Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024/2025

www.lpdp.depkeu.go.id 2024 -- Pendaftaran Beasiswa LPDP, Pendaftaran Beasiswa Pascasarjana, Program Beasiswa LPDP, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), Daftar LPDP Online, Info Beasiswa LPDP, Beasiswa Tesis dan Disertasi, Pendaftaran Online Beasiswa LPDP, Pendaftaran Beasiswa Afirmasi, Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). 2026. 2027.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga dapat menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran beasiswa LPDP. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Berbicara mengenai beasiswa, maka hal ini berkaitan dengan kuliah. Ketika seseorang ingin kuliah, maka harus memprediksikan terlebih dahulu biaya yang akan dikeluarkan setiap hari dan setiap semester untuk membayar biaya kuliah.

Jika seseorang telah memperhitungkan biaya kuliah yang harus dikeluarkan dan ia telah merasa tidak mampu untuk mencukupi itu, maka seseorang tersebut bisa saja membatalkan keinginannya untuk kuliah.

Hal tersebut sangat disayangkan karena orang-orang yang seperti ini yang diharapkan dapat membangung Indonesia menjadi negara yang maju.

Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan sebuah solusi dengan memberikan beasiswa kepada seseorang yang mengalami kendala dari segi pembayaran biaya kuliah terutama bagi seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor, baik di Perguruan Tinggi dalam negeri ataupun Perguruan Tinggi luar negeri

Dari keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor atau atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang Magister atau Doktor, baik di Perguruan Tinggi Dalam Negeri ataupun di Perguruan Tinggi Luar Negeri.

LPDP sebagai sebagai suatu organ yang mengelola dana pendidikan menawarkan beberapa jenis beasiswa yaitu seperti berikut ini :
  • Beasiswa Magister dan Doktor
  • Beasiswa Tesis dan Disertasi
  • Beasiswa Afirmasi
  • Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis
  • Presidential Scholarship

Dari beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan oleh LPDP, silahkan anda ikuti atau daftarkan diri dengan memilih salah satu dari beberapa beasiswa tersebut.

Agar lebih memahami mengenai jenis-jenis beasiswa LPDP, maka akan diberikan penjelasan dari masing-masing beasiswa LPDP di atas.

Jenis-jenis Beasiswa LPDP

1. Beasiswa Magister dan Doktor

Beasiswa Magister dan Doktor adalah beasiswa yang diberikan oleh LPDP kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang Magister atau Doktor di Perguruan Tinggi dalam negeri ataupun Perguruan Tinggi luar negeri.

2. Beasiswa Tesis dan Disertasi

Beasiswa Tesis dan Disertasi adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya yaitu Tesis (S2) atau Disertasi (S3) di Perguruan Tinggi dalam negeri ataupun Perguruan Tinggi luar negeri.

3. Beasiswa Afirmasi

Beasiswa Afirmasi merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang telah mengharumkan nama bangsa di level Internasional karena telah menjuarai berbagai kompetisi namun ketika mahasiswa tersebut ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor di Perguruan Tinggi dalam negeri atau pun luar negeri terkendala masalah biaya, maka dapat mengajukan beasiswa Afirmasi.

Mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu penerima Bidikmisi yang telah lulus jenjang Sarjana juga dapat mendaftar beasiswa Afirmasi

4. Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis

Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis diberikan kepada para Dokter Spesialis yang ingin melanjukan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi khusus untuk Perguruan Tinggi di dalam negeri.

5. Indonesia Presidential Scholarship

Indonesia Presidential Scholarship merupakan beasiswa yang diberikan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk menempuh pendidikan di jenjang Magister dan Doktor di berbagai Perguruan Tinggi terbaik di Dunia. Beasiswa yang satu ini diselenggarakan berkat kerjasama pihak LPDP dengan pihak Kepresidenan RI.

Putra-putri terbaik Indonesia tersebut nantinya setelah menyelesaikan pendidikannnya harus kembali ke Indonesia dan harus membantu dalam mengisi dan menyiapkan Indonesia menjadi negara yang maju pada 100 tahun kemerdekaan RI pada tahun 2045.

Itulah sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis beasiswa LPDP. Penjelasan lebih lengkap dapat anda baca langsung di website resmi LPDP.

Bagi anda yang ingin mendaftar, maka harus dapat memenuhi persyaratan umum berikut yang berlaku untuk setiap jenis beasiswa LPDP.

Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa LPDP
  1. Warga negara Indonesia yang ditunjukkan dengan identitas kependudukan yang sah. 
  2. Lulusan program studi :
    • Perguruan Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
    • Perguruan Tinggi kedinasan yang diakui oleh pemerintah Indonesia.
    • Perguruan Tinggi di luar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan dengan pengalaman memimpin sebuah organisasi atau lembaga yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.
  4. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.
  5. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum.
  6. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik.
  7. Menandatangani Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia.
  8. Menandatangani Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain.
  9. Mendapatkan Surat Tugas Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.
  10. Memiliki Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum / tidak sedang bekerja.
  11. Memilih program studi dan/atau perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP.
  12. Mengupload Essay (500 - 700 kata) dengan tema :
    • Peranku bagi Indonesia
    • Sukses terbesar dalam hidupku.
    • Rencana Studi untuk program Magister.

Itulah persyaratan umum pendaftaran beasiswa LPDP yang harus dipenuhi. Selain itu, anda juga wajib memenuhi persyaratan khusus untuk masing-masing jenis beasiswa LPDP. Persyaratan khusus untuk masing-masing beasiswa LPDP tersebut dapat anda lihat langsung diwebsite resmi LPDP.

Setelah anda dapat memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus, maka selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran dengan tata cara seperti yang diberikan berikut ini.

Alur Pendaftaran Beasiswa LPDP

Pendaftaran Beasiswa LPDP dilakukan secara online melalui alamat resmi khusus pendaftaran yaitu www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id

Bagi yang sudah punya akun silahkan login menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya, sedangkan bagi yang belum punya akun terlebih dahulu harus membuat akun dengan klik tombol "buat akun" pada halaman tersebut.

Setelah membuat akun, anda dapat login dan kemudian melakukan pendaftaran dengan mengunggah semua dokumen pendukung dan mengisi formulir pendaftaran sesuai format yang diberikan. (Semua dokumen dapat dilihat pada dokumen petunjuk beasiswa).

Seluruh dokumen pendukung yang diunggah harus dokumen asli (bukan foto kopian) dan cetak formulir pendaftaran online harus dibawa pada tahap seleksi wawancara. Dokumen pendukung yang dimaksud yaitu sebagai berikut :

Formulir dan Dokumen Pendukung Beasiswa LPDP
  1. Cetak Formulir Pendaftaran Online.
  2. Ijazah dan Transkrip Asli.
  3. Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL dan yang setara.
  4. Sertifikat Prestasi.
  5. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Hukum.
  6. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Kode Etik Akademik.
  7. Surat Pernyataan mengabdi Kepada Kepentingan Bangsa Indonesia.
  8. Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa dari Sumber lain.
  9. Surat Ijin Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.
  10. Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.
  11. Essay

Itulah alur pendaftaran yang dapat anda lakukan pada jika ingin mendaftar beasiswa LPDP. Selanjutnya anda perlu mengetahui tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon peserta beasiswa LPDP. Berikut tahapannya :

Tahapan seleksi beasiswa LPDP

Setelah anda melakukan pendaftaran seperti alur di atas, selanjutnya panitia akan melakukan seleksi administrasi terhadap berkas-berkas anda. Apabila berkas-berkas sesuai dengan persyaratan dari panitia, maka anda akan dinyatakan lulus seleksi administrasi, dan setelah lulus seleksi administrasi selanjutnya anda harus mengikuti seleksi wawancara. Setelah mengikuti seleksi wawancara maka tinggal menunggu pengumuman kelulusan. Berikut rincian proses seleksi :
  • Seleksi adminitrasi
  • Tes wawancara (bagi yang lulus seleksi administrasi)
  • Melihat pengumuman kelulusan 

Selanjutnya anda perlu mengetahui jadwal pelaksanaan pendaftaran beasiswa LPDP agar anda bisa melakukan pendaftaran sesuai jadwal tersebut. Jadwal pelaksanaan beasiswa LPDP dibagi ke dalam beberapa periode, berikut informasinya :

Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 
  • Seperti tahun lalu, pendaftaran dibuka untuk 4 periode. Untuk tahun ini kemungkian juga demikian. Untuk jadwal pasti dapat dilihat di websi resmi.

Daftar Nama-nama Perguruan Tinggi Tujuan Beasiswa LPDP

Berikut ini akan diberikan daftar nama-nama Perguruan tinggi tujuan Beasiswa LPDP, baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.

a. Perguruan Tinggi Dalam Negeri
  1. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel, Surabaya
  2. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo, Semarang
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  4. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  6. Universitas Airlangga, Surabaya
  7. Universitas Brawijaya, Malang
  8. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  9. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  10. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  11. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  12. Universitas Indonesia (UI), Jakarta
  13. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  14. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta
  15. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang
  16. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  17. Universitas Andalas (UNAND), Padang

b. Perguruan Tinggi Tujuan Spesialis Kedokteran
  1. Universitas Indonesia (UI), Jakarta
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  3. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  4. Universitas Airlangga, Surabaya
  5. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  6. Universitas Brawijaya, Malang
  7. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar

Selain nama-nama Perguruan Tinggi Dalam Negeri di atas, masih banyak lagi Perguruan Tinggi diluar Negeri yang menjadi tujuan Beasiswa LPDP seperti Perguruan Tinggi beberapa negera berikut
  • Australia, Amerika Serikat, Britania Raya, Belanda, Jerman, Belgia, Kanada, China, Denmark, Finlandia, Perancis, Hongkong, India, Irlandia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Maroko, Mesir, New Zeland, Norwegia, Pakistan, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, dan Turki.

Untuk mengetahui daftar Perguruan Tinggi diluar Negeri yang menjadi tujuan Beasiswa LPDP maka dapat anda lihat langsung di website resmi Beasiswa LPDP.

Untuk alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi berkaitan dengan Beasiswa LPDP adalah Gedung A.A. Maramis II Lantai 2, Jalan Lapangan Banteng Timur No. 1, Jakarta 10710, Telepon (021) 3808392, Fax (021) 384 6474, Situs resmi : www.lpdp.depkeu.go.id

Catatan Penting :
  • Untuk informasi yang belum dimuat disini, maka dapat anda lihat langsung di website resmi Beasiswa LPDP
  • Apabila ada perubahan atau perbedaaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi beasiswa LPDP.

Selain beasiswa LPDP, adapula beasiswa lainnya yang diperuntukkan bagi calon dosen, dosen, calon mahasiswa, mahasiswa, dan tenaga kependidikan yaitu Beasiswa DIKTI.

Khusus untuk calon mahasiswa jenjang D3 dan S1 dapat mengusulkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi, dan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang D4 atau S1 dapat mendaftar Djarum Beasiswa Plus.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Beasiswa LPDP. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin disini turut mendoakan semoga anda bisa mendapatkan salah beasiswa LPDP yang anda inginkan. Terima kasih admin ucapkan kepada para pengunjung setia yang telah meluangkan waktu untuk membaca informasi ini. Sekian informasi dari admin dan semoga kita menjadi orang yang sukses sejak muda. Aamiin.