Pendaftaran UTM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.trunojoyo.ac.id 2024 -- Pendaftaran UTM Online, Pendaftaran Online UTM, PMB UTM / UNIJOYO, Pendaftaran Mahasiswa Baru UTM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UTM, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UTM, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UTM, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Trunojoyo Madura. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UTM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, diharapkan bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa baru UTM. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Universitas Trunojoyo Madura atau yang dikenal dengan disingkat Unijoyo atau UTM adalah Perguruan Tinggi Negeri yang beralamatkan di l. Raya Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura 16912, Jawa Timur, Indonesia.

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) telah diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada 23 Juli 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

Pada saat ini, Fakultas dan program studi yang ada di Universitas Trunojoyo Madura (UTM), yaitu :
  • Fakultas Hukum : Prodi Ilmu Hukum (S1)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Prodi Manajemen (S2), Prodi Akuntansi Forensik (S2), Prodi Manajemen (S1), Prodi Akuntansi (S1), Prodi Ekonomi Pembangunan (S1),  Prodi Akuntansi Sektor Publik (D3), dan Prodi Enterpreneurship (D3), 
  • Fakultas Pertanian : Prodi Teknologi Industri Pertanian (S1), Prodi Agribisnis (S1), Prodi Agroekoteknologi (S1), dan Prodi Ilmu Kelautan (S1).
  • Fakultas Teknik :  Prodi Teknik Industri (S1), Prodi Teknik Informatika (S1), Prodi Teknik Elektro (S1), Prodi Manajemen Informatika (D3),  Prodi Mekatronika (D3), Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) : Prodi Sosiologi (S1), Prodi Sastra Inggris (S1), Prodi Ilmu Komunikasi (S1), dan Prodi Psikologi (S1).
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) : Prodi PGSD (S1), Prodi Pendidikan Informatika (S1), Prodi Pendidikan IPA, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, serta Prodi Pendidikan bahasa dan sastra indonesia.
  • Fakultas Ilmu-Ilmu Keislaman (FIK) : Prodi Hukum Bisnis Syariah (S1) dan Prodi Ekonomi Syariah (S1)

Dari beberapa program studi yang ada di UTM tersebut, mugkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UTM.

Bagi anda yang berminat untuk mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UTM, maka anda perlu megetahui salah satu informasi penting yaitu tentang jalut-jalur penerimaan mahasiswa baru UTM yang dibuka pada tahun ini.

Pada tahun ini UTM kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri. Penjelasan lebih lanjut mengenai jalur seleksi yang dibuka oleh UTM akan diberikan berikut ini.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UTM Jalur Seleksi Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah bertindak sebagai panitia.

Ada beberapa jalur seleksi yang diselenggarakan oleh pemerintah yaitu SNBP, SNBT, dan KIP Kuliah. UTM merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam seleksi jalur nasional tersebut.

1. Pendaftaran UTM Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi masuk PTN tanpa tes tertulis yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi SNBP dilakukan dengan didasarkan pada nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang dimiliki siswa.

Jika ingin mendaftar SNBP, terlebih dahulu harus direkomendasikan oleh kepala sekolah. Setelah itu barulah bisa melengkapi formulir pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UTM Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi masuk ke PTN melalui ujian tulis UTBK, serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir dari jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur ini jika memenuhi persyaratan.

Jika tertarik untuk mendaftar SNBT, silahkan kunjungi laman resmi SNBT untuk mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia. Isilah data sesuai dengan identitas yang kamu miliki.

Informasi lain seperti panduan pendaftaran, syarat pendaftaran, jadwal seleksi, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UTM

Kekurangan ekonomi bukan menjadi alasan untuk tidak kuliah. Pemerintah telah berusaha untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk bisa kuliah dengan cara memberikan bantuan biaya pendidikan.

Pemberian bantuan biaya pendidikan tersebut dikenal dengan nama Bidikmisi.

Bidikmisi kini telah diubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-Kuliah.

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada siswa SLTA sederajat yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi tetapi terkendala masalah ekonomi namun calon peserta memiliki potensi akademik baik semasa di sekolah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Informasi selengkapnya mengenai KIP Kuliah ini seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, pertanyaan dan solusi seputar KIP Kuliah, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UTM Jalur Seleksi Mandiri

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Jalur mandiri UTM terdiri dari SMMUTM D3 dan SMMUTM Umum. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pendaftaran Jalur SMMUTM D3

SMMUTM D3 atau Seleksi Mandiri Masuk UTM D3 merupakan jalur seleksi masuk ke UTM melalui tes tertulis yang diperuntukkan bagi calon peserta yang ingin melanjutkan pendidikan program Diploma 3 di UTM.

Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta yang telah lulus jenjang SMA / sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftaran direncanakan dibuka untuk 2 gelombang. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pmb.trunojoyo.ac.id . Informasi lainnya dapat dilihat langsung melalui alamat tersebut.

2. Pendaftaran Jalur SMMUTM Umum

SMMUTM Umum merupakan jalur seleksi mandiri masuk ke UTM yang dibuka untuk calon mahasiswa yang melanjutkan pendidikan jenjang Sarjana di UTM.

Sama seperti pada jalur SMMUTM D3 di atas bahwa jalur ini diperuntukan bagi calon peserta lulusan SMA / sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Untuk seleksi jalur SMMUTM Umum dilakukan melalui tes tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pmb.trunojoyo.ac.id . Untuk informasi lainnya dapat anda akses melalui alamat tersebut.

Penting!!!

Untuk informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UTM yang belum dimuat disini, maka dapat anda lihat langsung di website resmi UTM, atau apabila perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UTM.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UTM (Universitas Trunojoyo Madura). Semoga informasi tersebut bermanfaat dan juga bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin selaku pengurus web ini turut serta mendoakan yang terbaik untuk anda agar bisa lulus seleksi. Selain itu, admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengujung setia yang telah meluangkan waktunya untuk membaca disini. 

Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.