Pendaftaran UNG 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.ung.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNG Online, Pendaftaran Online UNG, PMB UNG, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNG, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNG, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNG, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNG, Universitas Negeri Gorontalo. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UNG 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran online mahasiswa baru UNG. Ayo simak informasi selengkapnya.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UNG atau Univeritas Negeri Gorontalo adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Gorontalo, Sulawesi Utara, Indonesia.

Moto dari UNG yaitu Kampus peradaban. Pendirian UNG dimulai sejak 1 September 1963 yang pada saat itu bernama Junior College FKIP Universitas Sulawesi Utara-Tengah (UNSULUTTENG) Manado di Gorontalo. Kemudian terus mengalami perkembangan hingga akhirnya bernama Univeritas Negeri Gorontalo dan berstatus negeri.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), yaitu :
  • Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pendidikaan Anak, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Kebumian,Pendidikan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Geografi
  • Fakultas Ilmu Sosial terdiri dari Program Studi Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Sejarah, Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan
  • Fakultas Sastra dan Budaya terdiri dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Pariwisata
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Kriya Seni, Teknik Elektronika, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Informatika, Pendidikan Teknik Kriya
  • Fakultas Ilmu-ilmu Pertanian terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan
  • Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan terdiri dari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Kepelatihan dan Olahraga
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Ekonomi
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu terdiri dari Program Studi Teknologi Hasil

Program Magister (S2)
  • Program Studi Administrasi Pendidikan, Pendidikan Dasar, Pendidiikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Teknologi Pendidikan (TP), Ilmu Administrasi, Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, Agribisnis, Kelautan dan Perikanan

Program Doktor (S3)
  • Program Studi Ilmu Administrasi, Program Studi Pendidikan IPA, Program Studi Pendidikan Bahasa, dan Program Studi Ilmu Pendidikan

Itulah beberapa Fakultas, dan Program Studi yang ada di UNG yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru di UNG.

Sekarang anda harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UNG untuk melakukan penyeleksian calon mahasiswa baru. Berikut informasinya untuk anda.

1. Pendaftaran UNG Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK  berprestasi yang duduk di kelas 12 di tahun ini (siswa yang akan lulus di tahun ini).

Seleksi yang dilakukan pada jalur SNBP didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Pendaftaran SNBP diawali dengan pemberian rekomendasi dari kepala sekolah dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu siswa dapat melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi penting lainnya seperti tata cara pendaftaran, syarat pendaftaran, biaya pendaftaran, tanggal atau jadwal pendaftaran, tahapan seleksi, prinsip seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan mengikuti SNBP, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNG Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi nasional menuju perguruan tinggi negeri yang dikenal dengan sebutan jalur tertulis karena seleksi jalur SNBT dilakukan melalui ujian tertulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT ini dapat diikuti oleh siswa SLTA sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh siswa tanpa melalui pihak sekolah seperti pada SNBP. Namun bagi yang mengalami kesulitan dapat berkonsultasi dengan pihak sekolah.

Untuk penjelasan lainnya seperti persyaratan pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran UNG Jalur Mandiri

Selain melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNG juga melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Bagi anda yang sebelumnya mengikuti jalur SNBP atau SNBT tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti jalur mandiri ini.

Seleksi jalur mandiri biasanya dibuka setelah jalur nasional berakhir dan untuk seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca melalui alamat www.ung.ac.id

4. Pendaftaran KIP Kuliah UNG

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

UNG juga turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah pada para penerimanya yang memenuhi syarat.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui  alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNG

UNG juga melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana, baik jenjang Magister ataupun jenjang Doktor.

Bagi anda yang ingin melakukan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru jenjang Magister atau Doktor di UNG, silahkan lakukan pendaftaran dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Informasi lebih lanjut dapat anda baca melalui alamat pps.ung.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UNG Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya serta bermanfaat bagi anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi dari jalur yang anda ikuti dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNG. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.

Mari turut berbagi informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.