Pendaftaran IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa 2024/2025

pmb.iainlangsa.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, PMB Online IAIN ZCK Langsa, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Langsa, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Langsa, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, KIP Kuliah, Jalur Seleksi Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Langsa. 2026. 2027.

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa 2024/2025. Informasi ini ditujukan utamanya untuk anda yang berniat untuk menempuh pendidikan di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN ZCK Langsa atau yang memiliki kepanjangan nama Institut Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang terletak di Jln. Meurandeh - Kota Langsa, Provinsi Aceh, Indonesia.

Pada saat ini, IAIN ZCK Langsa telah memiliki beberapa program studi seperti berikut ini :
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terdiri dari program studi : Pendidikan Matematika, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Raudhatul Atfal (PGRA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah terdiri dari program studi : Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadis, dan Bimbingan dan Konseling Islam.
  • Fakultas Syari'ah terdiri dari program studi : Hukum Tata Negara (Siyasah), Hukum Pidana Islam (Jinayah), Muamalah, dan Ahwal Al-Syakhsiyyah
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari program studi : Perbankan Syariah,  dan Ekonomi Syari'ah
  • Program Pascasarjana terdiri dari Program Studi : Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam, Pendidikan Agama Islam

Dari daftar program studi yang ada tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu silahkan anda daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IAIN ZCK Langsa dan pilih program studi tersebut.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IAIN ZCK Langsa, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka pada tahun ini. Berikut informasinya untuk anda.

I. Pendaftaran IAIN ZCK Langsa Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan seperti UIN, IAIN, atau STAIN. Salah satunya yaitu IAIN Langsa.

Bagi siswa yang ingin mendaftar SPAN-PTKIN, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka siswa dapat melakukan login pendaftaran SPAN-PTKIN ke span.ptkin.ac.id

Informasi penting lainnya dapat anda baca secara lengkap pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

II.  Pendaftaran IAIN ZCK Langsa Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis nasional untuk calon peserta yang ingin masuk ke UIN, IAIN, atau STAIN di Indonesia. Salah satunya masuk ke IAIN Langsa.

Cara pendaftaran dimulai yaitu calon peserta yang ingin mendaftar UM-PTKIN terlebih dahulu harus membayar biaya pendaftaran di Bank untuk mendapatkan username dan password yang nantinya dapat digunakan untuk login pendaftaran UM-PTKIN ke alamat um.ptkin.ac.id

Untuk informasi lebih lanjut mengenai UM-PTKIN dapat anda baca selengkapnya yang telah dibahas secara rinci pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

III. Pendaftaran IAIN ZCK Langsa Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh IAIN ZCK Langsa untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Jalur mandiri ini dibuka untuk menerima calon mahasiswa lulusan SMA, MA, SMK, MAK atau yang setara, mahasiswa pindah jurusan, mahasiswa pindahan dari Perguruan Tinggi lain dan lanjutan.

1. Persyaratan Umum
  1. Lulusan MA / MAK / SMA/ SMK atau yang setara,
  2. Foto Copy STTB / ljazah dan STUNEM (MA / MAK / SMA/ SMK) yang te1ah dilegalisir oleh pejabat berwenang sebanyak 2 (dua) lembar.
  3. Khusus Ijazah Pesantren dilegalisir oleh Instansi yang berwenang;
  4. Khusus ljazah Paket C dilegalisir oleh Dinas Pendidikan setempat
  5. Pasfoto wama;
  6. Surat Keterangan Pindah dan Transkrip Nilai bagi calon Mahasiswa Pindah Jurusan dan Pindahan dari Perguruan Tinggi lain

2. Syarat-Syarat Pendaftaran Masuk
  1. Pendaftaran dilakukan setiap hari kerja pada tanggal yang telah ditentukan
  2. Membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan
  3. Mengisi dan mencetak formulir pendaftaran Online pada menu PMB di website pmb.iainlangsa.ac.id serta menyerahkan ke panitia PMB di kampus lAIN langsa dengan menunjukkan slip bukti pembayaran fonnulir dan Bank Mandiri;

3. Prosedur Pendaftaran
  1. Setiap calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran pada Bank Mandiri.
  2. Setelah membayar biaya pendaftaran, calon mahasiswa mengambil kode login pada Sekretartat Panitia di Subbag Administrasi Akademik lAIN Langsa dengan membawa slip biaya pendaftaran.
  3. Setelah memperoleh kode login, calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran secara online yang tersedia pada pmb.iainlangsa.ac.id dan mencetak formulir.
  4. Setiap calon mahasiswa dapat memilih 2 (dua) Jurusan / Prodi.
  5. Formulir pendaftaran yang sudah dicetak oleh calon mahasiswa yang bersangkutan beserta dengan slip bukti pembayaran pendaftaran diserahkan ke kampus lAIN Langsa pada Subbagian Administrasi Akademik untuk diverifikasi oleh petugas panitia PMB.
  6. Kartu Ujian Peserta diberikan oleh petugas panita PMB setelah menyerahkan formulir pendaftaran.
  7. Pengembalian formulir dan beserta syarat-syaratnya diperiksa dan disaksikan bersama dengan petugas pendaftaran di kampus lAIN Langsa.
  8. Kartu Ujian diberikan setelah berkas pendaftaran diverifikasi oleh petugas panita PMB
  9. Mengikuti ujian tulis yang diadakan sesuai jadwal
  10. Melihat Pengumuman hasil ujian tulis
  11. Pendaftaran ulang peserta yang lulus
  12. Wawancara dan Tes Al-qur'an

Bagi anda yang berminat, silahkan melakukan pendaftaran di alamat www.iainlangsa.ac.id dengan memilih menu penerimaan mahasiswa baru atau langsung ke alamat ini pmb.iainlangsa.ac.id

IV. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN ZCK Langsa

Untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berkeinginan kuliah di IAIN ZCK Langsa, namun terkendala masalah ekonomi, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah dapat anda baca di website resmi IAIN ZCK Langsa di alamat www.iainlangsa.ac.id dan kunjungi artikel berjudul : Pendaftaran KIP Kuliah.


V. Pendaftaran Pascasarjana IAIN ZCK Langsa

IAIN ZCK Langsa kembali melakukan penerimaan calon mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat untuk mendaftar, maka anda bisa membaca informasinya di pps.iainlangsa.ac.id atau datang langsung ke kampus IAIN ZCK Langsa untuk menanyakan secara detail mengenai proses pendaftarannya.


Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN ZCK Langsa. Untuk informasi mengenai jalur-jalur seleksi yang belum disampaikan disini maka dapat anda lihat langsung di website resmi IAIN ZCK Langsa di alamat www.iainlangsa.ac.id atau pmb.iainlangsa.ac.id


Demikian informasi tentang Pendaftaran IAIN ZCK Langsa. Admin berharap semoga informasi ini bisa memberikan pencerahan untuk anda terutama calon mahasiswa IAIN ZCK Langsa.

Mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca informasi di web ini. Cukup sekian info dari admin, terima kasih atas kunjungan anda dam sampai ketemu pada artikel lainnya.