Pendaftaran UPR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.upr.ac.id 2024 -- Pendaftaran UPR Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UPR Online, Pendaftaran Online UPR, PMB UPR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UPR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UPR, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UPR, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UPR, Universitas Palangka Raya / UPR / UNPAR. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UPR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran calon mahasiswa baru UPR. Mari simak informasinya beirkut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UPR atau Universitas Palangka Raya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri pertama dan tertua di Kalimantan Tengah yang didirikan pada 10 November 1963.

Lokasi kampus Universitas Palangka Raya (UPR) yaitu di Jl. Kampus Tunjung Nyaho Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia.

Fakultas, Jurusan dan Program Studi yang ada di Universitas Palangka Raya (UPR), yaitu :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni : S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Pendidikan MIPA :  S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Fisika. Jurusan Pendidikan Teknik Kejuruan : S1 Pendidikan Teknik Mesin, S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Pendidikan IPS : S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), S1 Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ilmu Pendidikan : S1 Pendidikan Luar Sekolah, S1 Bimbingan dan Konseling, S1 Teknologi Pendidikan, S1 Administrasi Pendidikan, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). 
  • Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Akuntansi.
  • Fakultas Pertanian (FP) terdiri dari S1 Agroteknologi, S1 Agribisnis, S1 Kehutanan, S1 Manajemen Sumberdaya Perairan, S1 Budidaya Perairan, S1 Teknologi Hasil Perikanan, S1 Ilmu Ternak.
  • Fakultas Teknik (FT) terdiri dari S1 Teknik Sipil, S1 Arsitektur, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Pertambangan.
  • Fakultas Hukum (FH) terdiri dari S1 Ilmu Hukum.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) terdiri dari S1 Sosiologi, S1 Administrasi Negara, S1 Ilmu Pemerintahan.
  • Fakultas Kedokteran (FK) terdiri dari S1 Pendidikan Dokter.
  • Program Magister (S2) terdiri dari Manajemen, Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Ilmu Hukum.

Dari sejumlah program studi yang ada di Universitas Palangka Raya (UPR) tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Universitas Palangka Raya (UPR) pada tahun ini.

Sebelum anda mendaftar, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur seleksi apa saja yang dibuka oleh Universitas Palangka Raya (UPR) untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya. Berikut informasiya untuk anda.

A. Pendaftaran UPR Jalur SNBP

SNBP adalah seleksi nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari penelusuran nilai raport dan portofolio akademik.

Calon peserta yang akan mendaftar SNBP harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Calon peserta yang telah direkomendasikan harus melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, tahapan seleksi, jadwal pelaksanaan, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain lebih lengkap mengenai SNBP, dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UPR Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa lulusan jenjang SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi dilakukan melalui penilaian dari hasil ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Silahkan kunjungi laman resmi untuk melakukan pendaftaran online SNBT.

Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, jadwal seleksi, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran KIP Kuliah UPR

UPR adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswanya yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Bantuan yang dimaksud yaitu Bidikmisi.

Bidikmisi kini telah diubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-Kuliah.

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada calon mahasiswa yang terkendala masalah ekonomi untuk kuliah  namun memiliki potensi akademik baik semasa di sekolah.

Dengan adanya KIP Kuliah ini, maka diharapkan calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu tetap bersemangat tinggi untuk kuliah tanpa harus memikirkan bayaran biaya kuliah.

Peserta dapat mendaftar KIP Kuliah secara online melalui alamat web kip-kuliah.kemdikbud.go.id 

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Syarat mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat dibaca  selengkapnya pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

D. Pendaftaran SMMPTN Barat

Universitas Palangka Raya adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur seleksi SMMPTN Barat. Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke Universitas Palangka Raya, maka bisa mengikuti seleksi jalur ini.

Silahkan baca informasi selengkapnya : Pendaftaran SMMPTN Barat

E. Pendaftaran Pascasarjana UPR

UPR kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat untuk kuliah jenjang Pascasarjana di UPR, silahkan daftarkan diri anda dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran. Informasi pendaftaran dapat anda baca selengkapny di alamat www.upr.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UPR (Universitas Palangka Raya). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat melengkapi informasi anda sebelumnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.

Mari turut berbagi  informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.