Pendaftaran IAIN Kendari 2024/2025

iainkendari.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Kendari, PMB IAIN Kendari, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kendari, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Kendari, Pendaftaran Kuliah di IAIN Kendari, KIP Kuliah, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Kendari. 2026. 2027.

Kali ini admin akan membagikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Kendari 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran secara calon mahasiswa baru IAIN Kendari. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Kendari adalah salah satu IAIN yang ada di Indonesia yang ada di Sulawesi Tenggara tepatnya terletak di Jl. Sultan Qaimuddin No.17, Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Pada saat ini IAIN Kedari telah memiliki beberapa program studi seperti berikut ini
Tadris Fisika, Tadris Biologi, Tadris IPA, Tadris Matematika, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Hukum Keluarga (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Ekonomi Syariah, Pendidikan Guru Raudhatul Atfal, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Hukum Tata Negara, Perbankan Syariah, Manajemen Dakwah, Tadris Bahasa Inggris
Itulah beberapa Program Studi yang ada di  IAIN Kendari yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru IAIN Kendari dengan mengikuti jalur seleksi masuk IAIN Kendari, yaitu jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, serta PMB Pascasarjana IAIN Kendari.

Langsung saja kita bahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru IAIN Kendari yang telah disebutkan di atas. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pendaftaran IAIN Kendari Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional yang seleksinya dilakukan dengan dasar prestasi-prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Pengajuan pendaftaran SPAN-PTKIN dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswi berprestasinya ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah direkomendasikan, masing-masing siswa akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran SPAN-PTKIN ke span.ptkin.ac.id

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan Prodi, kriteria penerimaan, mekanisme seleksi, daftar PTKIN, dan informasi penting lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

2. Pendaftaran IAIN Kendari Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke PTKIN di Indonesia, salah satunya masuk ke IAIN Kendari.

Calon peserta yang ingin mendaftar terlebih dahulu harus diawali dengan membayar biaya pendaftaran di BNI. Setelah membayar akan mendapatkan userID dan password yang digunakan untuk login pendaftaran UM-PTKIN ke alamat um.ptkin.ac.id. Setelah login, silahkan isi biodata pendaftaran secara lengkap hingga mencetak kartu peserta.

Selengkapnya Baca : Cara Pendaftaran UM-PTKIN

Panduan pengisian data pendaftaran, biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan Prodi, daftar PTKIN, dan keterangan lain yang dibuuthkan dapat anda baca secara lengkap pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online.

3.  Pendaftaran IAIN Kendari Jalur Mandiri

Selain membuka jalur nasional, IAIN Kendari juga membuka jalur mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Seleksi jalur mandiri dilakukan melalui ujian tertulis yang diperuntukkan bagi semua peserta.

Bagi peserta yang ingin lulus jalur mandiri, maka harus memperoleh hasil ujian tertulis yang tinggi. Jika nilai ujian tertulisnya tinggi, maka memiliki peluang yang besar untuk dinyatakan lulus.

Untuk informasi pendaftaran jalur mandiri, lebih lanjut dapat anda baca di alamat website resmi IAIN Kendari pada alamat iainkendari.ac.id

4. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Kendari

KIP Kuliah merupakan salah satu cara untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan kuliah karena dengan KIP Kuliah calon mahasiswa akan ditanggung biaya pendidikannya.

Informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Untuk informasi lebih lanjut, maka dapat ditanyakan langsung di kampus IAIN Kendari pada bagian Kemahasiswaan atau membaca informasinya terlebih dahulu di web IAIN Kendari di alamat iainkendari.ac.id
5. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Kendari

IAIN Kendari juga melakukan penerimaan untuk mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin mendaftar jenjang Pascasarjana, silahkan mendaftar saja di IAIN Kendari. Informasi lebih lanjut silahkan tanyakan langsung pada panitia PMB Pascasarjana atau membaca di alamat web : pps.iainkendari.ac.id
Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran IAIN Kendari yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke IAIN Kendari dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru IAIN Kendari. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk like halaman web kami dan membagikan informasi ini pada teman lainnya.