Pendaftaran SBMPN Politeknik 2023/2024 (Syarat, Jadwal, Alur, Dll)

sbmpn.politeknik.or.id 2023 -- Pendaftaran SBMPN Online, Info Pendaftaran SBMPN, Panduan Pendaftaran SBMPN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SBMPN, Pendaftaran Online SBMPN, Jalur Seleksi Nasional Bersama (SBMPN), Jalur Seleksi Ujian Tertulis (SBMPN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri. 2025. 2026

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran SBMPN Politeknik 2023/2024 (Syarat, Jadwal, Alur, Dll). Informasi ini diberikan dengan maksud agar bisa memberikan panduan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di Politeknik Negeri melalui jalur SBMPN. Untuk mengetahui informasinya, mari simak selengkapnya berikut ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Ada beberapa jalur masuk ke Polteknik Negeri seperti jalur SNMPN, SBMPN, jalur mandiri, jalur kerjasama, jalur beasiswa, dan lain-lain.

SBMPN atau Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia yang dilaksanakan secara bersamaan oleh Politeknik Negeri yang telah tergabung.

Jalur ini dapat dikatakan sebagai jalur alternatif masuk ke Politeknik Negeri. Mengapa demikian? mungkin saja sebelumnya kalian telah mengikuti seleksi jalur seleksi undangan Politeknik yang dikenal dengan SNMPN, namun pada saat pengumuman kelulusan, kalian dinyatakan tidak lulus seleksi SNMPN, maka kalian masih memiliki kesempatan untuk masuk ke Politeknik Negeri melalui jalur SBMPN ini.

Selain itu, bagi kalian yang belum mengikuti seleksi melalui jalur manapun, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SBMPN ini.

Tidak seperti SNBT yang merupakan jalur tertulis masuk ke PTN dimana SNBT telah memiliki portal khusus yang menyediakan informasi SNBT, untuk jalur SBMPN tidak memiliki portal khusus SBMPN, maka informasi SBMPN dapat dibaca secara langsung di masing-masing website resmi Politeknik Negeri.

Setiap Politeknik Negeri melaksanakan seleksi mahasiswa baru melalui jalur SBMPN ini. Jadi kalian bisa memilih jalur SBMPN untuk masuk ke Politeknik Negeri manapun.

A. Syarat dan Ketentuan SBMPN
  1. Memiliki NISN
  2. Berusia maksimal 21 tahun
  3. Lulusan SMA, SMK, MA, atau Kejar Paket C yang lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini
  4. Memiliki nilai rapor semester 1-6 dan ijazah/SKL
  5. Belum diterima di jalur penerimaan SNMPN tahun ini

B. Cara Pendaftaran dan Login SBMPN
  1. Buka alamat https://sbmpn.politeknik.or.id/
  2. Klik tombol "Daftar"
  3. Klik tombol Registrasi
  4. Masukkan NISN dan Captcha
  5. Klik "Cek NISN"
  6. Lengkapi data pendaftaran awal
  7. Membayar biaya pendaftaran di Bank dengan menunjukkan kode pembayaran yang didapatkan dari web https://sbmpn.politeknik.or.id/ . Cara mendapatkan kode pembayaran : Buka https://sbmpn.politeknik.or.id/ -> Klik Daftar ->  Pilih pembayaran -> Masukkan NISN
  8. Setelah membayar, Login ke https://sbmpn.politeknik.or.id/ menggunaan email dan password
  9. Lengkapi data pendaftaran hingga finish

Info : Username dan Password didapat setelah membayar, dan dikirimkan melalui email atau bisa cek halaman cek status.

C. Jadwal SBMPN 2023 (Masih Prediksi). Akan diupdate segera
  • Pendaftaran SBMPN dan Pembayaran : Mei
  • Pelaksanaan SBMPN : Mei - Juni
  • Pengumuman SBMPN : Juni


D. Biaya Pendaftaran SBMPN 

Biaya pendaftaran jalur SBMPN adalah Rp 150.000,- 

E. Daftar Politeknik Negeri Se-Indonesia yang tergabung dalam SBMPN

Berikut admin berikan daftar Politeknik Negeri yang membuka pendaftaran jalur SBMPN.

Itulah informasi tentang SBMPTN. Untuk informasi lain, silahkan cek di website resmi masing-masiang Politeknik.


Admin memberikan saran untuk kalian agar mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar nanti bisa lulus seleksi melalui jalur SBMPN ini. Ingatlah bahwa pesaing cukup banyak, maka persiapan yang maksimal sangat diperlukan.

Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang ingin mengikuti seleksi SBMPN, maka bisa mengikuti Bidikmisi jalur SBMPN. Baca informasinya di Pendaftaran Bidikmisi SBMPN

Bidikmisi kini telah berubah menjadi KIP Kuliah. Baca selengkapnya Pendaftaran KIP Kuliah

Bacaan Berikutnya : Pengumuman SBMPN Politeknik

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran SBMPN Politeknik (Syarat, Jadwal, Alur, Dll). Mudah-mudahan informasi ini dapat menambah sedikit informasi untuk kalian. Cukup sekian informasi dari admin dan salam sukses selalu.