Pendaftaran UNKHAIR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unkhair.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNKHAIR Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online UNKHAIR, PMB UNKHAIR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNKHAIR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNKHAIR, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNKHAIR, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNKHAIR, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Khairun Ternate. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan berjudul Pendaftaran UNKHAIR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi anda yang ingin kuliah di UNKHAIR. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Maluku adalah salah sau pulau yang ada di nusantara Indonesia. Di Maluku terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti UNPATTI, UNKHAIR, IAIN Ambon, Politeknik Negeri Ambon, Politeknik Perikanan Negeri Tual, dan lain-lain.

UNKHAIR atau Universitas Khairun adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat di Kota Ternate, Maluku Utara, Indonesia, tepatnya berada di Jl. Kampus Unkhair, Kel. Gambesi, Ternate, Maluku Utara.

UNKHAIR telah didirikan pada tanggal 15 Agustus 1964. Moto yang dimiliki UNKHAIR yaitu "Maju Bersama dengan Ilmu"

Program Studi yang ada di Universitas Khairun (UNKHAIR), yaitu :
  • Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik, Elektro, Arsitektur, Teknologi Pertanian, Peternakan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Ilmu Kelautan, Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Pend. Matematika, Pend. Biologi, Pend. Fisika, Pend. Kimia, Agroteknologi, Teknik Informatika,  Kehutanan, Ppkn, Pend. Bahasa Indonesia, Pend. Bahasa Inggris, Akuntansi, Pend. Geografi, PGSD S1, Antropologi Sosial, Pendidikan Guru PAUD

Itulah sedikit informasi tentang Kampus UNKHAIR. Mungkin dari beberapa program studi yang ada di UNKHAIR tersebut, salah satunya ada yang anda inginkan sejak anda berada di bangku Sekolah. Inilah kesempatan anda untuk memilih program studi tersebut.

Bagi anda yang ingin kuliah di UNKHAIR, maka anda dapat mengikuti salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNKHAIR pada tahun ini.

Dalam melakukan penyelesian calon mahasiswa baru, UNKHAIR turut berpartisipasi dalam jalur seleksi nasional seperti SNBP dan SNBT. Selain itu, UNKHAIR juga membuka jalur seleksi melalui jalur seleksi mandiri yang diadakan secara lokal.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai jalur seleksi nasional dan jalur mandiri yang dibuka oleh UNKHAIR. Pahami dengan baik.

1. Pendaftaran UNKHAIR Jalur SNBP

Jalur SNBP merupakan jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Penyelesian dilakukan dengan didasarkan pada prestasi peserta terutama dilihat dari nilai raport dan portofolio akademik serta prestasi lainnya yang relevan.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa SMA / MA / SMK yang duduk di kelas 12 di tahun ini (siswa yang akan lulus di tahun ini).

Rekomendasi dari kepala sekolah menjadi langkah awal dari proses pendaftaran SNBP ini. Calon peserta yang telah direkomendaskam dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Penjelasan lainnya seperti persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, ketentuan pilihan program studi,  jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2 Pendaftaran UNKHAIR Jalur SNBT

Jalur SNBT merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis berbasis komputer (UTBK). 

Untuk siswa yang tidak lulus di jalur SNBP atau belum mengikuti seleksi jalur apapun, maka siswa tersebut bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat dapat mendaftar di jalur ini.

Ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendaftar di jalur SNBT.

Pendaftarannya di laman resmi SNBT yang dilakukan sendiri oleh calon peserta.

Informasi mengenai jadwal pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi,  pengumuman SNBT dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran UNKHAIR Jalur Mandiri

Selain menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNKHAIR juga menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini dapat menjadi alternatif bagi anda yang mungkin saja sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasiona di atas namu pada saat pengumuman telah dinyatakan tidak lulus, maka jalur mandiri dapat menjadi alternatifnya.

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online dengan mengakses alamat www.unkhair.ac.id . Informasi selengkapnya dapat anda baca melalui almat tersebut.

4. Pendaftaran KIP Kuliah UNKHAIR

Bidikmisi merupakan program pemberian biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu serta berpotensi secara akademik.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA.

Bagi yang memenuhi syarat, maka dapat mengajukan diri untuk bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah.

Proses pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Keterangan lain seperti cara pendaftaran KIP-Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal lainnya terkait KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

Penting!!!
Untuk informasi yang belum dimuat disini, maka dapat dilihat di web UNKHAIR di alamat www.unkhair.ac.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan informsi, maka yang berlaku adalah yang ada di alamat website resmi UNKHAIR tersebut.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UNKHAIR Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan untuk anda.

Admin selaku pengurus web ini turut mendoakan yang terbaik untuk anda yaitu anda lulus seleksi. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia yang telah meluangkan waktu untuk membaca informasi disini. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses.