Pendaftaran Beasiswa DIKTI 2024/2025

beasiswa.ristekdikti.go.id 2024 -- Pendaftaran Beasiswa Dikti, Penerimaan Beasiswa Dikti, Info Beasiswa Dikti, Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Pascasarjana, Beasiswa Dosen dan Tenaga Kependidikan, Beasiswa Mahasiswa, Beasiswa Perguruan Tinggi, Beasiswa Pendidikan, Bidang Penalaran, Bidang Minat dan Bakat, Hibah Institusi, Beasiswa Dalam Negeri, Beasiswa Luar Negeri. 2026. 2027.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Beasiswa DIKTI 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga dapat menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran beasiswa DIKTI. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Mahalnya biaya kuliah terkadang menjadikan niat seseorang untuk kuliah dapat terhalangi. Mahalnya biaya kuliah menjadi pertimbangan penting ketika seseorang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pemerintah bersama lembaga yang menaugi bidang Pendidikan berusaha memberikan sebuah solusi untuk meringankan beban pada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dalam hal ini, Penerintah dan lembaga terkait memberikan beasiswa kepada mereka yang berhak dan layak untuk mendapatkannya. Beasiswa yang dimaksud disini adalah Beasiswa DIKTI.

Dengan adanya beasiswa DIKTI ini, maka seseorang yang ingin kuliah ke jenjang yang lebih tinggi dan mampu memenuhi persyaratan dari beasiswa DIKTI yang diajukan, maka seseorang tersebut bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Ada banyak sekali beasiswa yang ditawarkan oleh DIKTI kepada mereka yang mampu memenuhi persyaratannya seperti beasiswa Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, serta beasiswa pendidikan untuk berbagai kalangan seperti calon mahasiswa, calon dosen, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan lain-lain.

Beberapa beasiswa pendidikan yang ditawarkan DIKTI tersebut diantaranya adalah :
  • Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  • Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM)
  • Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI)
  • Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)
  • Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)
  • Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)
  • Beasiswa Dikti Talent Scouting

Melihat banyaknya beasiswa yang ditawarkan oleh DIKTI, maka pilihlah salat satu yang sesuai dengan ketentuan yang ada. Agar lebih memahaminya, maka akan diberikan penjelasan dari masing-masing beasiswa di atas.

1. Bantuan Biaya Pendidikan KIP Kuliah

KIP Kuliah bukanlah suatu beasiswa, namun merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi, yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan pendidikan ke suatu Perguruan Tinggi.

KIP Kuliah yang bisa diikuti terdiri dari KIP Kuliah jalur SNMPTN, KIP Kuliah jalur SBMPTN, KIP kuliah jalur SNMPN, KIP Kuliah SBMPN, dan KIP Kuliah jalur mandiri PTN / PTS.

Calon peserta yang ingin mendaftar KIP Kuliah terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya dapat menggunakan kode akses pendaftaran dari Kepala Sekolah untuk melakukan pendaftaran ke alamat resmi KIP Kuliah yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id lalu pilih menu siswa.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan hal terkait lainnya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah.

2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA merupakan suatu beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh Pendidikan di suatu Perguruan Tinggi, baik di PTN atau PTS.

Calon peserta yang ingin mendaftar harus memiliki prestasi yang unggul dilihat dari IPK terakhir saat mendaftar yang besarnya ditentukan oleh masing-masing PTN atau PTS tempat anda kuliah.

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan selengkapnya dapat anda tanyakan langsung pada bagian keuangan atau bagian yang menangani beasiswa di kampus anda.

3. Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM)

Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

BBM ini berbeda dengan KIP Kuliah. KIP Kuliah diusulkan sebelum menjadi mahasiswa dan peserta akan mendapatkan KIP Kuliah setelah dinyatakan lulus seleksi. Sedangkan BBM diusulkan ketika peserta telah menjadi mahasiswa di PTN atau PTS.

Ada kesamaan tujuan dari BBM dan KIP Kuliah, yaitu membiaya kuliahnya mahasiswa dari keluarga kurang mampu agar kuliahnya dapat berjalan lancar tidak ada halangan masalah biaya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) ini dapat anda tanyakan langsung pada bagian keuangan atau bagian yang menangani beasiswa di kampus anda.

4. Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI)

Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI) diberikan kepada mereka yang pernah mengharumkan nama Indonesia di level Internasional.

Bagi yang telah menjadi mahasiswa, maka Pemerintah akan memberikan beasiswa ini setelah anda memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku, sedangkan bagi siswa maka akan diberikan kemudahan untuk bisa masuk ke PTN yang diinginkan agar diterima di PTN tersebut serta nantinya akan diberi beasiswa.

Informasi lebih lanjut dapat anda lihat langsung pada website resmi DIKTI di alamat berikut http://beasiswa.dikti.go.id/

5. Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)

Beasiswa PKPI diperuntukkan bagi mahasiswa S3 (Doktor) pada Pascasarjana penyelenggara BPP-DN untuk menambah wawasan dan pengalaman di level internasional. 

Untuk bisa mendaftar, maka calon peserta harus melengkap form pendaftaran online yang tersedia di website DIKTI dan kemudian memenuhi persyaratan lainya juga. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat http://beasiswa.dikti.go.id/pkpi/ . Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada alamat tersebut.

6. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)

BPP-DN merupakan beasiswa yang diberikan untuk calon dosen, dosen,dan tenaga kependidikan di lingkungan kemendikbud yang memiliki motivasi yang kuat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor di Perguruan Tinggi Dalam Negeri.

Bagi anda yang berminat mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa ini (BPP-DN), Silahkan penuhi persyaratannya dan mendaftar secara online melalui alamat http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn/ . Informasi lainnya dapat anda baca pada alamat tersebut.

7. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)

BPP-LN merupakan beasiswa yang diberikan kepada calon dosen, dosen, dan tenaga kepandidikan di lingkungan kemendikbud yang memiliki keinginan kuat untuk menempuh pendidikan jenjang Magister atau Doktor di Perguruan Tinggi Luar Negeri.

Calon peserta yang ingin mendaftar harus mampu memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan DIKTI. Informasi lebih lanjut mengenai BPP-LN silahkan anda lihat di alamat berikut ini : http://beasiswa.dikti.go.id/bppln/

8. Beasiswa Dikti Talent Scouting

Beasiswa Dikti Talent Scouting adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi dosen tetap dari suatu Perguruan Tinggi di lingkungan Kemendikbud yang berencana melanjutkan pendidikan jenjang S3 ke luar negeri untuk mengikuti Program pelatihan Dosen.

Persyaratan Pendaftaran Program Talent Scouting
  • Memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN)
  • Usia maksimal 49 tahun.
  • Sudah memiliki gelar Magister (S2) atau yang setara dan belum memiliki gelar doktor (S3)
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris (nilai TOEFL ITP minimal 500 atau IELTS minimal 5,5)
  • Bersedia mengikuti pelatihan selama 1 hari.

Informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Dikti Talent Scouting dapat anda baca di alamat berikut : http://beasiswa.dikti.go.id/talentscouting/ 

Selain beasiswa DIKTI, adapula beasiswa lainnya yang diperuntukan bagi mahasiswa atau calon mahasiswa pada jenjang Magister dan Doktor. Beasiswa tersebut yaitu Beasiswa LPDP, dan untuk mahasiswa jenjang Diploma 4 atau Sarjana ada Djarum Beasiswa Plus, sedangkan untuk calon mahasiswa jenjang Diploma 3 atau Sarjana yaitu KIP Kuliah.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Beasiswa DIKTI. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk anda terutama yang sedang mencari info beasiswa.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa mendapatkan beasiswa DIKTI yang anda inginkan. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada anda pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca disini. Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua.