Cara Pendaftaran SNBP 2024/2025 dari Awal sampai Akhir

Cara Pendaftaran SNBP 2024 -- Portal SNPMB BPPP Kemdikbud, Alur Pendaftaran SNBP, Tata Cara Pendaftaran SNBP untuk Sekolah dan Siswa. Tahapan Pendaftaran SNBP, Langkah-langkah Pendaftaran SNBP, Cara Mendaftar SNBP, Cara Daftar SNBP, Urutan Pelaksanaan Pendaftaran SNBP, Cara Pendaftaran Jalur Undangan SNBP. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi yang berjudul Cara Pendaftaran SNBP 2024/2025 dari Awal sampai Akhir. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat membantu calon peserta SNBP dalam melakukan proses pendaftaran SNBP. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.


Berbicara mengenai pendaftaran SNBP, maka salah satu hal yang penting untuk dipahami adalah cara pendaftarannya. Dengan mengetahui cara pendaftaran SNBP, maka ketika melakukan proses pendaftaran SNBP dengan dilakukan dengan lancar.

Maka dari itu kalian calon peserta SNBP perlu membaca informasi ini sebagai panduan dalam melakukan proses pendaftaran SNBP nantinya.

Perlu diingat bahwa calon peserta SNBP adalah siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari Sekolah pada tahun ini yang telah memilikin akun SNPMB dan telah mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Jadi tidak semua siswa dapat mengikuti seleksi jalur SNBP ini.

Ketika akan mendaftar SNBP, maka harus melalui berbagai tahapan pendaftaran seperti yang telah ditetapkan oleh panitia SNBP berikut ini :
  1. Registrasi akun SNPMB
  2. Pengisian PDSS oleh sekolah
  3. Pemeringkatan
  4. Pendaftaran SNBP oleh siswa.
Penjelasan lebih lanjut diberikan berikut ini :

1. Registrasi Akun SNPMB

Registrasi akun SNPMB merupakan tahap awal dari serangkaian proses pendaftaran SNBP. Registrasi akun SNPMB harus dilakukan oleh pihak sekolah dan siswa sebagai calon peserta.

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan pada artikel berikut :

2. Pengisian PDSS oleh Sekolah

Tahap selanjutnya dari serangkaian pendaftaran SNBP adalah pengisian PDSS oleh Sekolah yang mana sekolah bertindak sebagai pemberi rekomendasi dengan mengisi data-data sekolah dan data-data siswa calon peserta SNBP di laman PDSS SNBP.

Silahkan baca selengkapnya : Panduan Pendaftaran PDSS SNBP untuk Sekolah

Setelah proses pendaftaran PDSS SNBP oleh Sekolah selesai, maka selanjutnya siswa calon peserta SNBP melakukan verifikasi data pendaftaran yang telah diisikan oleh pihak Sekolah di PDSS.

Siswa calon peserta SNBP login ke website PDSS SNBP dan memilih login siswa. 

3. Pemeringkatan

Setelah pendaftaran PDSS SNBP oleh Sekolah selesai, dan verifikasi data juga telah dilakukan oleh siswa, maka selanjutnya pemeringkatan oleh sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
  • Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut :
    • Jurusan IPA : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    • Jurusan IPS : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    • Jurusan Bahasa : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    • SMK : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.
  • Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama. 
  • Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.

Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan SNPMB, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNBP tahun ini dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:
  • Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya

4. Pendaftaran SNBP oleh Siswa

Siswa yang telah masuk ke tahap pendaftaran SNBP adalah siswa yang telah memiiki akun SNPMB, telah didaftarkan di PDSS SNBP, telah melakukan verifikasi data pendaftaran, dan telah memenuhi standar pemeringkatan.

Pendaftaran SNBP dilakukan sendiri oleh siswa dengan mengakses alamat resminya . Siswa mengisi sejumlah data pendaftaran berupa memilih Memilih PTN dan Program Studi, Mengunggah Foto, Mengisi Form Pendaftaran, Mengisi Prestasi, Mengisi Portofolio, Verifikasi Peserta KIP Kuliah, Finalisasi Pendaftaran, dan Mencetak Kartu Peserta.

Lebih lanjut silahkan baca : Panduan Pengisian Data Pendaftaran SNBP untuk Siswa (Calon Peserta)

Baca Selengkapnya  :

Untuk informasi lengkap mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, tahapan seleksi, daftar PTN se-Indonesia, jumlah pilihan PTN dan program studi, dan informasi lainnya dapat anda baca secara lengkap pada artikel berikut : Pendaftaran SNBP Undangan

Itulah cara pendaftaran SNBP yang dapat dilakukan oleh Siswa dan pihak Sekolah. Dengan melakukan proses pendaftaran yang sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditetapkan oleh Panitia SNBP, mudah-mudahan proses pendaftaran dapat berjalan lancar.

Cukup sekian informasi yang dapat admin sampaikan tentang Cara Pendaftaran SNBP dari Awal sampai Akhir. Mari kita sma-sama berdoa semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin Ya Robbal 'Alamin.

Silahkan bagikan atau share informasi ini kepada teman lain yang membutuhkan. Terima kasih.