Pendaftaran UNMUS 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.unmus.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNMUS Online, Pendaftaran Online UNMUS, PMB UNMUS, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUS, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNMUS, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNMUS, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Musamus Merauke. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UNMUS 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan persiapan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNMUL. Mari simak informasinya.
http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UNMUS atau Universitas Musamus Merauke adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Musamus Merauke, Papua, Indonesia tepatnya beralamatkan di Jl. Kamizaun Mopah Lama, Kec. Merauke, Papua 99611, Indonesia.

Motto dari Universitas Musamus (UNMUS) Jangan tanya kerjaku, tetapi lihatlah hasil karyaku.

Universitas Musamus Merauke (UNMUS) pada awal berdirinya adalah Sekolah Tinggi Teknologi Merauke (STTM) diselenggarakan berdasarkan pendidirian Yayasan Pendidikan Anim Ha Merauke dengan Akta Notaris Nomor 12 tahun 2001 tanggal 26 Januari 2001.

Kemudian terus mengalami perubahan dan perkembangan hingga pada tanggal 22 Nopember 2010 bertempat di Auditorium Universitas Cenderawasih Jayapura, Presiden Republik Indonesia pada kala itu yaitu DR. H. Soesilo Bambang Yudhoyono meresmikan Universitas Musamus (UNMUS) menjadi Perguruan Tinggi Pemerintah yang ditandai dengan penandatangan Prasasti.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Musamus (UNMUS), yaitu :
  • Fakultas Pertanian Universitas Musamus mengembangkan beberapa program studi yang meliputi: Program Studi Agroteknologi, Program Studi Agribisnis, Program studi Peternakan, Program studi Keteknik Pertanian serta Program studi Manajemen Sumberdaya Perairan
  • Fakultas Teknik terdiri dari Prodi. Teknik Sipil, Prodi. Teknik Arsitektur, Prodi. Teknik Mesin, Prodi. Teknik Informatika, Prodi. Teknik Elektro, dan Prodi. Sistem Informasi
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi, Program Studi Ekonomi Pembangunan.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Bahasa Inggris, Program Studi Bahasa Indonesia, Program Studi Matematika, Program Studi Penjaskesrek, Program Studi PGSD, dan Program Studi PGTK - PAUD
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Administrasi Negara

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNMUS dengan mengikuti jalur seleksi masuk UNMUS yang direncanakan akan dibuka pada tahun ini. Berikut informasinya telah admin siapkan untuk anda.

A. Pendaftaran UNMUS Jalur SNBP

Jalur SNBP adalah jalur yang dibuka untuk siswa berprestasi unggul selama mengikuti proses pendidikan di sekolah.

Seleksi yang dilakukan pada jalur SNBP didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Bagi siswa SMA / MA / SMK yang duduk di kelas 12 di tahun ini (siswa yang akan lulus di tahun ini), silahkan ikuti beberapa tahapan pendaftaran SNBP yang ditentukan panitia. 

Rekomendasi dari pihak sekolah menjadi langkah awal dari proses pendaftaran SNBP.

Informasi lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, ketentuan pilihan program studi,  jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lainnya dapat di baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UNMUS Jalur SNBT

Jalur SNBT dikenal juga dengan sebutan jalur ujian tertulis karena memang jalur ini seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis berbasis komputer (UTBK).

SNBT dapat diikuti oleh siswa SLTA sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftarannya dilakukan sendiri dengan mengakses laman resminya untuk mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia.

Untuk penjelasan lebih lengkap lainnya seperti persyaratan pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan penjelasan lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran UNMUS Jalur Mandiri

Selain jalur seleksi nasional di atas (SNBP dan SNBT), UNMUS juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini dapat menjadi alternatif sebagai jalur seleksi masuk ke UNMUS. Persiapkan diri anda lebih baik agar bisa lulus seleksi melalui jalur mandiri ini.

Informasi pendaftaran selengkapnya untuk jalur mandiri dapat anda baca selengkapnya di alamat unmus.ac.id . Silahkan kunjungi alamat tersebut.

D. Pendaftaran KIP Kuliah UNMUS

Bidikmisi merupakan salah satu bantuan dari pemerintah untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan di perguruan tinggi.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang turut hadir memberikan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

UNMUS adalah salah satu kampus yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah bagi peserta yang memenuhi syarat.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat situs resmi : kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lebih lanjut seperti syarat mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.


Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNMUS Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Admin mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia yang telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses. Ayo berbagi informasi dari artikel ini pada teman-teman lainnya.