Pendaftaran UNSAM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.unsam.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSAM Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNSAM Online, Pendaftaran Online UNSAM, PMB UNSAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSAM, Penerimaan Mahasiswa Baru UNSAM, Seleksi Mahasiswa Baru UNSAM, Cara Pendaftaran UNSAM, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNSAM, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNSAM, Universitas Samudra. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNSAM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi anda yang berminat untuk kuliah di UNSAM. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UNSAM atau Universitas Samudra adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Kota Langsa, Aceh, Indonesia. Selain UNSAM, di Aceh juga terdapat beberapa PTN lainnya seperti UNSYIAH dan UTU.

Universitas Samudra berawal dari sebuah universitas swasta yang berada di Kota Langsa di bawah Yayasan Pendidikan Samudra yang mulai dirintis sejak tahun 1963, ketika itu Al- Jamiatul Wasliyah Cabang Aceh Timur berinisiatif dengan mendirikan Fakultas Ekonomi Malikul Saleh yang berafiliasi pada Universitas Alwasliyah Medan.

Setelah melalui berbagai proses, akhirnya pada tanggal 13 Mei 2013 dengan ditandatanganimya Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2013 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, dibukalah PTN baru dengan nama Universitas Samudra. PTN Baru yang bernama UNSAM ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 4 Juni 2013

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Samudra (UNSAM), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Budidaya Perairan, Agroteknologi, Agribisnis.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Olah Raga, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, PGSD.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Informatika, MIPA Matematika, MIPA Fisika, MIPA Kimia, MIPA Biologi

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di UNSAM yang bisa anda pilih ketika anda mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru UNSAM.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIMAL dengan mengikuti jalur seleksi masuk UNSAM, yaitu jalur SNBP, SNBT, Mandiri, dan KIP Kuliah.

A. Pendaftaran UNSAM Jalur SNBP

UNSAM merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur seleksi SNBP.

Bagi yang ingin masuk ke UNSAM, maka dapat memilih jalur SNBP. Namun perlu diketahui bahwa jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi.

SNBP merupakan jalur seleksi masuk ke PTN yang seleksinya didasarkan pada nilai raport dan portofolio akademik.

Jalur SNBP ini dibuka untuk siswa lulusan SMA sederajat yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Setelah drekomendasikan barulah bisa mendaftar SNBP.

Informasi penting lainnya seperti syarat pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UNSAM Jalur SNBT

Selain jalur SNBP, UNSAM juga berpartisipasi dalam jalur SNBT. Jalur SNBT diperuntukkan bukan hanya untuk siswa berprestasi, namun siswa lainnya dapat bergabung melalui seleksi jalur SNBT ini dengan mengikuti tes UTBK.

Pendaftarannya dilakukan sendiri dengan mengakses laman resminya untuk mengisi data secara online.

Informasi mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan penjelasan lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

B. Pendaftaran UNSAM Jalur Mandiri

Selain membuka jalur SNBP dan SNBT, UNSAM juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini diselenggarakan secara langsung oleh UNSAM dimana UNSAM bertindak sebagai panitia seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Bagi anda yang telah mengikuti jalur SNBP atau SNBT tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri dengan mengikuti seleksi jalur mandiri.

Pendaftaran jalur mandiri UNSAM dilakukan secara online melalui alamat pmb.unsam.ac.id . Keterangan lain dapat dibaca melalui alamat tersebut.

D. Pendaftaran KIP Kuliah UNSAM

Bidikmisi adalah pemberian biaya bantuan pendidikan semasa kuliah yang diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta memiliki akademik yang baik.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah

Calon peserta yang ingin mendaftar KIP Kuliah dapat mendaftarkan diri dengan membuka alamat pendaftaran kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Keterangan lain seperti cara mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

E. Pendaftaran SMMPTN Barat

SMMPTN Barat merupakan jalur seleksi mandiri yang dilaksanakan bersamaan oleh PTN-PTN yang ada di wilayah barat Indonesia. UNSAM adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur ini.

Calon mahasiswa yang ingin masuk ke UNSAM bisa mengikuti seleksi jalur SMMPTN Barat ini. Informasi pendaftaran selengkapnya dapat dibaca pada artkel berikut : Pendaftaran SMMPTN Barat.

Baca juga :

Itulah informasi mengenai Pendaftaran UNSAM (Universitas Samudra) yang dapat admin bagikan kepada anda. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki sebelumnya. 

Ayo turut bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Terima kasih.