Pendaftaran UNIMAL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.unimal.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNIMAL Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNIMAL Online, PMB UNIMAL, Pendaftaran Online UNIMAL, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMAL, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMAL, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNIMAL, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNIMAL, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Malikussaleh. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UNIMAL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIMAL.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UNIMAL atau Universitas Malikussaleh adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Reuleuet, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Indonesia.

Selain UNIMAL, di Aceh terdapat beberapa Perguruan Tinggi berstatus negeri lainnya seperti UNSYIAH, UTU, UIN Ar-Raniry, UNSAM, dan lain sebagainya.

Cikal Bakal Lahirnya Universitas Malikussaleh bermula dari didirikannya Akademi Ilmu Agama jurusan Syariah yang didirikan dengan dasar Surat Keputusan Bupati/Kepala Daerah Tingkat II Aceh Utara Nomor : 01/TH/1969 tanggal 12 Juni 1969. Kemudian terus mengalama perkembangan terus menerus hingga akhirnya menjadi Universitas Malikussaleh.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Malikussaleh (UNIMAL), yaitu :
  • Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Industri, Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Arsitektur, Program Studi Teknik Informatika.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Jurusan Agroekoteknologi, Jurusan Agribisnis, Jurusan Budidaya Perairan
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari D-III Kesekretariatan, S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Islam, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S2 Ilmu Manajemen.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Jurusan Ilmu Politik, Jurusan Sosiologi, Jurusan Antropologi, Jurusan Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Sastra Indonesia.
  • Program Pascasarjana terdiri dari Pascasarjana Ilmu Manajemen, Pascasarjana Ilmu Hukum, dan Pascasarjana Ilmu Administrasi

Dari sejumlah program studi yang ada di UNIMAL, silahkan pilih salah satu program studi tersebut ketika anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNIMAL.

Perlu anda ketahui jalur-jalur seleksi apa saja yang akan dibuka oleh UNIMAL untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya. Berikut informasinya untuk anda.

A. Pendaftaran UNIMAL Jalur SNBP

Jalur SNBP merupakan jalur seleksi undangan nasional yang diperuntukan bagi siswa berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi didasarkan pada prestasi yang dimiliki siswa terutama dilihat dari hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi yang diberikan oleh kepala sekolah untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah siswa mendapatkan rekomendasi, dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk biaya pendaftaran SNBP telah ditanggung oleh pemerintah sehingga calon peserta tidak perlu mengeluarkannya lagi.

Keterangan selengkapnya mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, ketentuan pilihan program studi,  jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lainnya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNBP

B. Pendaftaran UNIMAL Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK / sederajat yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir.

Bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang mungkin tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengunjungi laman resmi untuk mengisi data secara online,

Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, jadwal seleksi, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran SMMPTN Barat

SMMPTN Barat merupakan jalur seleksi mandiri yang dilaksanakan secara bersamaan oleh PTN-PTN di wilayah barat Indonesia.

UNIMAL adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam jalur SMMPTN Barat. Jadi, bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke UNIMAL, maka dapat mengikuti seleksi jalur SMMPTN Barat.

Untuk infomasi pendaftaran selengkapnya, silahkan baca pada artikel betikut : Pendaftaran SMMPTN Barat

D. Pendaftaran KIP Kuliah UNIMAL

Bidikmisi disebut juga sebagai biaya bantuan yang diberikan oleh Pemerintah kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi finansial dan  juga berpotensi akademik baik.

Namun kini Bidikmisi telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Perubahan tersebut tentu memberikan perubahan pula pada prosedur pendaftaran dan ketentuan lainnya.

Sama seperti Bidikmisi, KIP-Kuliah juga merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi akademik baik.

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti cakupan KIP Kuliah, keunggulan KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah.

E. Pendaftaran Pascasarjana UNIMAL

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Diploma melalui jalur-jalur di atas, UNIMAL juga melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana.

Pendaftaran mahasiswa baru program Pascasarjana UNIMAL dilakukan secara online melalui alamat
pmb.unimal.ac.id atau unimal.ac.id. Untuk informasi lain yang anda butuhkan dapat anda baca melalui alamat tersebut.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UNIMAL (Universitas Malikussaleh) yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.  

Ayo turut bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.