Pendaftaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2024/2025

www.syekhnurjati.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Pendaftaran Online IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SPMB Mandiri. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2024/2025. Dengan diberikannya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan pendaftaran di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah salah satu IAIN yang ada di Indonesia yang nama IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini terletak di Jl. Perjuangan Bypass Sunyarangi, Jawa Barat, Indonesia.

IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada saat ini telah memiliki beberapa program studi yang nantinya dapat anda pilih ketika anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru. Berikut daftar selengkapnya program studi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (ADDIN)
  • Terdiri dari Jurusan : Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Akidah Filsafat (AF), Sejarah Peradaban Islam (SPI), Tafsif Hadis (TH), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), 
Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
  • Terdiri dari Jurusan : Akhwal Asy-Syakhsiyah (AAS), Muamalat/Ekonomi  (MA), Perbankan Islam (PS)
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Terdiri dari Jurusan : Pendidikan Agama Islam (PAI, Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Tadris Matematika (TMTK), Ilmu Pengetahuan Alam Biologi (IPA-Biologi), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Madrasah Ibtidaiah (PGMI), Pendidikan Radhotul Afla (PGRA)

Itulah daftar jurusan yang ada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang dapat anda pilih ketika anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Selanjutnya anda juga perlu mengetahui jalur-jalur seleksi masuk yang dibuka oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Berikut informasi selengkapnya.

A. Pendaftaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berprestasi unggul di sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan ke UIN, IAIN, ataupun STAIN di Indonesia, salah satunya masuk ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Seleksi jalur SPAN-PTKIN dilakukan berdasarkan nilai raport siswa dan prestasi lainnya yang relevan.

Pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya ke PDSS SPAN-PTKIN. Kemudian siswa-siswi juga melakukan verifikasi data dan melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN. Alamat pendaftaran SPAN-PTKIN yaitu span.ptkin.ac.id

Untuk informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, mekanisme seleksi, daftar PTKIN se-Indonesia, jumlah pilihan PTKIN dan prodi, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN.

B. Pendaftaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur ini merupakan jalur kedua yang dibuka setelah SPAN-PTKIN.

Untuk bisa lulus UM-PTKIN maka salah satunya yaitu harus memiliki nilai hasil tes yang tinggi karena salah satu dasar penentu kelulusan SPAN-PTKIN adalah nilai tes.

Untuk proses pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses alamat um.ptkin.ac.id. Namun sebelum itu, harus terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran di Bank untuk kemudian mendapatkan Username dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran ke alamat  UM-PTKIN di atas.

Informasi lebi lanjut seperti biaya pendaftaran, tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTKIN se-Indonesia, jumlah pilihan PTKIN dan prodi, dan hal lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN.

C. Pendaftaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jalur SPMB Mandiri

SPMB Mandiri adalah jalur seleksi terakhir masuk ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang diselenggarakan secara langsung oleh panitia dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Jalur SPMB Mandiri dapat menjad laternatif bagi anda yang teah dinyatakan tidak lulus mengikuti jalur-jalur seleksi lainnya.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulusan SMA / MA / SMK / MAK / Paket C / Pesantren Mu’adalah setara untuk lulusan 5 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran;
  3. Membayar biaya pendaftaran di Bank yang telah ditunjuk.

Alur Pendaftaran
  1. Calon peserta mendaftarkan diri secara online melalui syekhnurjati.ac.id/spmb dengan mengisi biodata lengkap dan pilihan jurusan yang menjadi prioritas
  2. Calon peserta mencetak bukti pendaftaran online untuk mendapatkan User ID dan Password serta kode biller pembayaran biaya pendaftaran
  3. Calon peserta membayar biaya pendaftaran di Bank Mandiri sesuai kode biller yang tertera pada bukti pendaftaran online
  4. Calon peserta mencetak Kartu Ujian melalui syekhnurjati.ac.id/spmb dengan User ID dan Password yang tertera pada bukti pendaftaran online
  5. Calon peserta mengikuti Ujian Tertulis dan Ujian Lisan (Wawancara) sesuai jadwal yang tertera pada Kartu Ujian dan membawa Kartu Identitas (KTP / SIM / Kartu Pelajar), Kartu Ujian dan Ijazah / SKL serta Alat Tulis yang diperlukan.

Dari jalur-jalur seleksi yang dibuka oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon tersebut, silahkan anda ikuti salah satu jalur yang mana dengan memilih jalur tersebut anda memiliki peluang besar untuk lulus seleksi dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Untuk informasi yang belum disampaikan disini silahkan anda lihat langsung di website resmi IAIN Syekh Nurjati Cirebon di alamat www.syekhnurjati.ac.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi mengenai pendaftaran, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.


Demikianlah informasi tentang Pendaftaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Mudah-mudahan informasi yang admin sampaikan tersebut berguna bagi anda terutama yang ingin kuliah di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Cukup sekian info yang admin sampaikan dan semoga proses pendaftaran yang akan anda lakukan dapat berjalan lancar dan nantinya anda bisa lulus seleksi sehingga diterima menjadi mahasiswa Pendaftaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Aamiin.