Pendaftaran IAIN Kediri 2024/2025

siakad.iainkediri.ac.id 2024 -- PMB IAIN Kediri, Pendaftaran IAIN Kediri, Pendaftaran Online IAIN Kediri, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Kediri, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kediri, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur Mandiri, PMB Program Pascasarjana. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Kediri 2024/2025. Informasi ini disampaikan untuk anda yang berminat untuk kuliah di IAIN Kediri. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Kediri adalah salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang ada di Indonesia. IAIN Kediri terletak di Jl. Sunan Ampel 3 No.7, Ngronggo, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur.

Awal berdirinya bernama STAIN Kediri yang telah didirikan pada 12 Dzulqaidah 1417 H / 21 Maret 1997 M (SK Presiden RI No. 11, tahun 1997). Kemudian berubah statusnya menjadi IAIN Kediri. Perubahan status STAIN Kediri menjadi IAIN Kediri didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) No. 26/ 2018.

Pada saat ini, IAIN Kediri telah memiliki beberapa Jurusan dan Program Studi yaitu :

Jurusan Ushuluddin dan Studi Agama
  • Prodi Perbandingan Agama, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Prodi Ilmu Hadits, Prodi Psikologi Islam, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Prodi Akhlak Tasawuf, Prodi Sosiologi Agama
Jurusan Tarbiyah dan Keguruan
  • Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Prodi Tadris Bahasa Inggris
Jurusan Syari’ah dan Hukum
  • Prodi Ahwal Al-Syakhsiyah, Prodi Ekonomi Syari’ah, Prodi Perbankan Syariah, Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah
Program Pascasarjana
  • Pendidikan Agama Islam (PAI), Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Ekonomi Syariah (ES)

Dari beberapa jurusan dan program studi yang ada di IAIN Kediri tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di IAIN Kediri dan ikuti jalur seleksi masuk yang dibuka oleh IAIN Kediri pada tahun ini. Berikut informasinya untuk anda.

A. Pendaftaran IAIN Kediri Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN yang hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi.

Proses pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasnya dengan mengisi data di PDSS SPAN-PTKIN. Kemudian siswa akan diberikan username dan password untuk login pendaftaran SPAN-PTKIN ke alamat span.ptkin.ac.id

Informasi selanjutnya yang anda perlukan seperti tata cara mengisi data pendaftaran, persyaratan, cara login siswa, dan lain-lain dapat anda baca paa artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaraan SPAN-PTKIN Online.

B. Pendaftaran IAIN Kediri Jalur UM-PTKIN

Jalur UM-PTKIN merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis yag diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UIN, IAIN, atau STAIN.

Cara pendaftaran UM-PTKIN dimulai oleh calon peserta yang dapat ke Bank untuk membayar biaya pendaftaran. Setelah membayar, kemudian akan mendapatkan usename dan password yang dapat digunakan untuk login ke um.ptkin.ac.id untuk melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Besarnya biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, cara pengisian data pendaftaran, daftar PTKIN, persyaratan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

C. Pendaftaran IAIN Kediri Jalur Mandiri

Jalur terakhir yang dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru yaitu jalur mandiri. Bagi anda yang telah mengikuti seleksi jalur sebelumnya tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri ini.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan SMA / MA / SMK / MAK / Pesantren Mu`adalah atau yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Lulusan 2 tahun lalu sebelum tahun ini harus sudah memiliki ijazah. Sedangkan lulusan tahun ini harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah / Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah / madrasah.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran
Alur Pendaftaran
  1. Membayar biaya pendaftaran di Bank BRI.
  2. Menyerahkan bukti (slip/kwitansi) pembayaran dari bank BRI ke Sekretariat PMB IAIN Kediri untuk mendapatkan user ID dan Password.
  3. Mengisi form pendaftaran secara online di website spmb IAIN Kediri, http://siakad.iainkediri.ac.id
  4. Mencetak Kartu Tanda Peserta ujian.
  5. Mengikuti ujian tes masuk
  6. Melihat pengumuman hasil tes di website resmi
Itulah persyaratan dan alur pendafaran jalur mandiri IAIN Kediri. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat anda lihat secara langsung di website resmi IAIN Kediri

D. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Kediri

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana, IAIN Kediri juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. 

Bagi anda yang berminat untuk kuliah jenjang Pascasarjana di IAIN Kediri, silahkan daftarkan diri anda dengan cara datang langsung di kantor Pascasarjana IAIN Kediri pada alamat Jl. Sunan Ampel No.7 Ngronggo Kota Kediri, kode pos 64127, Telp: (0354) 689202, Fax. (0354) 686564. 

Silahkan bacaPendaftaran KIP Kuliah

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Kediri yang perlu anda ketahui. Untuk informasi lain yang belum disampaikan disini maka dapat anda lihat langsung di website resmi Kantor Pascasarjana IAIN Kediri di alamat iainkediri.ac.id/spmb

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran IAIN Kediri yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat untuk anda semuanya.

Mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca di web ini. Cukup sekian info yang admin sampaikan, terima kasih, sampai jumpa, dan silahkan baca infomasi lainnya disini.