Pendaftaran IAIN Parepare 2024/2025

www.iainpare.ac.id 2024 -- PMB IAIN Parepare, Pendaftaran IAIN Parepare, Pendaftaran Online IAIN Parepare, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Parepare, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Parepare, KIP Kuliah, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Program Pascasarjana. 2026. 2027.

Informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan berjudul Pendaftaran IAIN Parepare 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di IAIN Parepare. Untuk mengetahui informasinya, mari simak ulasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Parepare merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia yang terletak di Jln. Amal Bhakti No.8 Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Sebelum bernama IAIN Parepare, pada awalnya bernama STAIN Parepare. STAIN Parepare telah didirikan pada tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997. Kemudian STAIN Parepare berubah statusnya menjadi IAIN Parepare yang didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) nomor 29 tahun 2018 tanggal 5 April 2018

Moto dari IAIN Parepare yaitu "Diminati, Dinanti, dan Diberkati"

Pada saat ini, IAIN Parepare telah memiliki beberapa program studi seperti berikut ini :

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
  • Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah, Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam ), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhshiyyah), Hukum Pidana Islam (JInayah), Hukum Tatanegara (Siyasah), Manajemen Keuangan Syariah, Perbankan Syariah, Manajemen Zakat dan Wakaf, Akuntansi Syariah, Pariwisata Syariah
Fakultas Tarbiyah dan Abad
  • Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan/Tadris Bahasa Inggris, Sastra Arab, Sejarah Peradaban Islam, Pendidikan/Tadris Matematika, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan/Tadris IPS, Pendidikan/Tadris IPA
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  • Bimbingan Dan Konseling Islam, Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam, Jurnalistik Islam, Sosiologi Agama
Program Pascasarjana
  • Ekonomi Syari’ah, Ilmu Syariah, Komunikasi & Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan/Tadris Bahasa Inggris

Setelah mengetahui informasi mengenai program studi di IAIN Parepare, maka informasi berikutnya yang perlu anda ketahui yaitu tentang jalur-jalur seleksi masuk IAIN Parepare. Berikut informasi selengkapnya untuk anda.

1. Pendaftaran IAIN Parepare Jalur SPAN-PTKIN

IAIN Parepare merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang turut tergabung dalam jalur seleksi jalur SPAN-PTKIN.

Telah kita ketahui bahwa SPAN-PTKIN merapakan jalur seleksi untuk siswa-siswi berprestasi. Lalu bagaimana dengan siswa yang tidak berprestasi.? Siswa yang tidak berprestasi nanti dapat mengikuti jalur UM-PTKIN.

Untuk proses pendaftaran SPAN-PTKIN mulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswanya ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah itu siswa juga melakukan verifikasi data pendaftaran dan melengkapi data pendaftaran dengan login SPAN-PTKIN ke span.ptkin.ac.id menggunakan username dan password dari Kepala Sekolah.

Informasi lebih lanjut mengenai SPAN-PTKIN telah dibahas secara rinci pada artikel : Pendaftaran SPAN-PTKIN Online dan Pendaftaran SPAN-PTKIN. Silahkan kunjungi artikel tersebut.

2. Pendaftaran IAIN Parepare Jalur UM-PTKIN

Selain turut berpartisipasi dalam jalur seleksi SPAN-PTKIN, IAIN Parepare juga turut berpartisipasi dalam jalur seleksi UM-PTKIN.

UM-PTKIN merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis. Calon mahasiswa yang ingin lulus dari jalur UM-PTKIN ini harus memiliki skor ujian tertulis yang tinggi.

Untuk proses pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat um.ptkin.ac.id. Untuk login ke alamat tersebut, terlebih dahulu calon peserta harus membayar biaya pendaftaran ke Bank untuk mendapatkan username dan password. Setelah mendapatkan username dan password, silahkan login ke alamat tersebut lalu mengisi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi lebih lengkap mengenai UM-PTKIN telah dibahas secara lengkap pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online. Silahkan kunjungi artikel tersebut.

3. Pendaftaran IAIN Parepare Jalur Mandiri

Selain membuka jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, IAIN Parepare juga membuka jalur seleksi mandiri. Jalur seleksi mandiri ini diselenggarakan secara langsung oleh panitia dari IAIN Parepare.

Khusus untuk jalur seleksi mandiri, proses jalur pendaftaranya dilakukan secara langsung di kampus IAIN Parepare sendiri. Informasi lebih lanjut dapat anda anda baca di website resminya pada alamat www.iainpare.ac.id

4. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Parepare

Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan memiliki potensi akademik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Bagi yang berminat, silahkan daftarkan diri anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca infonya di website resmi IAIN Parepare.

Baca Juga : Pendaftaran KIP Kuliah PTKIN

5. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Parepare

IAIN Parepare kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri, silahkan penuhi persyaratannya berikut ini.

Syarat Administrasi
  1. Mengisi Formulir Pendaftaran
  2. Foto Copy Ijasah dan transkrip nilai S-1 atau perguruan tinggi yang setara dengan nilai yudisium baik (B)
  3. Menyerahkan foto berwarna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar dan 2 x 3 sebanyak 2 lembar.
  4. Rekomendasi dari 1 (satu) orang senior (bergelar doktor) yang telah mengenal kemampuan serta prestasi akademik pendaftar. (lampiran 1)
  5. Surat Pernyataan bermatrai 6000 (lampiran 2)
  6. Membayar uang pendaftaran
Untuk informasi lain yang diperlukan silakan kunjungi langsung website resmi IAIN Parepare.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Parepare yang dapat anda pilih ketika anda mendaftarkan diri. Apabila ada perubahan atau perbedaan informai, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi IAIN Parepare di www.iainpare.ac.id


Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran IAIN Parepare. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk semua.

Terima kasih admin ucapkan untuk pengunjung setia yang telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca informasi di web ini.