daftarkan diri anda. Untuk informasi lebih lanjut baca di www.iainpalopo.ac.id atau tanyakan langsung di kampus IAIN Palopo.

Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Palopo pada tahun ini. Silahkan anda pilih salah satu jalur seleksi yang anda inginkan dengan mengutamakan peluang kelulusan yang paling besar.


Demikian informasi tentang Pendaftaran IAIN Palopo. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan bagi anda 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus melalui jalur seleksi yang anda ikuti dan nantinya bisa menuntut ilmu di IAIN Palopo. Jangan lupa like halaman web kami. Cukup sekian dan terima kasih.