Penerimaan Caba dan Catam TNI 2018-2019

Caba dan Catam TNI 2018 -- Penerimaan Caba dan Catam TNI AD AL AU, Rekrutmen Caba dan Catam TNI AD AL AU, Seleksi Calon Bintara TNI dan Calon Tamtama TNI, Pendaftaran Penerimaan Caba dan Catam TNI Online, Penerimaan Caba dan Catam Prajurit Karier TNI, Penerimaan Ba dan Ta PK TNI, Penerimaan Caba dan Catam TNI Online, Tentara Nasional Indonesia, 2020. 2021.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang Penerimaan Caba dan Catam TNI 2018-2019. Dengan adanya informasi ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi anda dalam persiapan pendaftaran Caba dan Catam TNI. Mari ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

TNI atau yang memiliki kepanjangan nama Tentara Nasional Indonesia adalah pasukan perang yang dimiliki Indonesia yang untuk menjaga keamanan Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke diwilayah darat, laut, dan udara.

Tugas pokok TNI seperti yang dikuti dari situs resmi TNI : www.tni.mil.id, yaitu :
  1. Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.
  2. Tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan:
    • Operasi militer untuk perang;
    • Operasi militer selain perang, yaitu untuk:
      1. Mengatasi gerakan separatis bersenjata;
      2. Mengatasi pemberontakan bersenjata;
      3. Mengatasi aksi terorisme;
      4. Mengamankan wilayah perbatasan;
      5. Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis;
      6. Melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri;
      7. Mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya;
      8. Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta;
      9. Membantu tugas pemerintahan di daerah;
      10. Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang;
      11. Membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia;
      12. Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan;
      13. Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue); serta
      14. Membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan dan penyelundupan

Melihat begitu besarnya tugas pokok TNI, maka TNI membutuhkan personel yang banyak untuk ditempatkan diberbagai posisi, diberbagai daerah, dan sesuai kebutuhan. Maka dari itu, TNI kembali melakukan perekrutan calon anggota baru.

Seperti yang kita ketahui bahwa personel TNI terdiri dari Perwira, Bintara, dan Tamtama. Disini kita akan fokuskan pada Penerimaan Calon Bintara (Caba) dan Calon Tamtama (Catam) TNI.

1. Penerimaan Calon Bintara (Caba) TNI

Bintara merupakan jenjang kepangkatan pada TNI yang posisinya berada di atas Tamtama dan di bawah Perwira.

Seperti yang kita tahu bahwa TNI memiliki tiga angkatan dimana pada setiap angkatan memiliki jenjang kepangkatan Bintara. Untuk penjelasan setiap Bintara TNI diberikan berikut ini.

a. Bintara TNI AD

Penerimaan Bintara TNI AD diperuntukkan bagi lulusan minimal SMA/MA/SMK baik negeri atau swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan. Untuk informasi selengkapnya baca pada artikel Penerimaan Bintara TNI AD

b. Bintara TNI AL

Penerimaan Bintara TNI AL diperuntukkan bagi yang berijazah minimal lulusan SMA/MA/SMK. Silahkan baca informasi lebih lanjut di artikel Penerimaan Bintara TNI AL

c. Bintara TNI AU

Penerimaan Bintara TNI AU diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA jurusan IPA dan SMK untuk jurusan tertentu sesuai kebutuhan di Bintara TNI AU. Informasi selengkapnya silahkan baca disini Penerimaan Bintara TNI AU

2. Penerimaan Calon Tamtama (Catam) TNI

Tamtama merupakan jenjang kepangkatan terendah pada kepangkatan TNI. Pada setiap angkatan di TNI, semuanya memiliki jenjang kepangkatan Tamtama. Berikut informasi tentang kepangkatan Tamtama TNI.

a. Tamtama TNI AD

Penerimaan Tamtama TNI AD diperuntukkan bagi lulusan minimal SMP / MTs atau yang setara baik negeri atau swasta yang disamakan / terakreditasi.

Bagi yang berminat, silahkan baca informasinya lebih lanjut di Penerimaan Tamtama TNI AD.

b. Tamtama TNI AL

Penerimaan Tamtama TNI AL kembali diperuntukkan bagi yang berijazah serendah-rendahnya SLTP/sederajat untuk menjadi calon Tamtama TNI AL

Untuk yang telah lama memiliki cita-cita menjadi Tamtama TNI AL, silahkan daftarkan diri anda. Baca dulu informasinya pada artikel Penerimaan Tamtama TNI AL.

c. Tamtama TNI AU

Penerimaan Tamtama TNI AU diperuntukkan bagi yang berpendidikan terakhir serendah-rendahnya SLTA/sederajat.

Jika anda berkeinginana untuk mendaftar, silahkan baca informasinya pada artikel Penerimaan Tamtama TNI AU.


Demikianlah informasi tentang Penerimaan Caba dan Catam TNI yang dapat admin bagikan. Ayo bagikan (G+1) juga informasi ini pada teman-teman lainnya.

Baca Juga : Penerimaan Anggota TNI atau Penerimaan TNI AD AL AU

Terima kasih atas kunjungan anda. Jangan lupa untuk kembali lagi. Cukup sekian dan salam sukses. Berikan G+1 dan likenya ya. Thanks.