Pendaftaran UMRAH 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.umrah.ac.id 2024 -- Pendaftaran UMRAH Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UMRAH Online, PMB UMRAH, Pendaftaran Online UMRAH, Pendaftaran Mahasiswa Baru UMRAH, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMRAH, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UMRAH, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UMRAH, Universitas Maritim Raja Ali Haji. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UMRAH 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi anda yang memiliki keinginan untuk kuliah di UMRAH. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UMRAH atau Universitas Maritim Raja Ali Haji adalah Universitas negeri pertama Kepulauan Riau yang didirikan pada tahun 2007 di bawah naungan hukum SK Mendiknas No 124/D/O/2007  di Tanjungpinang, Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Akuntansi, Manajemen
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Teknik Elektro, Teknik Informatika
  • Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan, Ilmu Kelautan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan
  • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi
  • Fakultas Ilmu Sosial Politik terdiri dari program studi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Sosiologi, Ilmu Hukum

Itulah informasi sekilas mengenai Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang dapat anda jadikan gambaran awal, terutama bagi anda yang benar-benar ingin kuliah di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Berikut ini admin sampaikan beberapa jalur seleksi masuk ke Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang direncanakan dibuka pada tahun ini.

A. Pendaftaran UMRAH Jalur SNBP

Jalur SNBP merupakan jalur seleksi undangan nasional yang diperuntukkan bagi siswa yang secara konsisten berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

UMRAH merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur penerimaan mahasiswa secara nasional melalui SNBP.

Calon peserta yang akan mendaftar di jalur SNBP harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Calon peserta yang telah direkomendasikan dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Informasi lainnya seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UMRAH Jalur SNBT

Selain SNBP, UMRAH juga tergabung dalam jalur SNBT. Calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti SNBP tetapi tidak lulus, atau calon mahasiswa baru yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti jalur SNBT.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat dapat mendaftar di jalur ini.

Untuk bisa mendaftar SNBT, maka para peserta harus melakukan pendaftaran secara online di laman resminya dan mengikuti tes UTBK sesuai jadwal dan ketentuan.

Informasi mengenai jadwal pendaftaran, laman resmi, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi,  pengumuman SNBT dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT

C. Pendaftaran UMRAH Jalur Mandiri

Selain membuka jalur SNBP dan SNBT, UMRAH juga membuka jalur mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya.

Calon mahasiswa baru dapat mengikuti jalur seleksi mandiri apabila sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi tidak lulus, maka jalur mandiri dapat menjadi solusinya. Persiapkan diri lebih baik dari sebelumnya agar bisa lulus seleksi.

Pendaftaran jalur mandiri UMRAH dilakukan secara online melalui alamat penerimaan.umrah.ac.id . Informasi lain yang diperukan dapat di baca melalui alamat tersebut.

D. Pendaftaran KIP Kuliah UMRAH

Seperti Perguruan Tinggi Negeri lainnya, UMRAH juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyalurkan program bantuan biaya kepada calon mahasiswa yang disebut dengan program KIP Kuliah.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah ini seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, pertanyaan dan solusi seputar KIP Kuliah, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah.

E. Pendaftaran SMMPTN Barat

SMMPTN Barat merupakan jalur seleksi mandiri yang dilaksanakan secara bersamaan oleh beberapa PTN yang ada  di wilayah barat Indonesia. Pola seleksinya hampir sama dengan jalur SNBT.

Untuk informasi pendaftaran dan informasi penting lainnya, silahkan baca pada artikel berikut ini : Pendaftaran SMMPTN Barat.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UMRAH Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Ayo bantu bagikan informasi ini dengan teman anda yang membutuhkan. Terima kasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa kembali.