Pendaftaran UIN Imam Bonjol 2018/2019

uinib.ac.id 2018 -- Pendaftaran UIN Imam Bonjol Padang, Pendaftaran Online UIN Imam Bonjol, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Imam Bonjol, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Imam Bonjol, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SPMB Mandiri, Penerimaan Pascasarjana UIN Imam Bonjol. 2020. 2021.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UIN Imam Bonjol 2018/2019. Dengan dberikannya informasi ini, semoga bisa memberikan panduan bagi anda dalam melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru  UIN Imam Bonjol. Mari simak ulasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UIN Imam Bonjol adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang di Padang tepatnya terletak di Jl. Jend Sudirman, No. 15, Sumatera Barat, Indonesia.
Baca juga : Pendaftaran UMSB - UMSumBar
UIN Imam Bonjol sebelumnya berstatus sebagai IAIN Imam Bonjol. Perubahan status tersebut didasarkan pada Perpres No. 35 / 2017.

UIN Imam Bonjol Padang telah resmi didiri pada 29 November 1966, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI No. 77/1966 tertanggal 21 November 1966.

Pada saat ini, UIN Imam Bonjol telah memiliki beberapa fakultas dan program studi seperti berikut ini :

Fakultas Adab dan Humaniora
  • Bahasa dan Sastra Arab (S1), Sejarah dan Kebudayaan Islam (S1), Jurusan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (Diploma III)
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam (S1), Bimbingan Konseling Islam (S1), Manajemen Dakwah (S1), Pengembangan Masyarakat Islam/  Islamic Community Development (S1)
Fakultas Syari'ah
  • Al-Ahwal asy-Syakhshiyyah (Hukum Keluarga, S1), Perbandingan Mazhab dan Hukum (S1), Jinayah dan Siyasah (Pidana dan Politik Islam, S1)
Fakultadan Tarbiyah dan Keguruan
  • Pendidikan Agama Islam (S1), Pendidikan Bahasa Arab (S1), Manajemen Pendidikan Islam (S1), Tadris Bahasa Inggris (S1), Tadris Matematika (S1), Tadris IPA/konsentrasi Fisika (S1), Tadris IPS/konsentrasi Sejarah (S1), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Fakultas Ushuluddin
  • Aqidah dan Filsafat (S1), Tafsir Hadits (S1), Program Khusus Tafsir Hadits (S1), Perbandingan Agama (S1), Psikologi Islam (S1)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Mu’amalah (Bisnis Islam, S1), Ekonomi Islam (S1), Managemen dan Perbankan Syari’ah (MPS, Program Diploma III)
Program Magister (S2)
  • Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadits, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Hukum Keluarga (Ahwal Syahsiyyah), Ekonomi Syari’ah
Program Doktor (S3)
  • Prodi Pendidikan Islam, dan Prodi Hukum Islam

Itulah daftar program studi yang ada di kampus UIN Imam Bonjol. Dari sejumlah program studi yang ada tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UIN Imam Bonjol dan pilih program studi tersebut.

Bagi anda yang ingin kuliah di UIN Imam Bonjol, maka anda harus mengetahui jalur-jalur seleksi apa saja yang dibuka oleh UIN Imam Bonjol untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Berikut informasinya.

1. Pendaftaran UIN Imam Bonjol Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional yang merupakan salah satu jalur seleksi masuk ke UIN Imam Bonjol.

Jalur ini hanya diiperuntukkan bagi siswa-sisiwi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini dan berkeinginan untuk kuliiah di PTKIN seperti UIN, IAIN, atau STAIN. Salah satunya UIN Imam Bonjol.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Sebelum melakukan pendaftaran, calon peserta harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk memperoleh username dan password. Kepala Sekolah mendaftarkan siswanya ke PDSS SPAN-PTKIN. Kemudian siswa melakukan login pendaftaran SPAN-PTKIN ke alamat di atas.

Informasi penting lainnya mengenai SPAN-PTKIN dapat anda baca pada artikel tersendiri yang membahas secara lengkap tentang SPAN-PTKIN. Silahkan kunjungi Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran UIN Imam Bonjol Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN. Salah satunya masuk UIN Imam Bonjol.

Calon peserta yang ingin mendaftar terlebih dahulu harus membayar biaya pendaftaran ke Bank untuk mendapatkan username dan password. Kemudian gunakan username dan password tersebut untuk login pendaftaran ke alamat www.um-ptkin.ac.id untuk melengkapi biodata pendaftaran.

Panduan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal, dan lain-lain yang anda butuhkan dapat anda baca secara lengkap pada artikel khusus yang berjudul Pendaftaran UM-PTKIN. Silahkan kunjungi artikel tersebut.

3. Pendaftaran UIN Imam Bonjol Jalur SPMB Mandiri

SPMB Mandiri merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh UIN Imam Bonjol untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Jalur ini bisa menjadi alternatif masuk ke UIN Imam Bonjol bagi anda yang mungkin saja sebelumnya telah mengikuti jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka jalur SPMB Mandiri ini bisa menjadi pilihan anda.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat uinib.ac.id . Informasi lain yang anda perlukan silahkan kunjungi alamat tersebut.

4. Pendaftaran Bidikmisi UIN Imam Bonjol

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan untuk calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.

Calon peserta yang ingin mendaftar harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Berikut persyaratannya

Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi
  • Tidak mampu secara ekonomi
  • Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  • Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 atau Diploma IV

Apabila ada persyaratan ain yang mungkin diperlukan, silahkan anda lihat langsung di website resmi UIN Imam Bonjol.

Baca Juga : Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

Selain Bidikmisi, adapula beasiswa yang ditawarkan oleh UIN Imam Bonjol, yaitu Beasiswa DIPA, Beasiswa Supersemar, Beasiswa Unggulan Supersemar (BUS), Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Mandiri Prestasi, Beasiswa Tahfidzul Quran, Beasiswa Madrasah Aliyah, Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Beasiswa PT.Semen Padang.

Untuk informasi lebih lanjut mengeni Bidikmisi dan beasiswa, silahkan anda lihat di website resmi UIN Imam Bonjol di alamat uinib.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana UIN Imam Bonjol

Selain menerima calon mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UIN Imam Bonjol juga melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana (Magister dan Doktor).

Prosedur dan Persyaratan Pendaftaran :
  1. Membayar biaya pendaftaran ke  Bank Nagari terdekat pada masa pendaftaran yang ditentukan.
  2. Mengambil dan mengisi Formulir Pendaftaran serta memperoleh rekomendasi dari 2 doktor/profesor yang keahliannya relevan dengan program studi yang akan dipilih
  3. Menyerahkan formulir pendaftaran dan surat rekomendasi dengan melampirkan syarat-syarat sebagai berikut:
    • Salinan Ijazah Sarjana/Magister dan Transkrip Nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2,75
    • Pas Foto ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
    • Rancangan Proposal Disertasi (khusus S3)
  4. Mengikuti Ujian Seleksi tertulis dan wawancara sesuai jadwal yang ditentukan

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Pascasarjana UIN Imam Bonjol silahkan kunjungi alamat berikut pps-iainimambonjol.ac.id

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UIN Imam Bonjol. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa untuk terus kunjungi web ini untuk menemukan informasi yang anda butuhkan.