Pendaftaran UNSOED 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

spmb.unsoed.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSOED Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNSOED Online, Pendaftaran Online UNSOED, PMB UNSOED, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSOED, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSOED, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNSOED, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNSOED, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Soedirman. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNSOED 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi yang admin berikan ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam proses pendaftaran mahasiswa baru UNSOED. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama seperti UNSOED, UNNES, UNDIP, UNS, dan lain-lain.

UNSOED atau Universitas Jenderal Soedirman adalah salah satu PTN yang ada di Jawa Tengah tepatnya berlokasi di Jl. Prof. H.R. Boenyamin No. 708, Purwokerto, Jawa Tengah 53122, Indonesia.

UNSOED telah didirikan pada tanggal 23 September 1963 yang didasarkan pada Keputusan Presiden RI No.195/1963 dan SK Menteri No. 153/1963. Moto UNSOED adalah Maju Terus Pantang Menyerah.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Jenderal Seodirman (UNSOED), yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Kedokteran (FK) terdiri dari Program Studi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter, S1 Kedokteran Gigi.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) terdiri dari Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Keperawatan, S1 Farmasi, S1 Ilmu Gizi, S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi.
  • Fakultas MIPA terdiri dari Program Studi S1 Kimia, S1 Matematika, S1 Fisika.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Geologi, S1 Teknik Informatika, D3 Teknik Industri.
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) terdiri dari Program Studi S1 Manajemen SumberDaya Perairan/MSP, S1 Budidaya Perairan/BDP, S1 Ilmu Kelautan/KLT.
  • Fakultas Biologi (Fabio) terdiri dari Program Studi S1 Biologi, D3 Pengelolaan Sumber Daya Perikanan.
  • Fakultas Peternakan (Fapet) terdiri dari Program Studi S1 Peternakan, D3 Produksi Ternak.
  • Fakultas Pertanian (Faperta) terdiri dari Program Studi S1 Agroteknologi, S1 Agrobisnis, S1 Teknik Pertanian, S1 Teknologi Hasil Pertanian / Ilmu dan Teknologi Pangan, D3 Agrobisnis, D3 Perencanaan Sumber Daya Lahan.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdiri dari Program Studi S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan/IESP, D3 Akuntansi, D3 Kesekretariatan, D3 Administrasi Keuangan, D3 Bisnis Internasional / Manajemen Perdagangan, S1 Pendidikan Ekonomi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari Program Studi S1 Sosiologi, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Politik, S1 Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), S1 Sastra Indonesia, S1 Sastra Inggris, D3 Bahasa Inggris, D3 Bahasa Mandarin, S1 Sastra Jepang, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris.
  • Fakultas Hukum (FH) terdiri dari Program Studi S1 Ilmu Hukum.
  • Program Pascasarjana (Magister) terdiri dari Program Studi Manajemen (MM dan MSi), Ilmu Administrasi, Ilmu Ekonomi, Ilmu Lingkungan, Agronomi, Ilmu Peterrnakan, Biologi, Ilmu Hukum, Akuntansi, Sosiologi, dan Komunikasi
  • Program Pascasarjana (Doktor) terdiri dari Program Studi Ilmu Manajemen, Ilmu Biologi, Ilmu Pertanian, dan Ilmu Peternakan.

Dari sekian banyaknya program studi yang ada di UNSOED tersebut maka bisa menjadi pilihan bagi anda yang berminat untuk kuliah di UNSOED.

Anda dapat memilih progrm studi yang ada di UNSOED tersebut tentunya harus disesuikan dengan kemampuan, minat, dan bakat yang anda miliki.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri anda untuk kuliah di UNSOED, maka anda perlu mengetahui salah satu informasi penting yaitu mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNSOED.

Dengan mengetahui jalur-jalur masuk UNSOED, maka anda dapat menentukan salah satu jalur yang akan anda ikuti. Pilihlah salah satu jalur yang diprediksikan dapat memberi peluang untuk lulus lebih besar.

Pada tahun ini, UNSOED membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Informasi mengenai kedua jalur tersebut diberikan berikut ini.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNSOED Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh pemerintah. Jalur nasional tersebut terdiri dari jalur SNBP dan jalur SNBT.

Jalur SNBP terkenal dengan nama jalur seleksi undangan yang biayanya gratis, sedangkan jalur SNBT terkenal dengan nama jalur tertulis yang biayanya ditanggung oleh peserta. Berikut informasi selengkapnya.

1. Pendaftaran UNSOED Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi masuk ke PTN yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah tahun ini.

Seleksi SNBP didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki siswa-siswi terutama dilihat dari nilai raport dan potofolio akademik.

Pendaftaran SNBP diawali dari rekomendasi kepala sekolah dengan mengisi data seokolah dan data siswa di laman PDSS. Siswa yang telah direkomendasikan akan diberi kode akses untuk login ke laman resmi pendaftaran lalu melengkapi data pendaftaran.

Informasi penting lainnya seperti cara pendaftaran, link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, tanggal atau jadwal pendaftaran, tahapan seleksi, jumlah pilihan PTN, dan info lainya dapat dibaca secara lengkap pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNSOED Jalur SNBT

SNBT merupakan jalur seleksi masuk ke PTN yang diperuntukkan bagi peserta yang telah lulus sekolah maksimal 3 tahun terakhir, termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi dilakukan melalui ujian UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Pendaftaran SNBT secara online di laman resminya. Link resmi pendaftaran dapat ditemukan di akhir pembahasan ini yang ada di artikel lanjutan.

Informasi mengenai panduan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan pengumuman SNBT, lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNSOED

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Proses pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Keterangan lain seperti cara daftar KIP-Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan lainnya terkait KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNSOED Jalur Mandiri

Selain melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNSOED juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur seleksi mandiri UNSOED disebut dengan SPMB UNSOED. Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah jenjang Diploma, Sarjana, atau Pascasarjana di UNSOED.

Dalam SPMB Mandiri UNSOED, seleksi dilakukan dengan menggunakan hasil ujian tertulis atau paduan hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

1. Pendaftaran SPMB Diploma

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Diploma di UNSOED, maka bisa mengikuti seleksi masuk melalui jalur SPMB Diploma. Jalur ini ditujukan bagi peserta lulusan SMA / sederajat 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda.

2. Pendaftaran SPMB Sarjana

Salah satu tujuan dari jalur SPMB mandiri jenjang Sarjana ini yaitu memberikan kesempatan kepada calon peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP atau SNBT tetapi tidak lulus, maka masih memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SPMB mandiri Sarjana.

Seperti pada SPMB Diploma, jalur SPMB Sarjana juga ditujukan bagi peserta lulusan SMA / sederajat 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

3. Pendaftaran SPMB Pascasarjana

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UNSOED, maka bisa mengikuti seleksi masuk melalui jalur SPMB Pascasarjana. Seleksi terdiri dari ujian tertulis dan wawancara. Bagi yang berminat silahkan daftarkan diri anda.


Penting!!!

Informasi lebih lanjut mengenai SPMB Diploma dan Sarjana dapat anda lihat selengkapnya dapat anda lihat di alamat spmb.unsoed.ac.id , Sedangkan informasi jalur SPMB Pascasarjana dapat anda lihat di alamat spmb.pasca.unsoed.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNSOED Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin disini turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang setiap hari telah meluangkan waktu untuk membaca di web ini.

Sekian info dari admin dan salam sukses. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan.