Pendaftaran USN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.usn.ac.id 2024 -- Pendaftaran USN Online, Pendaftaran Online USN, PMB USN, Pendaftaran Mahasiswa Baru USN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru USN, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran USN, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Pendaftaran Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas 19 November Kolako. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran USN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru USN. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

USN atau Universitas Sembilanbelas November Kolaka adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

USN telah didirikan pada tanggal 16 April 1984 dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kolaka.

Pada tanggal 2 April 2014, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kolak berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan nama Universitas Sembilanbelas November atau Universitas 19 November yang disingkat USN.

Program Studi yang ada di Universitas Sembilanbelas November (USN) yaitu :
  • Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Ilmu Hukum, Sistem Informasi, Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, Administrasi Negara, Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, dan Budidaya Perikanan

Dari sejumlah program studi yang ada di USN tersebut, mungkin saja ada salah satunya yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru USN pada tahun ini.

Pada saat anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru USN, maka anda perlu mengetahui informasi penting yaitu jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh USN.

Pada tahun ini, USN turut berpartisipasi dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Jalur seleksi nasional tersebut terdiri dari jalur SNBP dan SNBT.

Selain itu, USN juga menyelenggarakan jalur seleksi mandiri untuk menerima mahsiswa baru. Jalur ini menjadi jalur terakhir untuk bisa masuk dan kuliah di USN.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru USN yang dibuka pada tahun ini.

A. Pendaftaran USN Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa SMA / MA / SMK berprestasi yang akan lulus di tahun ini.

Rekomendasi kepala sekolah menjadi langkah awal proses pendaftaran SNBP. Calon peserta yang telah direkomendaskam dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Informasi lengkap SNBP seperti cara pendaftaran, syarat pendaftaran, biaya pendaftaran, tanggal pendaftaran, tahapan seleksi, prinsip seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan mengikuti SNBP, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran USN Jalur SNBT

SNBT adalah seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri yang seleksi penerimaan mahasiswa barunya dilakukan melalui ujian tertulis.

Jalur SNBT ini dapat diikuti oleh siswa SLTA sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Tanpa melalui pihak sekolah, pendaftaran SNBP langsung dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengunjungi laman resmi untuk melakukan pendaftaran SNBT secara online.

Informasi tentang jadwal pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, pengumuman SNBT, dan info lainnya dapat dibaca pada artikel  Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran USN Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Panitia dari USN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Jalur ini menjadi alternatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP atau SNBT namun telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru USN melalui jalur mandiri ini.

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui alamat website pmb.usn.ac.id . Informasi lainnya dapat anda baca pada alamat tersebut. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

D. Pendaftaran KIP Kuliah USN

Bidikmisi merupakan program penyaluran biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara finansial.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki akademik baik selama di SLTA tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat web kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Informasi lebih lanjut seperti syarat mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikian informasi tentang Pendaftaran USN (Universitas Sembilanbelas November) yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan bagi anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk ke USN dan nantinya bisa belajar disana. Admin juga mengucapkan terima kasih untu anda yang telah meluangkan waktu untuk membca informsi di web ini.

Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Ayo sukai halaman web kami dan turut berbagi pada teman anda yang membutuhkan.