Prosedur Pendaftaran SNMPN 2022/2023

Prosedur Pendaftaran SNMPN 2022 -- Alur dan Prosedur Pendaftaran SNMPN, Langkah-Langkah Pendaftaran SNMPN, Prosedur Pendaftaran SNMPN Untuk Politeknik / Sekolah / Siswa, Proses Pendaftaran SNMPN, Prosedur Pendaftaran SNMPN Politeknik Negeri. 2024. 2025.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Prosedur Pendaftaran SNMPN 2022/2023. Dengan adanya informasi ini semoga bisa memberikan penerangan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran SNMPN. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa Politeknik dalam pendidikan di Indonesia merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi selain akademi, institut, sekolah tinggi, dan universitas. Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus.

Bagi anda yang berminat untuk kuliah dibidang keahlian, maka Politeknik pilihannya. Anda bisa masuk ke Politeknik dengan mengikuti jalur seleksi yang dibukanya. Jalur-jalur yang dibuka oleh Politeknik khususnya Politeknik Negeri diantaranya yaitu jalur SNMPN, SBMPN, jalur mandiri, dan jalur kerjasama.

SNMPN atau Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi undangan yang diperuntukkan hanya bagi siswa-siswi berprestasi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester.

Seleksi jalur SNMPN ini didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport dan juga prestasi-prestasi lain yang relevan. Jadi, yang menjadi dasar utama kelulusan peserta SNMPN adalah nilai raport.

Bagi siswa-siswi yang ingin mendaftar jalur SNMPN, maka harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Sekolah yang dapat mendaftarkan siswa-siswi untuk mengikuti SNMPN adalah Sekolah-sekolah yang mendapatkan undangan dari Politeknik / panitia SNMPN.

Untuk lebih jelasnya dapat anda pahami prosedur pendaftaran SNMPN yang dijelaskan berikut ini seperti yang dikutip dari situs resminya:

Prosedur Pendaftaran SNMPN
  1. Politeknik menyiapkan undangan SNMPN ke sekolah berupa username dan password untuk bisa login ke Sistem SNMPN di website https://snmpn.politeknik.or.id/daftar/sekolah
  2. Politeknik mengirimkan undangan ke sekolah pada tanggal yang telah ditentukan.
  3. Jika Sekolah Menerima undangan maka bisa login ke https://snmpn.politeknik.or.id/daftar/sekolah. Jika Tidak Menerima undangan maka Sekolah dapat mendaftarkan diri ke alamat: https://snmpn.politeknik.or.id/daftar/sekolah/ceknpsn dengan memasukkan terlebih dahulu data NPSN kemudian Cek, jika memang belum ada di sistem SNMPN, maka silahkan lengkapi data-data berupa :
    • NPSN
    • Nama Sekolah
    • Email Admin Sekolah
    • Nomor Telepon/Handphone
    • Melampirkan Scan Surat Pengangkatan Kepala Sekolah (Tipe File : JPG dan PNG, Ukuran File Maksimal : 1 Mb)
    • Ketik Ulang Kode Captcha (yang sudah disiapkan oleh sistem)
  4. Kemudian Kirim data pendaftaran. Jika data berhasil terkirim, maka data akan diproses dan di-generate-kan username dan password, kemudian data tersebut akan dikirimkan ke email sekolah yang bersangkutan (waktu pengiriman maksimal 2 x 24 jam).
  5. Setelah berhasil login maka Sekolah harus segera melengkapi data-data berupa :
    • Profil Sekolah
    • Rekomendasi Siswa yang akan diikutkan ke sistem SNMPN
    • Prestasi Ekstra yang pernah didapatkan oleh Siswa
  6. Username dan password Siswa otomatis digenerate oleh Sistem, sehingga pihak Sekolah bisa langsung mencetak dan mendistribusikan ke masing-masing Siswa.
  7. Siswa yang sudah menerima username dan password, bisa login ke https://snmpn.politeknik.or.id/daftar/siswa, dan harus segera melengkapi formulir pendaftaran yaitu data-data seperti :
    • Profil Siswa
    • Rapor semester 1 s/d 5 (bagi siswa akselerasi mengisikan rapor semester 1 s/d 3)
    • Meng-klaim Prestasi Ekstra
    • Keluarga
    • Lampiran
      • Scan Foto Diri (Formal)
      • Scan Surat Rekomendasi Keterangan Prestasi Ekstra (jika ada prestasi)
    • Pilihan Politeknik
      • Siswa boleh memilih 3 pilihan dari 2 Politeknik dengan program studi yang berbeda yaitu : 2 (dua) Program Studi di Politeknik Pilihan Pertama dan 1 (satu) Program Studi di Politeknik Pilihan Kedua
    • Finalisasi dan Konfirmasi Peserta Bidik Misi atau Bukan (Jika Siswa ingin mengikuti jalur bidik misi silahkan daftar di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  8. Siswa mencetak hasil isian (print out) formulir pendaftaran tersebut.
  9. Berkas-berkas yang harus disiapkan oleh Siswa antara lain :
    • Print out Bukti Pendaftaran
    • Fotokopi rapor semester 1 s/d 5 yang telah dilegalisir
    • Pas foto berwarna ukuran 4x6 2 lembar
    • Fotokopi akte kelahiran atau Surat Kenal Lahir
    • Fotokopi sertifikat prestasi akademik / kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler minimal tingkat Kabupaten/Kota yang dibuktikan dengan lampiran sertifikat yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang dicapai selama di Sekolah Menengah (selain itu akan diabaikan)
    • Surat keterangan lain yang disyaratkan oleh Politeknik yang dipilih (lihat keterangan syarat khusus dari politeknik)
    • Persyaratan tambahan khusus siswa/pendaftar bidikmisi yaitu :
      • Mengirim 2 berkas (1 berkas untuk persyaratan SNMPN dan 1 berkas format sesuai aturan bidikmisi dikti, silahkan lihat di http://bidikmisi.dikti.go.id/petunjuk/pedoman)
  10. Pihak Sekolah menerima semua berkas pendaftaran dari siswa (jika Kolektif)
  11. Pihak Sekolah secara kolektif atau Siswa secara mandiri mengirimkan berkas pendaftaran SNMPN ke alamat Politeknik yang menjadi Pilihan Pertama Siswa
  12. Politeknik men-validasi data online dan berkas yang dikirim oleh Sekolah atau Siswa
  13. Evaluasi masing-masing Politeknik
  14. Politeknik melakukan Proses Seleksi Nasional
  15. Politeknik melakukan Rapat Koordinasi Evaluasi Akhir
  16. Pengumuman kelulusan dapat dilihat sesuai jadwal di http://snmpn.politeknik.or.id
  17. Siswa yang dinyatakan lulus dapat melakukan pendaftaran ulang menjadi calon mahasiswa sesuai jadwal masing-masing politeknik

Catatan : Semua proses harus dilaksanakan dengan baik, benar dan sesuai aturan sistem, panitia tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan pada proses pendaftaran online.

Untuk informasi lanjutan dari informasi ini dapat anda baca pada artikel berikut :

Untuk informasi penting lainnya seperti biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, mekanisme pendaftaran, keiteria penerimaan, jumlah pilihan Politeknik dan Program Studi, daftar Politeknik Negeri se-Indonesia, dan keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPN.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Prosedur Pendaftaran SNMPN. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Terima kasih admin sampaikan atas waktu yang anda luangkan untuk membaca informasi ini. Cukup sekian informasi dari admin dan semoga proses pendaftaran SNMPN dapat berjalan lancar. Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda lainnya.