Pendaftaran UNTIDAR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.untidar.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNTIDAR Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNTIDAR Online, Pendaftaran Online UNTIDAR, PMB UNTIDAR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTIDAR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIDAR, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNTIDAR, Jalur SNBP, SNBT, SMM-Untidar, Mandiri, PPs UNTIDAR, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Tidar (UNTIDAR). 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNTIDAR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, diharapkan bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNTIDAR. Mari simak informasinya berikut ini

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa. Di Jawa Tengah terdapat banyak sekali Perguruan Tinggi Negeri ternama seperti UNDIP, UNNES, UNS, UNTIDAR, dan lain sebagainya.

UNTIDAR atau Universitas Tidar adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Jawa Tengah tepatnya berada di Magelang yaitu di Jl. Kapten S. Parman No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Jawa Tengah 56116, Indonesia.

Sejarah singkat tentang pendirian UNTIDAR yaitu : UNTIDAR diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Peraturan Presiden No. 23 Tahun 2014 tanggal 1 April 2014 dan diproklamasikan dengan penandatangan prasasti oleh Presiden RI ke-6 yaitu Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara pada 2 April 2014.

Pada saat ini, Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Tidar (UNTIDAR) yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan, DIII Akuntansi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi S1 Agroteknologi
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Sipil, D3 Teknik Mesin

Dari sejumlah program studi yang ada di UNTIDAR tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan anda pilih program studi tersebut dengan cara mendaftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNTIDAR.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNTIDAR, maka anda perlu mengetahui informasi tentang jalur-jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru UNTIDAR.

Pada tahun ini, UNTIDAR kembali membuka beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pendaftaran UNTIDAR Jalur SNBP

Seperti Perguruan Tinggi Negeri lainnya bahwa UNTIDAR merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur seleksi SNBP

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi, dan mereka adalah siswa yang akan lulus di tahun ini.

Rekomendasi kepala sekolah menjadi langkah awal proses pendaftaran SNBP. Siswa yang telah direkomendaskam dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Untuk informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran SNBP Undangan.

2. Pendaftaran UNTIDAR Jalur SNBT

Selain SNBP, UNTIDAR juga tergabung dalam seleksi jalur SNBT. Jalur SNBT seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Jalur SNBT ini dapat diikuti oleh siswa SLTA sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. 

Tanpa melalui pihak sekolah, pendaftaran SNBT langsung dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengunjungi laman resmi untuk melakukan pendaftaran SNBT secara online.

Untuk penjelasan yang dibutuhkan seperti persyaratan pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan penjelasan lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNTIDAR

Pada saat ini, calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu tidak perlu bingung memikirkan mahalnya biaya pendidikan.

Mengenai biaya pendidikan yang mungkin tidak terjangkau oleh calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu, maka pemerintah telah berupaya untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang demikian itu.

Jadi bagi anda yang merasa bahwa keluarga kurang mampu untuk membiayai pendidikan anda, maka anda dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan kepada pemerintah yang dikenal dengan sebutan Bidikmisi.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat web kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lebih lanjut seperti syarat mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri

Jalur seleksi mandiri merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh UNTIDAR. Jalur mandiri UNTIDAR dikenal dengan nama SMM-UNTIDAR.

SMM-UNTIDAR atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Mandiri Masuk Universitas Tidar adalah jalur masuk ke UNTIDAR yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Memiliki Ijazah Lulusan SMA, MA, SMK, MAK atau sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Bagi lulusan tahun ini yang belum memiliki Ijazah, memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas photo yang bersangkutan dan dicap.
  3. Lulusan paket C (dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dan fotokopi raport tiga tahun terakhir).
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar

Setelah dapat memenuhi persyaratan di atas, selanjutnya calon peserta dapat melakukan pendaftaran jalur SMM-Untidar ke alamat smm.untidar.ac.id . Informasi lainnya dapat diakses melalui alamat tersebut.

Penting!!!
Untuk informasi yang belum dimuat disini maka dapat anda lihat langsung di alamat pendaftaran yang telah diberikan. Apabila aa perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.
Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UNTIDAR (Universitas Tidar). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat bermanfaat untuk para pembaca semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNTIDAR melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi disini.

Cukup sekian dan salam sukses selalu. Ayo sukai halaman web kami dan turut berbagi pada teman lainnya.